Beranda

Dirumahmu ada “setan kotak” ?

2 Komentar


bismilallahirahmanirahim

kawanku semua yang berbahagia, dulu waktu masih belajar ngaji dimadrasah guruku bapak musyafa’ azka pernah bilang, “awas, ana setan kotak” maksudnya awas ada setan kotak, setan kotak apa itu setan kotak, kami semua bingung,, jika makna setan sih adalah mereka menentang perintah Allah, dia diusir dari golongan malaikat dan dari Surga, karena ingkar akan perintah Allah untuk bersujud kepada Nabi Adam sebagai penghormatan sebagai ciptaan-Nya yang mulia. lah kok ada istilah kotak, maka disnilah rahasinya, setan kotak yang dimaksud guruku adalah televisi, kawan dirumahmu ada televisi kan? tanpa menjawab saya juga tahu kalau dirumahmu ada televisi, lah kenapa kok disebut setan,, emang televisi bermuka serem kan gak kan, gini kawan, sekarang televisi itu lebih banyak manfaatnya to lebih banyak madhoratnya… kenapa bisa bilang gitu? renungkan sendiri lah…

sebuah kisah nyata..

diceritakan, seorang ibu dan anak sedang berada diruamah, sang ibu tengah mengaji alquran namun sang anak lagi nonton televisi, ibu dengan khusuknya membaca surat Albaqarah, bismillahirahmanirahim….alif….lammmm….mimmmmm… tiba -tiba anaknya memanggil. ibu, sinetronya sudah mulai, dengan cepat ibu itu mengakhiri bacaaan qurannya, shodaqahllahul adzim... kawan sungguh ini nyata,, terjadi dikalangan kita…

jadi heran, kenapa sih sekarang tren acara hiburan khususnya buat kita para remaja di tivi selalu nggak jaoh-jaoh dari yang namanya gaya hidup, hura- hura, ngeksis dan minus banget pendidikannya? yups, emang begitulah kenyataannya, bahwa kotak ajaib audio visual yang ditemukan JL Baird  dan CF Jenkins ini, sekarang banyak dijadiin kiblat sama kaum remaja kita. Daya hipnotisnya nggak kalah hebat buat ngebentuk opini sekaligus agen nomor wahid dalam penyebaran ide globalisasi yaitu kapitalisme dan materialisme.

baca selengkapnya disini..

buku statics J.L. Meriam dan L. G. Kraige

1 Komentar


statur

Mata kuliah statika struktur with bapak Imam Basyori ST.MT

Statika adalah bagian dari ilmu mekanika yang menerangkan dan meramalkan gejala fisis benda dalam keadaan statis yang meletakkan dasar – dasar aplikasi teknik meliputi Hk. Newton dan konsep diagram benda bebas, jenis – jenis tumpuan, gaya – gaya dalam gesekan, metode kerja semu dan prinsip kekekalan energi pada struktur Truss, Beam, untuk frame, Mesin, jenis distribusi beban pada struktur, dan gaya dalam   pada struktur.

Buku Pegangan:

STATICS (6th edition) – J.L. Meriam dan L. G. Kraige – Download / dari 4shared

Topik:

baca selenkapnya…

alhamdulillah “sesuatu” ?

3 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang berbahagia, beruntunglah manusia bertuhan kepada Allah, coba kalau Allah seperti manusia, mudah marah, gampang kecewa, tentu kita sudah dikubur hidup-hidup sebelum jadwal kematian datang. coba bayangkan kita yang seringnya berurusan dengan manusia, sekali cacat saja, kadang pintu sudah dikunci mati dan cap jelek pasti selamanya dilekatkan kepada kita. sekali lagi beruntunglah manusia yang bertuhan Allah swt, maka ucapkanlah ALHAMDULILLAHIRABBIL ALAMIN seperti yang dicontohkan rosulullah saw. bukan “Alhamdulillah sesuatu”, kenapa kita serinngnya memplesetkan ajaran nabi kita yang begitu mulya penuh dengan makna dan fitrahnya, kenapa malah mengikuti tren saat ini “dilihat seperti islam tapi sungguh jauh dari nilai-nilai islam” kawanku bisakah engkau melihatnya…????

sebuah kisah…

Seorang pengusaha shalih bernama Kajiman -bukan nama asli- sedang menginap di sebuah hotel berbintang lima di Semarang. Usai melakukan qiyamul-lail ia bergegas ke luar hotel untuk mencari masjid terdekat untuk shalat Shubuh berjamaah. Waktu saat itu menunjukkan bahwa waktu adzan Shubuh kira-kira setengah jam ke depan.Sehingga Ia ingin jalan-jalan sebentar sebelum sholat shubuh.

Begitu keluar dari lobby hotel, Kajiman pun meminta kepada tukang becak yang bernama Ibnu untuk mengantar keliling Semarang. Kira-kira belasan menit sudah Ibnu mengayuhkan pedal becak, sayup-sayup terdengar suara tarhim yang mengisyaratkan waktu shubuh akan tiba.

baca kisah selengkapnya..

kitab puasa

4 Komentar


materi kuliah pendidikan agama islam oleh bapak Ismail Ibrahim Spd.I Mpd.i

Saum (Bahasa Arab: صوم, transliterasi: Sauwm) secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Perintah berpuasa dari Allah terdapat dalam Al-Quran di surat:

[Al-Baqarah] ayat 183.

َيَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”[Al-Baqarah] ayat 185.”

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

download pertemuan ke 4 puasa menurut alquran, hadist, ijma’ dan qiyas disini

Hikmah puasa

Ibadah saum Ramadhan yang diwajibkan Allah kepada setiap mukmin adalah ibadah yang ditujukan untuk menghamba kepada Allah seperti yang tertera dalam QS. Al- Baqarah/2: 183. Hikmah dari ibadah shaum itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup. Maksud dari sabar yang tertera dalam al-Quran adalah ‘gigih dan ulet’ seperti yang dimaksud dalam QS. Ali ‘Imran/3: 146. Di antara hikmah dan faedah puasa selain untuk menjadi orang yang bertakwa adalah sebagai berikut; baca selengkapanya disini…

Listrik Dinamis

3 Komentar


bahan kuliah fisika dasar with Fitri Wijayanti, S.Si, M.Eng

Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis adalah muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. kuat arus pada rangkaian bercabang sama dengan kuata arus yang masuk sama dengan kuat arus yang keluar. sedangkan pada rangkaian seri kuat arus tetap sama disetiap ujung-ujung hambatan. Sebaliknya tegangan berbeda pada hambatan. pada rangkaian seri tegangan sangat tergantung pada hambatan, tetapi pada rangkaian bercabang tegangan tidak berpengaruh pada hambatan. semua itu telah dikemukakan oleh hukum kirchoff yang berbunyi “jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar”. berdasarkan hukum ohm dapat disimpulkan cara mengukur tegangan listrik adalah kuat arus × hambatan. Hambatan nilainya selalu sama karena tegangan sebanding dengan kuat arus. tegangan memiliki satuan volt(V) dan kuat arus adalah ampere (A) serta hambatan adalah ohm.

download pertemuan ke 4 listrik dinamis disini

Hukum Ohm

Gambar:ohm1.jpg

Aliran arus listrik dalam suatu rangkaian tidak berakhir pada alat listrik. tetapi melingkar kernbali ke sumber arus. Pada dasarnya alat listrik bersifat menghambat alus listrik. Hubungan antara arus listrik, tegangan, dan hambatan dapat diibaratkan seperti air yang mengalir pada suatu saluran. Orang yang pertama kali meneliti hubungan antara arus listrik, tegangan. dan hambatan adalah Georg Simon Ohm (1787-1854) seorang ahli fisika Jerman. Hubungan tersebut lebih dikenal dengan sebutan hukum Ohm.
Setiap arus yang mengalir melalui suatu penghantar selalu mengalami hambatan. Jika hambatan listrik dilambangkan dengan R. beda potensial V, dan kuat arus I, hubungan antara R, V, dan I secara matematis dapat ditulis:

Gambar:ohm.jpg

baca selengkapnya disini

rinduku padamu ya rasul

3 Komentar


bismillahirahmanirahim..

ya rasul kau bawa cahaya
Penyinar di alam buana
bumipun subur kembali
Rasa gembira dihati

Lahirmu pembawa rahmat
Memimpin ke jalan selamat
Akhlakmu yang sungguh memikat
Contoh untuk seluruh umat

Mulyanya pengorbananmu
Kebaikan yang kau seru
Mulyanya pengorbananmu
Kebaikan yang kau seru

Biarpun halangan menimpa
Namun dirimu tetap tabah
Biarpun halangan menimpa
Namun dirimu tetap tabah
Ya Muhammad yang berjasa
Quran dan sunnah lah pusaka
Menjadi panduan manusia
Untuk hidup aman dan sentosa
raihan-cahaya shalawat

sebuah kisah..

Dahulu di sebuah kota di Madura, ada seorang nenek tua penjual bunga cempaka. Ia menjual bunganya di pasar, setelah berjalan kaki cukup jauh. Usai jualan, ia pergi ke masjid Agung di kota itu. Ia berwudhu, masuk masjid, dan melakukan salat Zhuhur.

Setelah membaca wirid sekedarnya, ia keluar masjid dan membungkuk-bungkuk di halaman masjid. Ia mengumpulkan dedaunan yang berceceran di halaman masjid. Selembar demi selembar dikaisnya. Tidak satu lembar pun ia lewatkan. Tentu saja agak lama ia membersihkan halaman masjid dengan cara itu. Padahal matahari Madura di siang hari sungguh menyengat. Keringatnya membasahi seluruh tubuhnya.

baca selengkapnya…

Zulfah, ijinkan aku meminangmu?

9 Komentar


bismillahirahmanirahim..

untukmu para wanita sholehah yang cantik juga diberi banyak kecukupan… seandenya datang kepadamu lelaki baik, yang tidak tampan, kulitnya hitam, yang miskin namun hatinya terus berserah diri kepada Allah, datang kepadamu untuk meminta kamu jadi istrinya, apakah kamu akan menerima pinanganya? atau kamu akan dengan keras menolaknya?? seandenya juga datang pula sesorang yang kaya raya, pekerjaan tetap juga tampan datang pula melamarmu? siapa diantara kedua pria itu yang akan kamu terima lamaranya… si kayakah to si miskinkah? tanpa kamu jawab, maaf jika tidak sesuai…namun yang aku perhatikan jika melihat realita seperti sekarang ini, mungkin kamu akan lebih memilih si kaya, yach itu wajar. siapa yang ingin hidup menderita? itu pertanyaan yang kadang menyakitkan? menyakitkan buat si miskin.. sungguh kasian orang yang serba kekurangan dalam hidupnya… dimana-mana selalu diacuhkan, omongannya tidak didengar, apalgi pinannganya pasti sering ditolak, duhai para wanita muslimah yang sholeh. semoga engkau bisa melihat apa yang seringnya tidak bisa dilihat mata, padang didunia ditempuh dengan jalan kaki, sedang padang diakherat ditempuh dengan jalan hati…semoga kamu bisa melihatnya…

sebuah kisah, semoga bisa menjawab pertanyaanku….

Pada zaman Rasulullah SAW hiduplah seorang pemuda yang bernama Zahid yang berumur 35 tahun namun belum juga menikah. Dia tinggal di Suffah masjid Madinah. Ketika sedang memperkilat pedangnya tiba-tiba Rasulullah SAW datang dan mengucapkan salam. Zahid kaget dan menjawabnya agak gugup.

“Wahai saudaraku Zahid”¦.selama ini engkau sendiri saja,” Rasulullah SAW menyapa.

“Allah bersamaku ya Rasulullah,” kata Zahid.

“Maksudku kenapa engkau selama ini engkau membujang saja, apakah engkau tidak ingin menikah?,” kata Rasulullah SAW.

Zahid menjawab, “Ya Rasulullah, aku ini seorang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dan wajahku jelek, siapa yang mau denganku ya Rasulullah?”

” Asal engkau mau, itu urusan yang mudah!” kata Rasulullah SAW.

baca kisah selengkapnya…

bukan sopir taxi biasa

4 Komentar


bismillahirahmanirahim..

kawanku semua yang berbahagia, menikmati hidup..ya kata menikamti hidup merupakan kata yang sangat sulit direalisasikan untuk kondisi -kondisi saat-saat ini, hari ini pagi-pagi sekali orang sudah berangkat kerja, sore hari kelelahan, malamnya dibuat tidur, pagi berangkat lagi dan kehidupan yang berputar-putar terus dan pastinya membosankan. Banyak orang yang mempunyai banyak uang namun tak sedikit yang punya banyak uang namun menderita karena uangnya tersebut..loh, kok bisa? bukankah uang bikin orang bahagia? iya, itu anggapan orang yang berfikir secara instan. Setiap keinginan kita dapat terpenuhi dengan banyak uang, namun jika tidak menyukai pekerjaan kita, namun bila kita tak punya waktu untuk bersenang-senang, masihkah kita kan merasa bahagia? dengan tegas saya jawab tidak… kuncinya pada cintai pekerjaanmu, dan berikan waktu luang untuk menghilangkan penatmu, insyaAllah bahagia….uang memang bisa beli segalanya namun uang bukalah segalanya…

sebuah kisah…

disadur dari buku A Million Dollar Lesson yang dikarang oleh Petey Parker.  Petey Parker adalah seorang memberikan dasar-dasar bisnis inti melalui konsultasi dan seminar untuk semua kalangan. Dia membawa sebuah perspektif yang jujur sebagai pengamat, memberikan wawasan strategis, dan membantu perusahaan dalam menemukan solusi akan program dan agenda perusahaan. Berikut adalah ceritanya..

Seorang sopir taxi di Dallas telah mengajarkan saya bagaimana memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan. Sebuah pelajaran seharga satu juta Dollar. Mungkin anda harus mengeluarkan ribuan Dollar untuk membayar seorang keynote atau pembicara profesional dalam sebuah seminar atau pelatihan motivasi untuk karyawan perusahaan. Tapi kali ini saya hanya cukup mengeluarkan ongkos taxi seharga 12 Dollar saja.

baca kisah selengkapnya..

Manusia bukan tempat kesedihan

2 Komentar


bismillahirahmanirahim..

sahabatku semua yang berbahagia, pernah aku baca dalam sebuah buku ” kebahagian ada dalam dirimu maka kerahkan daya dan upayamu untuk menggalinya lebih dalam lagi dalam dirimu” nah kawan. tahu gak apa yang aku maksud dari ungkapan tersebut. Kebahagian terletak ada pada diri kita sendiri, kita adalah penentu kebahagiaan kita sendiri nah jika tahu kalau kebahagian ada ditangan kita kenapa enggak kita kerahkan semua kekuatan kita untuk menggapainya?? itulah yang selama ini orang acuhkan dari dirinya masing-masing.

kawanku….

“Manusia adalah magnet, dan setiap detail peristiwa yang dialaminya datang atas daya tarik (undangan)nya sendiri.” Elizabeth Town, 1906

artinya ” kebahagian datang dari kita sendiri begitu pula dengan kesedihan”

Pernahkan anda membayangkan di dalam tubuh kita terdapat magnet alam yang mempunyai daya tarik amat besar? Anda mungkin akan membayangkan seperti mempunyai kekuatan magic yang dapat anda gunakan untuk menarik dan memainkan benda-benda di sekitar anda. Seperti seorang pesulap yang dengan sedikit hentakan jari telunjuknya ia bisa menarik benda-benda di depannya tanpa menyentuh benda tersebut sedikitpun. Seolah-olah di dalam jari-jarinya terdapat kekuatann magnet yang mempunyai daya tarik luar biasa.

baca selengkapnya disini…

rahasia kaya orang cina

29 Komentar


bismilahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, coba lihat orang – orang cina disekitarmu, rata-rata orang-orang cina disekitar kita orang yang berada, punya modil mewah, rumah yang bagus, usaha yang lancar, kenapa bisa demikian? adakah yang bisa jawab… kenapa orang pribumi indonesia malah hidupnya dibawah garis kekayaan orang cina, kenapa? ada yang bisa jawab lagi, kerja keras dan tekun berusaha adalah kuncinya, bisakah engkau menirunya kawan?

sesosok profil…

Ann Wan Seng, pengusaha Cina sekaligus penulis buku-buku best-seller, lahir dari keluarga pedagang. Sejak kecil, ia sudah mengikuti dan membantu orangtuanya berdagang. Berdasarkan pengalaman dan pengamatannya bahwa cara orang Cina berdagang agak berbeda dengan kaum dan bangsa yang lain.

Mereka mempunyai pandangan, cara, konsep, dan falsafah dagang tersendiri. Orang Cina jarang berbagi petuah dan rahasia berdagangnya pada orang lain. Petuah dan rahasia dagang inilah sesungguhnya menjadi senjata utama keberhasilan orang Cina dalam perdagangan serta bidang ekonomi lainnya.

Melalui bukunya, Rahasia Bisnis Orang Cina (Hikmah: 2007) Ann mencoba memaparkan sebagian rahasia dan petuah dagang orang Cina tersebut. Buku ini diklaim sebagai buku bisnis paling laris di Malaysia pada tahun 2006, dan di Indonesia pada tahun 2007. Kita menyadari bahwa untuk menjadi pedagang yang berhasil, seseorang perlu memiliki wawasan dan pandangan yang dapat melihat jauh ke depan. Selain itu, dituntut juga komitmen, disiplin, kesabaran, kekuatan, dan pengorbanan yang tidak sedikit.

Perdagangan adalah bidang yang dapat dipelajari dan tidak menjadi monopoli kelompok masyarakat tertentu. Itu adalah nilai-nilai universal yang dapat diterapkan oleh siapa saja yang ingin menjadi pegadang. Namun, harus diakui usaha-usaha untuk mematahkan dominasi orang Cina di bidang ekonomi, sampai saat ini masih belum berhasil dilakukan. Hal ini, kata Ann Wan Seng, karena hubungan perdagangan di antara orang Cina begitu erat sehingga tidak dapat dipisahkan.

baca sekengkapnya disini..

kebaikan berbuah manis

4 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang berbahagia, seperti pemaparan matematika teori 1 + 1 = 2, namun berbeda dengan matematika sedekah 1-1 = 19, begitu juga dengan orang yang selalu berbuat baik kepada orang lain, tak perlulah kita mengharap orang lain akan membalas hal yang sama kepada kita seperti teori 1+1 = 2, tak perlulah, biarlah Allah yang membalas kebaikan demi kebaikan kita, toh pembelasan Allah jauh lebih baik dari pembalasan yang diberikan manusia, ya sih dalam kenyataanya brbuat kebaikan itu sangat sulit, karena dorongan berbagai hal namun kawan yang perlu diyakini, jika engkau menanam kebaikan pasti engkau kan menuai kebaikan pula, yakini itu…yakini itu….

sebuah kisah…..

Pada suatu hari seorang pemuda sedang berjalan di tengah hutan, tiba-tiba ia mendengar jeritan minta tolong. Ternyata ia melihat seorang pemuda sebaya dengan dia sedang bergumul dengan lumpur yang mengambang. Semakin bergerak malah semakin dalam ia terperosok.

Pemuda yang pertama tadi hendak sekuat tenaga memberikan pertolongannya. Dengan susah payah pemuda yang terperosok itu dapat diselamatkan. Pemuda yang pertama tadi memapah pemuda yang terperosok itu pulang ke rumahnya.

Ternyata si pemuda kedua ini anak orang kaya. Rumahnya sangat bagus, besar dan mewah luar biasa.

Ayah pemuda ini sangat berterimakasih atas pertolongan yang diberikan kepada anaknya dan hendak memberikan uang, tetapi pemuda pertama tadi menolak pemberian tersebut. Ia berkata bahwa sudah selayaknya sesama manusia menolong orang lain yang sedang dalam kesusahan. Sejak kejadian ini mereka menjalin persahabatan.

baca kisah selengkapnya…

Kedudukan Ibadah Sholat

1 Komentar


materi kuliah pendidikan agama islam oleh bapak Ismail Ibrahim Spd.I Mpd.I
IBADAH SHALAT
KEDUDUKAN IBADAH SHALAT

1.Urgensi Shalat

a. Pengertian

Secara etimologis (lughat), “sholat” doa.   Sedangkan secara terminologis, sholat   merupakan suatu bentuk ibadah mahdhah   yang terditi dari gerak dan ucapan diawali   dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

b. Dasar Hukum

Firman Allah Swt dalam :

Q.S.Al-Dzariyat[51]:56

“Dan tidaklah AKU ciptakan jin manusia selain agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Q.S Al-Baqarah[2]: 21

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.”

•“Islam dibina atas lima perkara yaitu; bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan sholat, membayar zakat, mengerjakan haji jika mampu dan puasa di bulan Ramadhan”

HR. Ahmad , Al-Bukhari, Muslim, Turmudzi dan Nasai

baca selengkapnya…

tanyakan; dihatimu ada cintakah?

5 Komentar


bsimillahirahmanirahim

waktu dapatkah waktu diputar kembali, ah andai saja waktu bisa diputar kembali, saya ingin kemabli ke masa-masa kecil saya, dimana disana saya dibelai mesra kedua orang tua saya, dimanja, ditimang, segala keinginan saya pasti dipenuhi, namun waktu tetaplah waktu berjalan terus takkan pernah berhenti, wktu itu telah berlalu, masaku adalah saat ini, ya ini semoga aku bisa mengisinya dengan sesuatu yang luar biasa…

allah cinta pada orang berdzikir, allah cinta pada yang sabar…

sebuah kisah….

Alkisah di suatu pulau kecil tinggallah benda-benda abstrak seperti cinta, kesedihan, kekayaan, kebahagiaan dan sebagainya. Mereka hidup berdampingan dengan baik.

Suatu ketika datang badai menghempas pulau kecil itu dan air laut tiba-tiba naik dan akan segera menenggelamkan pulau itu. Semua penghuni pulau cepat-cepat segera menyelamatkan diri. Cinta sangat kebingungan sebab ia tidak dapat berenang dan tidak mempunyai perahu. Ia berdiri di tepi pantai untuk mencari pertolongan. Sementara itu air semakin naik dan mulai membasahi kaki Cinta.

Tak lama kemudian Cinta melihat kekayaan sedang mengayuh perahu. “Kekayaan! Kekayaan! Tolong aku!” teriak Cinta. “Aduh maaf Cinta, perahuku telah penuh dengan harta bendaku. Aku tidak dapat membawamu serta, nanti perahu ini tenggelam. Lagipula tak ada tempat lagi bagimu di perahuku ini.”

Lalu Kekayaan cepat-cepat mengayuh perahunya pergi. Cinta sedih sekali namun kemudian dilihatnya kegembiraan lewat dengan perahunya. “Kegembiraan, tolong aku!”, teriak cinta. Namun Kegembiraan terlalu bergembira menemukan perahu sehingga ia tidak mendengar teriakan Cinta.

Air makin tinggi membasahi sampai ke pinggang dan cinta pun mulai panik. Tak lama kemudian lewatlah Kecantikan. ”Kecantikan, bawalah aku bersamamu”, teriak Cinta.

“Wah Cinta, kamu basah dan kotor, aku tak bisa membawamu ikut. Nanti kamu mengotori perahuku ini”, sahut Kecantikan.

Cinta sedih sekali mendengarnya. Ia mulai menangis terisak-isak. Saat itulah lewat Kesedihan. “Oh Kesedihan bawalah aku bersamamu”, kata Cinta.

baca kisah selengkapnya..

URGENSI IBADAH

2 Komentar


materi kuliah pendidikan agama islam oleh bapak Ismail Ibrahim Spd.I Mpd.I

PENGERTIAN SECARA ETIMOLOGIS

Q.S.Al-Dzariyat[51]:56

“Dan tidaklah AKU ciptakan jin manusia selain agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Kata ibadah berasal dari bahasa Arab : ‘abada –ya’budu- ‘ibadah yang berati : doa, mengabdi, tunduk, atau patuh (kepada Allah).

PENGERTIAN SECARA TERMINOLOGIS

Menurut Ulama Tauhid ibadah adalah:

“Pengesaan Allah  dan pengagungan-Nya dengan sepenuh hati dan dengan segala kerendahan dan kepatuhan diri kepada-Nya.”

Menurut Ulama Akhlak ibadah adalah:

“Pengamalan segala kepatuhan kepada Allah secara badaniah, dengan menegakkan syariah-Nya.”

Menurut Ulama Tasawuf ibadah adalah:

“Perbuatan mukallaf yang berlawanan dengan hawa nafsunya, untuk mengagungkan Tuhan-Nya.”

Sedang menurut Ulama Fikih ibadah adalah:

“Segala kepatuhan yang dilakukan untuk mencapai ridha Allah dengan mengharapkan pahala-Nya di akhirat.”

Menurut Jumhur Ulama ibadah adalah: “Nama yang mencakup segala yang disukai Allah dan yangg diridhai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan , baik terang-terangan maupun diam-diam.”

BACA SELENGKAPNYA…

Thoharah

Tinggalkan komentar


materi kuliah pendidikan agama islam oleh bapak Ismail Ibrahim Spd.I Mpd.I

Pengertian dan Lingkup Thaharah

Thaharah” berasal dari kata bahasa arab yang berarti bersih (nadlafah), suci (nazahah), terbebas (khulus) dari kotoran.

QS. Al-Muddatstsir: 4-5

(bersihkanlah pakaianmu dan jauhilah segala kotoran)

žSecara Syar’i,  Thaharah adalah mengangkat   /menghilangkan penghalang yang timbul dari hadats dan najis. Thaharah syar’i berarti membersihkan dari hadats dan dari najis.
žBersuci yang diperintahkan adalah Wudhu, ghusl (mandi) dan Tayamum serta  membersihkan najis dari badan dan pakaian.

Thaharoh dan jenisnya

A. Mensucikan Badan

1.   Bersuci dari hadats kecil dengan cara wudhu atau tayamum bila tidak ada / memungkinkan menggunakan air.

Penyebab hadats kecil adalah 1. keluar sesuatu dari salah satu dua lubang buang; 2. hilang akal akibat mabuk, sakit, pingsan; 3. sebab tidur kecuali terkantuk dgn posisi duduk; 4. menyentuh dengan perut telapak tangan pada zakar (L) atau faraj(P)

2.   Bersuci dari hadats besar dengan cara ghusl (mandi) atau tayamum bila tidak ada / memungkinkan menggunakan air.

Penyebab hadats besar adalah 1. bersenggama (jima’); 2. keluar mani; 3. haidh (menstruatie); 4. Nifas (puerperium); 5. keguguran (abortus)

3.Istinja adalah bersuci sesudah keluar kotoran (air kemih atau tahi) dengan air  atau dengan tiga buah batu jika tidak ada/memungkinkan menggunkan air
4.Membersikan badan dari segala kotoran dan najis yang melekat, misal; darah, nanah,tahi,kemih dll.
5.Membersihkan yang bersifat sunnah. Seperti membersihkan gigi, telinga, mulut,badan, kuku, berkhitan, mencukur bulu genitalia, menggunting kumis, memakai harum-haruman Dll.

Older Entries

%d blogger menyukai ini: