Bismilahirahmanirahim…

sahabatku semua yang dirahamti Allah,

Siapa diantara kalian yang pernah masuk penjara? Apakah ada yang pernah merasakan bagaimana dinginnya dinding penjara? Semoga aja tidak ada? Namun adakah orang yang sukanya memenjarakan dirinya sendiri? Kalau ini tanpa dijawab saja, kita sudah tahu pasti ada disekian kawanku semua, lah kenapa bisa, bisa lah….orang Indonesia apa yang tidak bisa sih, wani piro….???

Sebuah kisah,

Earl Nightingale menceritakan kisah yang menarik tentang seorang raja di eropa yang membuat percobaan dengan menempatkan seseorang yang tidak mempunyai tujuan hidup dalam sebuah kurungan dengan ranjang yang hangat dan makan tiga kali sehari, untuk beberapa saat, orang tadi berteriak, “keluarkan saya, kenapa saya disini? Saya tidak berbuat salah,” sang raja selalu datang menjenguk tiap hari dan berkata, “mengapa khawatir, kamu hangat dimusim dingin dan kamu tidak mempunyai masalah, semua kebutuhanmu dicukupi, makanmu cukup, apalagi yang kamu butuhkan? Begitulah hal itu berlangsung dari hari kehari.

Akhirnya, suatu hari seorang asing lewat dan berkata. “oh, orang yang malang terkurung dalam penjara, pasti sangat jahat,” tetapi jawaban dari orang dalam kurungan ini membuatnya heran. Dia berkata, “saya punya semuanya, makan enak tiga kali sehari, tidak usah khawatir berpikir tentang kerja; saya aman dan terlindungi; kenyamanan yang terbaik, dan semua yang saya inginkan ada disini,” dan inilah yang terjadi pada generasi muda saat ini, coba perhatikan disekitarmu kawan….

Kawanku semua yang baik hatinya, apakah orang yang ada dalam penjara itu bisa disebut orang yang berhasil? Secara tragis dan menyedihkan, sebenarnya ia hidup dalam sia-sia, memang dia tidak memikirkan kebutuhan keluarganya, dia tidak mempunyai keinginan untuk memberikan pengaruh dan inspirasi yang baik bagi generasi berikutnya. Dia juga tidak memberikan sumbangan sedikitpun bagi kesejahteraan social dan spiritual orang lain. Dia hanyalah seorang budak. Hanya itulah arti dirinya, apa yang bisa dibanggakan darinya? jelas tidak ada….

Nah bagaiamana dengan kawanku semua, saya lihat banyak sekali orang yang gemar memenjarakan dirinya sendiri, seakan hidup tanpa tujuan, hidup tanpa beban dan hidup tanpa ada pemikiran, sebenarnya dia punya potensi terbaik untuk dirinya yang bisa dikembangkan dan bahkan bisa mengalahkan semua kemampuan teman-teman sekitarnya, namun apa yang terjadi, MONOTON. hidup lurus-lurus saja katanya, Itu istilah yang sering dipakai, ia menikmati hidup apa adanya, dia tidak memikirkan hidupnya untuk masa depanya, yang penting hari ini nikmat, hari ini kenyang, hari ini bahagia,  hari ini senang, entah tidak tahu, besok harus hutang-hutang,biarin… maupun tidak makan, tidak sama sekali ia pikirkan, siapakah dia….kamu INGIN tahu kawan, dia adalah yang selalu merasa menyebut dirinya hebat, dia yang merasa dirinya pintar, dia yang selalu merasa dirinya mampu, dia yang selalu merasa dirinya kaya, dia adalah dia, ya dia adalah DIA, dia bisa juga kamu, bisa juga saya, bisa juga mereka, dia adalah dia yang tak mempunyai tujuan hidup, dia adalah dia yang mengagungkan jabatanya. Dia adalah dia yang selalu menonjolkan kepintaranya, dia adalah dia yang merasa aman hari ini, dia adalah dia yang merasa paling hebat. Dia adalah KESOMBONGAN dan EGOMU kawan.

Ya dia adalah kesombonganmu kawan, saya yakin kamu memiliki itu semua, ayo kawan perangi kedua hal itu, bersedia kan….dan arahkan menuju kebaikan kebaikan,

kawan, salah satu kunci sukses adalah menentukan tujuan, tujuan berbeda dengan cita-cita. Cita-cita berdimensi jangka panjang, ketika kamu mencoba meraihnya dia masih jauh didepanmu, tujuan mungkin juga berdimensi jangka panjang, tapi perbedaanya tujuan ditentukan secara lebih jelas. engkau punya tujuan hidup kan kawan?

Dr. Maxwel Maltz, dalam bukunya Psychocybernetics (1960), menyatakan, “ kita telah diciptakan sebagai mekanisme pencari tujuan, kita memang terbentuk demikian. Manakala kita tidak mampu mempunyai yang kita minati dan yang cukup berarti bagi kita, kita harus berputar-putar, merasa tersesat dan mendapatkan hidup kita tak berarti dan tak bertujuan. Kita sebenarnya diciptakan untuk menaklukan lingkungan, memecahkan masalah, mencapai tujuan dan kita tidak akan menemukan kebahagiaan atau kepuasan yang nyata dalam hidup bila tidak ada hambatan untuk ditaklukan dan tujuan untuk dicapai, orang yang mengatakan bahwa ini tidak berguna sebenarnya mengatakan bahwa dia sendiri tidak mempunyai tujuan yang bernilai, ayo kawan, jangan sampai kamu dikalahkan karena egomu, karena kesombonganmu, justru itu yang selalu menyebabkan kehancuranmu. Ayo temukan tujuan buat diri sendiri yang layak untuk dicapai. Lebih baik lagi bila kamu mempunyai proyek. Tentukan apa yang anda inginkan dari situasi tertentu. kamu harus selalu mempunyai pandangan selangkah lebih maju.”  Diatas segalanya, tentukanlah apa yang sebenarnya ingin anda lakukan dalam hidup. Tentukan tujuan kamu, gambarlah dalam pikiranmu, gambarlah pula dalam sebuah kertas sebagi pengingatmu, gambarkan ingin jadi apa kamu nanti, dan menjadi orang yang bagaimana, gambarkanlah itu kawan…

Lalu, carilah segala hal yang dibutuhkan, carilah apa yang mungkin didapat dari perpustakaan public, dari dalam diri sendiri, dan juga dari pengalaman orang lain, bahkan dari sumber  manapun yang dapat kamu peroleh, buatlah analitis, rundingkanlah dan ujilah fakta yang ada. Buatlah urutan yang masuk akal, dan tentukan bagaimana cara kamu mencapai tujuan tersebut, setelah itu tetapkan perencanaan waktu. Jangan sampai kamu tergoda untuk  hal-hal yang tidak perlu, tetaplah pada rencanamu, dan akhirnya JANGAN HANYA BICARA SOAL  ITU SAJA, tetapi mulailah mengerjakanya, mulailah saat ini juga, ingatlah bahwa perjalanan menepuh beribu-ribu mil selalu dimulai dari langkah pertama, jadi mulailah. Pastikan kamu berhasil, semangat dan optimislah,…ingat kawan, langkah awal adalah langkah penentuan, tentukan hidupmu sekarang….

Harry Emerson Fosdick suatu kali menulis, “tidak mungkin seekor kuda sampai dimana-mana kecuali diberi kekang, gas tidak mungkin menggerakkan sesuatu kecuali  ditempatkan pada wadah tertutup. Niagara tidak mungkin menggerakkan turbin untuk membangkitkan listrik kecualai dibuatkan terowongan. Dan hidup tidak mungkin menjadi besar kecuali difokuskan, dibaktikan dan didisiplinkan..

Kawanku yang baik, sejumlah besar kekhawatiran dan ketegangan kita yang tersembunyi berasal dari kenyataan bahwa jutaaan manusia tidak mampu menemukan dirinya sendiri, ia tidak pernah berhasil menenmukan pekerjaan yang dapat mereka cintai dan kerjakan dengan baik, juataan orang berkutat dengan pemberontakan pada dirinya sendiri,jutaan orang merasa tidak bahagia, padahal bergelimpangan harta BENDA, ini nyata kawan, coba perhatikan…kenapa bisa begitu? karena mereka menghabiskan masa hidupnya untuk mengerjakan pekerjaan yang mereka tidak sukai, kawan, bagaimana denganmu,..??? jangan-jangan kamu bekerja pada bidang yang tidak kamu sukai ? coba jawablah ???

Uang memang bisa untuk segalanya, tapi uang tidak menentkan segalanya, ingat itu kawan…ingat itu…dan tujuan kita disini bukan karena uang, sekali lagi bukan karena uang, toh rejeki kita sudah diatur oleh Allah, rejekimu dan rejekiku tak akan pernah tertukar, dari awal hidup hingga mati kita tak akan pernah merasa kurang, karena Allah selalu mencukupi hidup kita, jadi siapa yang menggangap dirinya kurang, justru dialah yang orang yang kufur akan nikmatnya,,,saya harap bukan engkau para sahabatku…

Kawan, orang yang terpelajar bukan orang yang mempunyai gelar sarjana, orang yang terpelajar bukan mereka yang pakai seragam untuk pergi sekolah, tapi orang yang terpelajar adalah orang yang mau berusaha belajar mendapatkan segala yang diinginkannya tanpa melanggar hak orang lain, pendidikan sesungguhnya datang dari alam, kamu mendapatkanya dengan perjuangan, usaha keras dan ketangguhan, hidup akan dihadapkan untuk terus belajar, siapa yang tak mau belajar, ya silahkan saja mendapati problematika hidup yang tak kunjung habisnya…gmana, maukah kamu seperti  kawan? Tentu tidak bukan?

Kawan, pastikan tujuanmu, kamu harus ingat bahwa definisi sukses adalah pencapaian terus menerus tujuan yang berharga dan penuh tantangan, sukses bukan tujuan akhir lo kawan…..gimana berani gak….

Saya mengajak kamu dan saya sendiri terkhususnya untuk tampil beda…

Saya mengajak kamu untuk secara pribadi, secara dinamis mencapai keberhasilan

Saya ingin lihat kamu dan saya sukses menggapai mimpi kita

Saya ingin lihat kamu tersenyum selalu,

Gimana kawan berani terima tantanganku ???

Saya yakin kamu pasti bisa, jika terus selalu berusaha..

Tetapkan tujuan dan kamu pasti bisa,

Tidak ada yang tidak mungkin kawan.

Kamu pasti bisa, tapi perlu diingat juga ALLAH adalah penentu segala yang kamu lakukan, jangan kau kesampingkan DIA.

Mari kawan menggapai kebahagian, mari kawan menggapai mimpi-mimpi. Mari kawan …..mari kita berjuang bersama,,,,

Semoga senyum..selalu menghiasai wajah manismu…

Ya Rabb, seringkali kami hanya memandang hanya PADA KEKURANGAN yang ada pada diri kami dan yang ada disekitar kami, jarang sekali kami bisa memandang kelebihan yang telah engkau anugerahkan kepaada kami, itulah sebagian sebab kami tidak menemukan bagian kehidupan yang menyenangkan, yang membahagiakan dalam kehidupan kami,,

Ya Rabb, berilah motivasi buat kami, belailah kami dengan kasih sayangmu dan kenalkanlah kemahakuasaan dan kebesaranmu kepada kami sehingga kami bisa memanfaatkan kemahaan-MU dalam setiap situasi dan kondisi,

Tuntun kami ya Allah, untuk kebaikan Dunia dan AKhirat kami,,,

Semoga bermanfaat..

Iklan