Bismilahirahmanirahim..

Kawanku semua yang berbahagia,

ternyata jatuh itu sakit, ternyata luka butuh waktu untuk menyembuhkanya, ternyata sakit itu tidak enak, ternyata minum obat terus sungguh menyiksa, itulah sebuah petikan pahit orang yang pernah mengalami kecelakaan, jatuh memang sakit, namun karena jatuh itulah dia belajar “makna sakit” jika bukan karena jatuh mungkin masih terus sombong kalau dirinya hebat..adakah diantara kawan semua yang pernah mengalami jatuh…???

Pada tahun 1831, dia gagal dalam bisnis. Pada tahun 1832 dia kalah dalam pemilihan dewan legislative, pada 1833 di gagal lagi dalam bisnis. Pada 1834 di terpilih menjadi dewan legislative, pada tahun 1838, dia gagal menjadi juru bicara, pada tahun 1843 gagal masuk kongres; pada tahun 1855 tidak terpilih menjadi senat; pada 1856 kalah dalam pemilihan wakil presiden; pada 1858 gagal lagi menjadi senat; namun pada tahun 1860 ia terpilih menjadi presiden. Siapakah orang hebat ini, adakah dari sahabatku semua ada yang tahu, dia adalah presiden amerika, orang itu bernama Abraham Lincoln.

Sebelum menjadi presiden, Abraham Lincoln selalu mencoba berbagai pekerjaan untuk bertahan hidup. Ia pernah bekerja sebagai pembelah kayu pagar, menjadi tentara, menjadi kelasi di kapal-kapal sungai, juru tulis, mengurus kedai, kepala kantor pos, dan akhirnya menjadi pengacara. Perjuangannya tidak sia-sia, lho walaupun berat dan berliku .Pada tahun 1847, saat ia berusia 38 tahun, ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika. Akhirnya, pada tanggal 6 November 1860, Lincoln dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-16. Ia dikenal sebagai salah satu presiden terbaik AS.

Tidak berhenti sampai disitu, hampir seluruh kabinetnya beroposisi terhadapnya. Ketika ditanya mengapa dia tidak memecat mereka saja, dia berkata,”bukankah saya tidak punya musuh kalau membuat mereka menjadi teman? Pada saat kematiaanya, mereka semua berdiri dan memberi hormat dengan penuh kesetiaan. Dia mampu mempertahankan Negara-negara utara dengan kekuatan dan dedikasi dan keyakinanya itu. Disamping itu, dalamproses tersebut dia telah menghancurkan salah satu keburukan amerika yang terbesar, yaitu perbudakan.

Lincoln berlajar untuk gigih dengan memenangkan banyak perjuangan dalam tahun-tahun pembentukan dirinya. Yang membuktikan kebesaran seseorang adalah bagaimana ia bangkit kemabli dari kesulitan dan kesukaraan hidup. Kegigihan adalah salah satu kekuatan yang mampu menghasilkan keberhasilan yang menabjukkan. Bacon mengatakan, “peretasi besar berawal dari kerja keras dan kesabaran. Karena upaya yang gigih hampir selalu menguatkan dan melengkapi pikiran yang lemah.

Kawanku, keberhasilah adalah 2 % inspirasi dan 98 % kerja keras. Lalu siapa yang sebenarnya disebut jenius? Jenius adalah kekuatan yang mampu membangun usaha terus menerus. Kamu bahkan tahu apakah kamu telah mendekati atau melewati garis kegagalan atau keberhasilan, hal itu tidak menjadi masalah. Tetapi saya akan mengatakan kapan anda mencapai kejeniusan, yakni manakala kamu tekun berusaha mencapai tujuan-tujuanmu, manakala tidak ada yang kamu biarkan membelokkan atau mematahkan upayamu, manakala cita-citamu bergetar dan tujuan menuntunmu, sementara motivasimu menantang dan memberi  inspirasi itulah yang disebut jenius,

kawanku, Apakah reaksi pertama yang muncul dalam hati kamu manakala menhadapi maslah? Berhenti atau menyerah. Orang2 yang mengatakan bahwa ia tidak mampu berjalan lagi, namun kenytaanya ia mampu. Dia membangun jalan khusus dan dia berpegang pada tiang-tiang yng berjajar, dia mendisiplinkan dirinya dengan semangat baja, dia berupaya dengan kegigihanya yang luar biasa. Sebagai hasilnya, dia menjadi seorang juara dunia lari jarak jauh yang terbesar. Namanya adalah Glenn Cunningham,tirulah semangatnya, kawan..

Kawan , jawablah pertanyaanku, apakah kamu suka dengan pekerjaanmu, apakah kamu bangun pagi dengan semangat untuk pergi ketempat kerjamu? Apakah kamu sulit meninggalkan pekerjaanmu disore hari dan kemabli kerumah untuk memenuhi  tanggung jawab pada keluarga dan masyarakat? Apakah kamu senang membawa pulang pekerjaanmu ke rumah, bukan karena terpaksa tetapi karena kegembiraan dalam menyelesaikannya? Apakah kamu mengalami kesulitan untuk mengisi hari-hari libur tidak bekerja? Saya tidak menyarankanmu sebagai pecandu kerja seperti beberapa orang yang menjadi pencandu karena kelainan jiwa, tetapi hanya ingin tahu, apakah kamu bekerja hanya karena senang bekerja? Apakah kamu menyukai pekerjaanmu? Apa motivasimu bisa senang bekerja?

Ada banyak yang mengatakan bahwa banyak orang, bahkan sebagian besar orang tidak menyukai pekerjaannya, tetapi ketika diberi satu pertanyaan, “apa yang sebenarnya ingin kamu kerjakan?” mereka tidak tahu harus menjawab apa. Perhatikanlah negatitivisme yang terjadi disana; tidak bahagia ditempat itu tetapi tidak tahu harus kemana tanpa kegembiraan, saya takut kawan semua seperti ini, mereka tidak ada ketenangan dalam hidupnya, karena tidak memiliki kegigihan, mereka hanya hidup untuk uang, bukan untuk cita-cita, ingat kawan, hidup bukan untuk uang, uang mudah dicari, kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang. Catat itu…

Untuk itulah kawan, saya tekankan padamu disini, zaman modern dengan tingkat kebutuhan yang begitu besar, orang sering kali melakukan sesuatu dengan berujung pada uang, semuanya harus serba uang, baik yang bekerja di perusahan besar dan bonafit, baik yang bekerja di instasi pemerintahan, bahkan, maaf hanya bekerja sebagai kuli panggul belaka, jika ujung semuanya hanya uang, pasti akan rusaklah hidupnya, sudah banyak kisah tragis diceritkan, sya harap kamu tidak seperti itu,

Ada sebuah kisah, tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang gadis, tetapi perusahaannya memindahkannya keluar kota selama setahun. Dia tahu bahwa kegihihanya akan berhasil, jadi dia memutuskan untuk mengirimkan surat kepadanya setiap hari selama setahun untuk mendapatkan perhatiaanya, dan itu benar-benar ia lakukan, namun pada akhir tahun, sigadis menikah tetapi dengan pegawai pos, kegigihan tukang pos mengantarkan surat setiap hari menarik perhatian gadis dan sigadis tidak dapat menolak kegigihan itu.

Hugh Blair mengatakan; :ketekunan bukanlah sekedar alat perbaikan, melainkan dasar kesenangan..” dia yang asing terhadapnya mungkin memiliki tetapi tidak dapat menikmatinya, karena hanya kerja yang dapat memberi kenyamanan. Hal ini merupakan prasyarat mutlak untuk memiliki pikiran yang sehat daklam badan yang sehat pula, dan hal itu meruapakan sarana kebaikan bagi setiap orang, kamu lihat bahwa kesenangan akan terus mengikut orang-orang yang mencintai pekerjaannya.

Gigih berarti tekun dan ulet, keuletan berarti ketetapan dan kesungguhan, tekun sedikit lebih lama dapat menghasilakn keberhasilan yang besar yang berlimpah bagi kamu, jauh melampuhi keinginanmu yang paling dalam, dunia menjadi milik mereka yang sabar, tekun dan bertahan. Itu semua milik kamu, sukses menunggumu untuk meraihnya, tetapi ingat kesuksesan, kemashuran dan keberuntungan harus diperjuangkan. Peluang selalu datang dalam samaran kerja berat, tetapi Allah tidak akan pernah menutup satu pintu, dia pasti akan membuka pintu yang lain, peluang emas dalam hidup sering kali muncul saat menjalankan tugas sehari-hari, kamu harus bertahan, hari demi hari jangan berpaling kembali dan kamu pasti akan berhasil..

Kahlil Gibran menulis” bekerja adalah cinta yang diperlihatkan. Dan bila kamu tidak dapat bekerja lagi dengan penuh cinta dan hanya untuk kebencian, sudah waktunya kamu meninggalkan pekerjaan kamu dan duduk di pintu kuil meminta sedekah kepada mereka yang bekerja dengan riang… gmana kawan mau seperti itu?

Kawan. Pikiranmu adalah satu-satunya hal yang dapat kamu kuasai spenuhnya didunia ini, sekarang kuasailah dia. Jangan pernah menyerahkan pikiran yang hebat pemberian Allah swt kepada siapapun. Jadikanlah pikiranmu sebagai kekuatan keberhasilanmu, oleh karena itu jangan biarkan kritik orang lain, keraguan, pertanyaan, serta pernyataan yang tidk baik mempengaruhi dirimu, tentukan apa yang ingin kamu lakukan, jangan biarkan apapun menghalangi pencapaianya, tekunkanlah setiap hari, bertahanlah dan kamu akan berhasil.

Kamu akan mendapatkan apa saja DALAM HIDUP INI ASALALKAN KAMU MAU BERJUANG UNTUK ITU. Segalanya terserah kepadamu, yang menjadi pertanyaan, apakah kamu bisa bertahan? Maukah kamu menekuninya? Apakah kamu mempunyai kemauan keras?. Percayalah kawan hasil selalu menunggu, keberhasilan sudah dekat, tetapi yang paling penting kamu tidak boleh berpaling, tidak boleh mengejar kelinci ketika kamu berburu burung liar..fokuslah kawan. kamu pati sukses…

perbaiki kekurangan yang ada,atau….selamanya kehidupanmu tidak akan pernah berubah?

gimana kawan? kamu adalah penentu kebahagiaanmu sendiri…

harapan adalah sebuah awal, tapi bila berhenti hanya pada harapan, maka kaki kita hanya berpijak, bukan melangkah….

Ya Allah, engkau lihat, kami ingin maju, tapi engkau lihat tiada perubahan yang berarti yang kami lakukan. Kami ingin sukses, tapi kami lebih banyak berdiam diri.

Ya Allah, yang maha melihat, engkau juga lihat perbaikan kami lakukan bukan dengan perbaikan dari diri sendiri, melainkan kami sibuk mencari pembenarana langkah salah atau sibuk mencari cari kesalahan orang lain untuk dijadikan dalih,

Ya Allah kami mohon yang terbaik darimu, dan senantiasa memohon baik-baik dari tuhan yang mahabaik sepertimu, maka takdirkanlah kami bisa melakukan kebaikan demi kebaikan yang memang diprasyaratkan untuk siapa saja yang ingin mendapatkan kebaikan,

Tuntun kami yang lemah, tuntun kami yang rapuh ini….

Semoga bermanfaat.

Iklan