Kawanku semua yang dirahmati Allah,

Pernahkan kamu nonton film stuart little 2, kawan? saya tidak bermaksud menceritakan sebuah film, yang saya inginkan kawanku semua memahami apa makna yang terkandung didalam film tersebut. sebuah film animasi yang diadaptasi dengan judul yang sama karya almarhum Elwyn Brooks White, cerita stuart little masih mengisahkan keluarga little yang bahagia. Stuart adalah tikus yang cerdas yang bertingkah laku seperti manusia, sarapan semeja, tidur berpiyama diranjang empuk, serta belajar disekolah umum seperti manusia biasa. Sekalipun tingginya hanya hitungan sentimeter, stuart diikut sertakan dalam tim sepak bola sekolah. Tidak usah dicerna secara logika manusia semua tingkah lakunya.

Dalam cerita stuart little 2 ini, justru tokoh stuart yang terlihat seperti kesepian. Dulu stuart memang dipungut dari panti asuhan untuk menemani George, si anak semata wayang keluarga little. Setelah sekian lama, George dan stuart akhirnya saling akrab. Tapi awalnya, hubungan mereka sempat terganggu karena secara fisik stuart hanya seekor tikus. Dipihak lain stuart pun merasa rendah diri.

Kali ini perasaan kesepian stuatu juga muncul karena rasa rendah diri. George yang sudah bersekolah mempunyai banyak teman dan sahabat. Salah satunya Will. Setiap kali will bermain ke rumah George pasti mengabaikan stuart. Akibatnya stuart merasa tersisih. Sekalipun sangat dimanja oleh orang tua, stuart sebenarnya tetap butuh perhatian dan sahabat.

Harapan stuart terwujud. Sepulang sekolah stuart berkenalan dengan burung kenari mungil. Burung betina bernama margalo itu ditolongnya dari kejaran falcon, si elang jahat. Sayap margalo ternyata terluka, stuart lalu mengajaj margaloyang tunawisma untuk tinggal sementara bersama keluarga little. Tuan fedderick little dan istrinya yang baik hati ternyata tak keberatan dengan usul tersebut.

Hubungan stuart dan margalo kian dekat, setelah lama bersahabat, anak tikus itu jatuh hati padanya, bahkan stuart enggan berangkat sekolah, karena ingin menemani margalo dirumah. Kenari cantik itu membuatnya selalu ingin dekat, dimabuk cinta, stuart rela melakukan apapun untuk margalo.

Ibarat air susu dibalas dengan air tuba. Kebaikan keluarga little justru dimanfaatkan margalo. Burung mungil itu diperalat falcon untuk mencuri berlian Ny. Eleanor.

Bersamaan dengan peristiwa kehilangan itu. Margalopun lenyap, tidak satupun menduga bahwa burung itulah yang mencuri cincin Ny Eleanor. Tikus kecil itu lalu membujuk si montok Snowbell untuk ikut mencarinya. Dari Monty, si kucing garong cerewet, mereka dapat menduga tempat margalo disekap. Aksi Heroik Stuart menyelamatkan margalo sekalipun berhadapan dengan si Falcon elang jahat dipertontonkan.

Sebuah persahabatan antara stuart dan margalo. Persahabatan telah teruji saat mereka mempunyai musuh yang sama yaitu falcon. Dengan bantuan stuart, margalo terbebas dari cengkraman falcon. Margalo adalah burung kecil yang diperbudak oleh falcon untuk mencuri. Stuart sendiri adalah korban margalo yang kemudian malah membuka kesadaran margalo bahwa ia salah. Tapi buat margalo tidak gampang untuk lepasa dari cengkraman Falcon. Untunglah stuart datang membantu membebaskan selamanya dari falcon. Tibalah saatnya bagi margalo untuk berpisah dengan stuart. Biar bagaimanapun stuart adalah burung yang kodratnya terbang mengangkasa. Kegelisahan margalo adalah bahwa ia tidak pernah terbang bebas, sedangkan impian semua burung adalah bisa terbang keselatan selama musim semi.

Saat itu stuart memberi motivasi kepadanya, “ margalo, engkau besar, sebesar perasaanmu….”

Efektif, keberanian margalo muncul, maka mulailah margalo mengepakkan sayapnya, memulai perjalanan panjangnya bergabung dengan burung-burung lain yang terbang keselatan.

Kawanku semua yang aku sayangi, tanpa sadar kita sering kali kehilangan kepercyaan diri lantaran kita berfikir pada ketidakmampuan dan kekurangan. Dan ini mempengaruhi perasaan akhirnya mempengaruhi juga gerakan dan pikiran. Jika kitamerasa bodoh, maka kita bisa bodoh beneran, jka kita merasa miskin maka bisa miskin beneran, jika kita merasa kalah, maka bisa kalah beneran. Jika kita percaya bahwa kita sukses, maka 75 % kesuksesan sudah ditangan. Jika kita percaya bahwa kita kecil, maka kecilah kita. Jika kita percaya kita besar, maka peluang untuk lebih besar lebih besar pula buat kita.

Disadari atau tidak, sebenarnya kita sendirilah yang telah membatsi diri. Sebenarnya kita mampu melakukan sesuatu. Tapi kita membatsai diri dengan mengatakan bahwa kita tidak mampu. Oleh karena itu, jangan meremehkan sesuatu sebelum anda mencobanya, jangan takut gagal melakukan sesuatu, sebelum kamu mencobanya. Terlalu memandang remeh dan terlalu memandang gagal adalah dua mata pedang yang bisa memupuskan semangat hidup kita untuk berkembang. Untuk bisa meraih kesuksesan, anda harus berani bertindak. Gagal sekali, coba lagi, gagal lagi, coba lagi hingga anda bisa melakukannya.

Sperti cerita stuart little. Stuart mampu membangkitkan dan menyakinkan shabatnya dengan kata-kata pujian, nah, kepercayaan diri muncul diawali dengan pujian sahabatnya. Kata-kata pujian meski kita berikan kepada orang yang membutuhkanya, tak terkecuali pada diri sendiri, ketika kita memiliki kemapuan baru atau usaha yang lebih, dalam mencapai prestasi, meskipun itu hanya keberhasilan yang tak seberapa, karenanya hal itu bakal memupuk perasaan mapu dan percaya diri sudah mulai muncul.

Sungguh rasa percaya diri, kata Mario teguh, bukanlah sesuatu untuk dimiliki. Rasa percaya diri adalah sesuatu yang dilakukan. Syaratnya adalah melakukan. Orang yang melakukan sesuatu akan mudah mersa percaya pada kemampuan dirinya. Daripada mereka yang hanya membayangkan kerja keras. Melakukan adalah isi dari kehidupan kita. Itu sebabnya hidup yang diisi dengan melakukan bayak hal akan menjadi hidup yang penuh dengan rasa percaya diri. Melangkah dari satu terobosan keterobosan berikutnya. Dan karenanya hidup seperti itu seolah-olah menjadi lebih berhak bagi lebih banyak keberhasilannya. Jadi fokuslah pada kekuatan bukan pada kelemahan.

Kawanku semua, bila sulit menghilangkan kelemahan, maka pastikan bahwa sebanyak mungkin upaya kita dalam membangun kehidupan ini adalah kesibukan untuk mendayagunakan kekuatan, betul apa yang dikatakan Mario teguh“ setiap detik yang kita gunakan untuk  mengaktifkan kekuatan adlah detik yang sama untuk menonaktifkan kelemahan”

Nah kawanku, bagaimana dengan dirimu…..?

Ya Allah, ajarkan kepada kami, cara bersyukur dan menemukan bahwa kehidupan ini indah, bila kami menangkap keindahanya. Dan ajarkan kepada kami untuk menemukan kebesaraanmu dibalik kemegahan alam ini, jangan biarkan atmosfir perasaan dan pikiran negative sebagai orang-orang yang kalah menguasai kami, sehingga kami menjadi kalah beneran, bimbing kami ya Rabb, untuk meenmukan kemenangan demi kemenangan dan kegairahan hidup……….

 

Semoga bermanfaat.

Iklan