bismillahirahmanirahim..

kawanku yang dirahmati Allah, punyakah kamu seorang guru? saya yakin kamu punya.. bukan hanya guru yang selalu mengajarkan kita disekolah, namun guru adalah yang memberi nasehat ilmu kepada kita siapapun orangnya,

guruku KH. KUSRIN ABDUL WACHID, S.Pd.I sesosok guru yang berwibawa, setiap pelajaran darinya, kelas terasa hening, lho kok bisa… semua murid sebnernya sih takut, bukan takut karena dia galak, namun takut kita ditunjuk terus maju, kemudian ditanyai tentang pelajaran… waduch ini sebenarnya yang ditakuti…beliau dulu mengajar ilmu syorof… sepengalaman belajar dengan beliau yang disuruh maju pasti gak bisa jawab, tiba-tiba pikiran kabur kali yach, lidahpun gak bisa benar mengucapkan jawabanya..itupun pernah terjadi pada saya..hehehe…

kemaren waktu pulang kampung pas silahturahmi kerumah beliau suasana ya hampir sama, masih terasa hening, kita gak bisa banyak bicara, beliau menuturkan petuah-petuah yang mengandung filosofi tingkat tinggi, menurutku kadang susah kita definisikan kecuali beliau menjelaskan maksud dari perkataannya itu.

satu hal yang aku ingat-ingat selalu (ijayah dari beliau)

“jika engkau ingin meraih segala cita-citamu maka rajinlah/ isthiqomah menjalankan sholat qiyamul lail sholat tahajud + sholat hajat + baca Alquran”

saat sholat tahajud rakaat pertama setelah fatehah terus baca surat “wadduha” ( adz duha)

rakaat kedua baca quran “alam nasrah”

saat sholat hajat rakaat pertama setelah fatehah terus baca surat “idza zul” ( al Zalzalah)

rokaat kedua baca surat “inna anjalnahu”

kemudian dzikir + baca alquran kurang lebih 400 ayat

insyaAllah semua cita-cita yang engkau dambakan bakal diijabahi Allah swt.

beliau juga memebri nasehat yang pernah aku tulis terpisah “dunia ibarat rumput”

insyaAllah semoga saya bisa istiqomah menjalankanya..

beliau juga menceritakan bahwa anak-anaknya menjalankan pa yang dinasehatkan kepada kami itu, pa hasilnya, anak-anaknya sekarang sudah hampir lulus sarjana semua, anak perempuanya alhamdulillah sudah hafal Alquran, anak laki-lakinya sudah mau lulus kuliah,subhanaAllah, bikin saya iri.. sungguh…!!! meskipun rumah beliau sederhana namun disana terdapat banyak cinta, seakan-akan tiap ruangan rumahnya didalamnya nur-nur illahi terpancar terus disekitarnya, saat masuk kedalam mka kamu kan betah berlama-lama dirumah beliau, jika engkau tengah gundah jika bertatap muka dan bicara dengannya pasti sirnalah kegundahan itu,,dan itu saya rasakan saat bersilaturahmi kesana, Ya Allah moga engkau limpahkan rahmatmu buat beliau dan keluarganya disana..sungguh saya ingin belajar terus dengan beliau…

emang bener tombo ati iku lima ing wernane

maca quran angen-angen ing maknane

kapng pindu sholat wengi lakonana

kaping telu wongkang sholeh kumpalana

kaping papat kudu weteng ingkang lue

kaping lima dzikir wengi ingkang sue..

sahabatku yang dimulyakan Allah, semoga engkau juga demikian jika tengah dilanda bencana kegundah gulana hati maka dekatilah 5 obat hati tersebut, insyaAllah kawan, semoga Allah menyinari hatimu dengan  penuh cinta..

sebuah keutamaan nasehat dari Umar bin Khatab ra.

– aku melihat semua teman, namun aku tidak melihat seorang teman karibpun yang lebih utama daripada memelihara ucapan

– aku melihat semua pakaian namun aku tidak melihat pakaian yang lebih utama daripada wara’ ( berhati-hati menjaga yang haram)

-aku melihat semua harta benda namun aku tidak melihat harta benda yang lebih utama daripada Qona’ah

– aku melihat semua kebaikan na mun aku tidak melihat kebaikan yang lebih utama daripada nasehat

– aku melihat semua makanan namun aku tidak melihat sesuatu makanan yang kebih lezat daripada sabar

ya Allah, Zat yang menciptakan kami, selama ini engkau melihat kami hanya menjadi manusia pengeluh yang lupa akan keindahan nikmatmu, wahai zat yang telah menciptakan kami, selama ini pula mata hati kami tertutup dari melihat kasih dan sayangmu, hanya lantaran kehidupan kami yang selalu dirasa kurang, hidupkanlah kami dengan hati yang merasa cukup dengan pemberianmu, dan hidupkanlah kami dengan hati yang merasa lapang menerima ujian bahkan azab sekalipun.

Ya Rabb, yang begitu bijaksana, kami yakin tidak ada rencanamu yang berakhir dengan keburukan, tidak ada juga kehendakmu yang bersifat membinasakan. Perbuatan dan langkah sesat kamilah yang memaksa Engkau mewujudkan kehidupan yang buruk bagi kami, dan boleh jadi dosa kami membuat engkau menjadi terhalang untuk mengulurkan kasih dan sayangmu, yang maha sempurna, Duh Gusti Allah, kami memohon kebaikan dan AmpunanMu..

kawanku, mari sehatkan hati, segarkan ruhani, dan raih kehidupan imani

gimana bersediakah engkau kawan?

semoga bermanfaat

Iklan