Bismilahirahmanirahim

aku telah turuti tamakku,

hingga ia memperbudakku.

padahal, andai aku puas dengan yang ada,

aku pasti tetap bebas merdeka.

Kawan semua, perhatikan dari generasi ke generasi: Apakah mereka mati dengan membawa harta, istana, jabatan, kedudukan, emas dan perak mereka?

Apakah mereka dikubur bersama Mobil dan pesawat-pesawat pribadi mereka? sekali-kali tidak ! Semua barang barang itu mereka tinggalkan begitu saja didunia. Bahkan, baju dan penutup kepala pun tak mereka bawa. Mereka dimasukkan ke liang kubur hanya dengan berbajukan kain kafan dan kemudia ditanya: siapakah Tuhanmu? siapa Nabimu? Apa Agamamu?

Maka, siapkan dirimu untuk menyongsong hari itu: janganlah kau bersedih dan terlalu menyanyangi kenikmatan dunia! Semua itu adalah fana dan tidak berharga. Bahkan, tidak akan ada yang kekal dalam dirimu selain amakl-amal saleh saja. Allah berfirman:

“Barangsiapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”(QS An-Nahl: 97)

 

Iklan