Catatan perdana kuliah kalkulus 1,

Introduction…

Kenalan dengan dosen yang ganteng, cerdas dan berkarakter beliau adalah Taufiqur rohman,ST. tak kenal maka tak sayang ta’aruf lah hehehe

KALKULUS jujur pada awal aku tak tahu pelajaran apa itu, tapi dilihat dari katanya aku mengambil kesimpulan dari kata kalkulator wah, pasti akan ada banyak hitung berhitung, jangan-jangan matematika.

penasaran aku coba search di google..

Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya “batu kecil”, untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limitturunanintegral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sainsekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

Sudah cukup jelas dengan yang namanya kalkulus..

Hal yang menarik untuk dipelajari..

Langsung menginjakkan pada materi awal yaitu system bilangan reall

Sistem bilangan riil adalah himpunan bilangan riil dan operasi aljabar yaitu operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Biasanya bilangan riil dinyatakan dengan lambang R

Operasi aljabar sering dinyatakan dengan operasi penjumlahan dan perkalian saja. Hal ini disebabkan operasi pengurangan dapatdigantikan dengan operasi penjumlahan, sedangkan operasi pembagian dapat digantikan dengan operasi perkalian.

Untuk menambah wawasan tentang bilangan riil silahkan kawan klik link dibawah ini

Kalkulus system bilangan real

Kalkulus 1 system bilangan real

Kalkulus 1 Bab 1-7

Semoga bermanfaat.

Iklan