bismillahirahmanirahim..

Sehatkan hati, segarkan ruhani, raih kehidupan imani..nah sahabatku sudahkah hatimu merasa sehat. Sehat dalam artinya bukan bebas dari penyakit yang bisa dibuktikan secara medis namun sehat yang aku maksud disini sehat dari berbage penyakit hati, tahukah engkau apa itu?

penyakit yang sangat populer dewasa-dewasa ini, bahkan kepopuleranya mengalahkan penyakit-penyakit yang kronis. penyakit tak terlihat namun dampaknya begitu terasa dan menghancurkan yang diterjangnya. para dokter manapun tidak akan bisa menyembuhkan penyakit ini, wah sungguh mengerikan bukan, Lantas siapa yang bisa menyembuhkan..kok keliatan sangat danger gitu..lain dan tidak lain adalah dirimu sendiri..engkaulah yang bisa menghilangkan penyakit ini dalam hatimu

bagaimana tertarik untuk mengobatinya?

penyakita pa sih? engkau pasti tahulah. kok bisa bilang begitu?. bagaiamana tidak tahu lah kadang penyakit itu bersemanyam lama dihati setiap manusia, entah sang pemilik hati itu sudah tahu atau memang menikmati penyakit itu dalam dirinya. Padahal penyakit ini lebih berbahaya dari berbagai penyakit kronis semisal jantung dan paru-paru..penyakit itu tidak lain adalah iri, dengki, benci, hasut, takabur, sombong dan semua kawan-kawannya yang selalu mengajakmu berbuat kemungkaran

sudahkah kau obati penyakit itu dalam hatimu? atau sengaja kau biarkan tumbuh berkembang pesat didirimu? ada yang bisa jawab?

sebuah kisah semoga engkau bisa berubah. InsyaAllah..

Kisah ini terjadi di salah satu TK (taman kanak-kanak), pada suatu hari, guru TK tersebut mengadakan permainan dengan menyuruh setiap muridnya untuk membawa sebuah kantong plastik transparan dan kentang.

Masing-masing kentang tersebut di beri nama berdasarkan nama orang yang di benci. Jadi, setiap anak membawa jumlah kentang yang berbeda sesuai jumlah orang yang mereka benci. pada hari yang disepakati, semua murid membawa kantong plastik berisi kentang ke sekolah. ada yang berjumlah dua, ada yang tiga, bahkan ada yang lima buah.

Seperti perintah guru mereka, tiap-tiap kentang diberi nama orang yang mereka benci. murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang itu kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun. hal itu berlangsung selama satu minggu.

Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang. selain berat, baunya juga tidak sedap. setelah satu minggu, murid-murid TK tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.

“Bagaimana rasanya membawa kentang selama satu minggu?” tanya sang guru.

Segera keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut. pada umumnya mereka merasa tidak nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut kemanapun mereka pergi. guru pun menjelaskan apa arti dari “permainan” yang mereka lakukan. “seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-bawa bila kita tidak bisa memaafkan orang lain.”

………………………………………………………………………….
kawanku yang dimulyakan Allah.Sungguh tidak menyenangkan membawa-bawa barang busuk kemanapun kita pergi. baru satu minggu saja kita sudah tidak tahan, apalagi jika kita membawa kebencian itu seumur hidup? alangkah tidak nyamannya.

Tuhan mengajarkan kita untuk selalu mengampuni kesalahan orang lain. kita saja selalu memohon ampun pada Tuhan. Bagaiman Tuhan bisa mengampuni bila kita menyimpan dendam di dalam hati?

Seperti sebuah rumah. Jika tiap hari kita selalu menimbun sampah, tidak pernah menyapu halamannya, tidak membersihkan lantainya, alhasil rumah akan sangat kotor. Banyak binatang bersarang disitu. Baunya pun tidak enak. Kita bisa sakit jika tinggal di dalamnya.

Sama seperti hati dan pikiran, yang akan membuat kita jatuh sakit bila tidak pernah di bersihkan. salah satu cara membersihkannya adalah dengan mengampuni kesalahan orang lain dan menghapusnya dari ingatan.

bagaimana kawan masih mau membiarkan penyakit itu tumbuh dan berkembang dihatimu?

Allahumma ya Allah, sungguh engkau mengetahui setiap rahasia hati, rahasia pikiran, semua mahklukmu. Termasuk Hambamu ini. Andai engkau tidak memiliki Rahman dan Rahim, tidak memiliki kasih sayang niscaya hanya keburukan hamba yang terlhat dan terdengar.

demi namamu yang menjaga rahasia keburukan, demi namamu yang menyembunyikan kesalahan, jagalah hamba dan segenap orang yang hamba kenal dan hamba yang tidak kenal dengan cintamu, jagalah kami semua dengan pengharapan penuh kepadamu.

ya Rabb, engkau maha mengampuni dosa dan menutupi kesalahan. itu adalah semangat buat kami untuk tidak berputus asa mengharap ampunanmu, seberapapun kami mengulanginya..seberapapun kami mengulanginya..engkau adalah sang maha tidak terbatas dan tidak bertepi pastinya engkau kan menghampuni semua kesalahan kami…jika kau murkai kami lantas siapa lagi yang bisa menyelamatkan kami kecuali hanya engkau ya Rabb..ampuni semua kesalahan kami..

ya Rabb. engkaulah tempat tujuan akhir kami…tuntun kami ya Rabb..tuntun kami menuju kearahmu…

semoga bermanfaat.

 

 

Iklan