Iklan
Beranda

Indahnya, mencium bau syurga

2 Komentar


bismillahirahmanirahim.

kawanku semua yang dirahmati Allah,Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah (air) di dalamnya hingga puas.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?”  Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Majelis-majelis taklim.”

sebuah kisah menarik bacalah dengan seksama…

Dalam sebuah hadits yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullahsaw bersabda, “Ada tujug golongan orang yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari tiada naungan seleain dari naunganNya… di antaranya, seorang pemuda yang tumbuh dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah.”

Dalam sebuah hadits shahih dari Anas bin an-Nadhir ra, ketika perang Uhud ia berkata, “Wah… angin Surga, sungguh aku mencium bau Surga yang berasal dari balik gunung Uhud.”

Seorang Dokter bercerita kepadaku, Pihak rumah sakit menghubungiku dan memberitahukan bahwa ada seorang pasien dalam keadaan kritis sedang dirawat. Ketika aku sampai, ternyata seorang pemuda yang sudah meninggal -semoga Allah merahmatinya. Lantas bagaimana detail kisah wafatnya. Setiap hari puluhan bahkan ribuan orang meninggal. Namun bagaimana keadaan mereka ketika wafat? Dan bagaimana pula dengan akhir hidupnya?

baca kisah selengkapnya..

Iklan

siapa itu Ainul Mardiyah ?

5 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, syurga dengan segala kenikmatannya adalah idaman bagi orang-orang yang beriman, ya to tidak kawan? siapa diantara kalian yang tidak ingin pergi kesyurga, coba jawab?… siapa yang tak ingin dirindu syurga? emmm ada kata ainul mardiyah, siapakah ainul mardiyah itu kawan? adakah diantara kamu yang mengenalnya? jika ia coba kemukakan kepadaku, jika tidak bacalah….

sebuah kisah menarik dibawah ini….

Dalam suatu kisah yang dipaparkan Al Yafi’i dari Syeikh Abdul Wahid bin Zahid, dikatakan: Suatu hari ketika kami sedang bersiap-siap hendak berangkat perang, aku meminta beberapa teman untuk membaca sebuah ayat. Salah seorang lelaki tampil sambil membaca ayat Surah At Taubah ayat 111, yang artinya sebagai berikut :

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan sorga untuk mereka”

Selesai ayat itu dibaca, seorang anak muda yang berusia 15 tahun atau lebih bangkit dari tempat duduknya. Ia mendapat harta warisan cukup besar dari ayahnya yang telah meninggal. Ia berkata:”Wahai Abdul Wahid, benarkah Allah membeli dari orang-orang mu’min diri dan harta mereka dengan sorga untuk mereka?” “Ya, benar, anak muda” kata Abdul Wahid. Anak muda itu melanjutkan:”Kalau begitu saksikanlah, bahwa diriku dan hartaku mulai sekarang aku jual dengan sorga.”

baca kisah selengkapnya..

kyai para pelacur

10 Komentar


Bismillahirahmaniranim

kawanku semua yang dirahmati Allah, kiayi apa arti kiyai buatmu kawan? Tugas kyai sehari-hari yang dianggap penting  adalah berdakwah, mengajarkan dan memberi tauladan tentang hidup  yang seharusnya dijalankan menurut ajaran Islam yang dipahjaminya. Amanah itu tidak mudah ditunaikan. Mengajak kebaikan, dan sebaliknya melarang kemungkaran, ternyata  tidak selalu mudah ditunaikan. Semua orang tahu, bahwa berjudi, meminum minuman keras, dan lain-lain  itu, adalah  merugikan dan bahkan menurut aturan pemerintah maupun agama dilarang atau tidak boleh dilakukan.

sebuah kisah tentang kiayi yg nyentrik…

KYAINYA PARA PELACUR

Kyai Khoiron, sudah populer sebagai kiainya para pelacur di Surabaya.Sehari-hari ia menjadi guru ngaji, konsultasn psikhologi dan bapak, kakak, sahabat yang sangat akrab dengan gemuruh jiwa para pelacur yang bergolak. Dua puluh tahun silam, diam-diam ia dirikan sebuah pesantren di komplek pelacuran terbesar di Surabaya. Dan saat ini ada tujuh ratus anak-anak pelacur itu nyantri di pesantrennya.Jika senja mulai tiba, gincu-gincu mengoles bibir para pelacur itu,

baca kisah selengkapnya..

karomah para habaib

5 Komentar


gurumulia habib munzir almusyawwabismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, keistemewaan berupa mukjizat maupun karomah pasti diberikan kepada manusia yang dicintai Allah, yang dekat dengan Allah, para nabi dan rasul pasti kita sudah pernah membaca mukjizat mereka. nabi ibrahim yang tidak apa-apa saat dibakar, nambi musa, nabi isya dan semua nabi… memliki mukjizat, bahkan para wali pun tidak luput Allah anugerahkan kemulyaan2 kepadanya…

berikut ini kisah-kisah kemulyaan yang diberikan Allah kepada para habaib semoga menambah iman kita kepada Allah..

bcalah dengan bismillah terlebih dahulu semoga bermanfaat

Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas

Karomahnya sudah tampak sejak dalam kandungan ibundanya. Meski kehilangan penglihatan sejak kecil, ia giat menuntut  ilmu. Dialah salah seorang ulama besar Hadramaut.

Di Hadramaut ada seorang ulama besar, seorang wali yang sangat termasyhur karena karomah-karomahnya. Dialah Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas. Lahir pada 992 H / 1572 M di Desa Lisk, dekat Kota Inat, Hadramaut. Dia juga yang mula-mula mendapat gelar Al-Aththas, “orang yang bersin”. Disebut demikian karena, konon, ketika masih berada dalam kandungan ibundanya, Syarifah Muznah binti Muhammad Al-Jufri, ia sering bersin. Janin yang masih dalam kandungan bisa bersin, tentu hal ini merupakan hal yang luar biasa.

baca kisah selengkapnya…

Kenapa harus baca Alquran?

2 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, alquran.. siapa yang tidak tahu tentang alquran, tuntunannya dari sejak lahir hingga mati termuat didalamnya? siapa yang tidak kenal alquran? kenapa harus mempelajari Alquran? mengapa pula harus membaca alquran? dalam sholat kenapa harus baca surat2 alquran? Mungkin diantara kita ada yang bertanya, “Mengapa sih harus baca Al Qur’an?, toh kita juga gak tau artinya.” kan bisa juga baca buku-buku yang kita sudah tahu artinya malah mudah dipelajrai dan dihayati? kawanku semua yang dirahmati Allah, ada yang bisa jawab..?

coba jawab semua pertaanyaanku diatas.. jika tidak bacalah kisah dibawah ini semoga bisa menjawab apa yang aku tanyaakan itu..

sebuah kisah, bacalah dengan seksama…

SEORANG Muslim tua Amerika bertahan hidup di suatu perkebunan di suatu pegunungan sebelah timur Negara bagian Kentucky dengan cucu lelakinya yg masih muda.

Setiap pagi Kakek bangun lebih awal dan membaca Quran di meja makan di dapurnya. Cucu lelaki nya ingin sekali menjadi seperti kakeknya dan mencoba untuk menirunya dalam cara apapun semampunya.

baca kisah selengkapnya…

Berbuat baiklah pada musuhmu

8 Komentar


bismillahirahmanirahim.

sahabatku semua yang dirahmati Allah, hidup sering kali perbedaan sehingga menjadi kita benci kepada seseorang, bahkan marah, adu fisik dan sebagainya. Hidup di dunia ini kita harus berhati-hati dalam bertindak atau berbuat sesuatu, karena jika kita melakukan kesalahan sedikit saja , pasti hasil yang kita dapat tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan , kawan siapakah musuh kita? sesama muslim kita tidak boleh bermusuhan karena sejatinya kita ini bersaudara.. namun kepada orang yang mencoba menghancurkan islam itulah musuh kita yang sebenarnya? bagaimana cara kita menanggapi musuh kita? kawan adakah yang tahu…

sebuah kisah menarik bacalah dengan seksama..

Seorang ayah dengan tiga anak suatu saat mengumpulkan anak-anaknya, “wahai anak-anakku, berkumpullah”. “Aku memiliki mutiara berharga dan mulia, dan akan aku berikan kepada salah satu diantara kalian yang pernah mengerjakan perbuatan paling mulia”. Baik, siapa diantara ananda yang pernah melakukan perbuatan mulia?

baca kisah selengkapnya…

kenapa masih saja membid’ahkan sesat maulid ?

20 Komentar


bismillahirahmanirahim,

kawanku smua yang dirahmati Allah. kemaren malem, sebenrnya malam yang istimewa, karena kemaren ada acara maulidan oleh habieb munzir almusyawa di masjid baitul mustafa di kawasan MM2100 persis di depan PT Astra Honda Motor, sungguh maksud hati ingin datang namun kewajiban yang lebih utama mengurungku tuk datang, malam itu saya masih kuliah.. pulang kuliah jam 10 mlm, saya sudah sampai didaerah situ tapi rombongan jamaah dah pada pulang, sedihnya…

singkat cerita menjelang akhir pulang kerja saya ngobrol-ngobrol ringan dengan teman-teman saya, nah disinilah awal permasalahan terjadi… saya bertanya kepada salah satu teman saya, semalem ikut maulidan habieb munzir almusyawa di masjid baitul mustafa gak?

ngapain ikut, jawabnya.. acara seperti itu percuma, bikin badan capek saja, lho kok bisa… timpaku, dya bilang acara tersebut karena pengaruh sesosok habieb… Habieb itu apa? dya malah tanya seperti itu..kenapa bisa disebut habieb, toh putranya nabi yang lelekai sdah meninggal. dya malah mengkaitkan dengan fathimah. opininya fathimah itu kan istrinya ali jadi anaknya adalah keturunan ali tidak bisa dihubungkan dengan rasul, karena bin…bin…. gak nyampai pada rasul, dya tanya lagi bidah itu apa? … temenku mempersalahkan Habieb itu bagaimana? acara maulidan itu bidah, wong nabi gak pernah mencotohkan, sahabt jga tidak?…

dan banyak lagi… hal- hal yang tidak setuju dia lontarkan pada saya…

saya kadang senyum sendiri jika ada orang yang ngomong tapi dasarnya gak jelas. hanya menurut yang dia tahu, dia tidak mengkaji mana kebenaran yang paling hakiki, mana pendapat yang paling banyak diterina, dan mana saja yang diperbolehkan untuk diamalkan..

terjadilah diskusi ringan antara pro dan kontra… perdebatan lagi panas-panasnya… eh pimpinan saya datang, ini ada apa kok belum pada pulang? membicarakan masalah apa? kok serius amat? … karena kami merasa gak enak, jadi kami membicarakan maslah yang  lain terus beranggsur meninggalkan lokasi, scan out pulang…

terlepas ketidak puasan jawaban yang aqu tuturkan, dan diskusi yang nanggung jga ada pertanyaan dari sejumlah pengunjung tentang hukum maulid nabi, maka disni kita akan membahasnya lagi….. KAWANKU YANG BAIK, PERHATIKAN KATA-KATA YANG BERCETAK TEBAL….

KENAPA KITA MENYAMBUT MAULID NABI??? INILAH HUJJAH-HUJJAHNYA. KENAPA KITA MENYAMBUT MAULID NABI??? INILAH HUJJAH-HUJJAHNYA…

oleh Al-Asyairah Al-Syafii

SEJARAH PERINGATAN MAULID NABI

Siapakah orang yang pertama menyambut maulid Nabi???

Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh raja Irbil (wilayah Iraq sekarang), bernama Muzhaffaruddin al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata:

baca penjelasan selengkapnya…

ingat, kun fayakun

2 Komentar


bismilillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, kun fayakun Kalimat ini begitu sering terdengar oleh telinga kita, pa lagi yang setiap malam jumat baca surat yasin…jika kita sudah menthok semua kemampuan dan keterbatasan kita, maka kata kun fayakun selalu menjadi pengisi semangat agar tetap semangat kembali…

ada apa dengan kata kun fayakun seberapa hebatkah pengaruhnya? kawanku apakah engkau tahu…

manusia itu lemah, manusia tanpa punya daya apa-apa, Allah lah yang maha hebat, yang maha kuasa, yang bisa menentukan apapun, dan manusia sungguh tak punya daya untuk menyamainya…

 

sebuah kisah, semoga kita selalu tetap berharap pada Allah

 

Saya berkunjung ke negara Maroko untuk mengadakan pengobatan -operasi jantung- secara cuma-cuma khusus untuk kalangan fakir miskin dengan dana sukarela dari seseorang di Saudi Arabia.

Kunjungan itu saya awali dengan melakukan inspeksi (pemeriksaan dengan teliti yang dilakukan oleh pihak terkait) untuk mengetahui gambaran umum kondisi kesehatan di negara itu. Dalam acara ini saya ditemani oleh dr. Muhsin Ubaidillah yang bertindak sebagai asisten dan penterjemah, karena beliau adalah penduduk asli negara ini. Beliau juga melakukan banyak tugas dan pekerjaan dalam rangka menyukseskan acara saya ini. Semoga Allah membalas semua kebaikannya.

baca kisah selengkapnya,…

perjuangan butuh pengorbanan

1 Komentar


Bismillahirahmanirahim

Wahai Sahabatku yang terhebat, yang dirahmati Allah, tahukah Kamu..
Kekuatan itu tidak didapat dari bersantai-santai dan pekerjaan gampangan. Kamu bisa menanyakannya kepada para olahragawan, atlet binaraga misalnya. Segalanya datang dari kesulitan dan tantangan. Para atlet binaraga tahu bahwa mereka harus menempa semua otot mereka agar bertumbuh. Dan sama dengan hal itu, karakter Kamu akan ditempa dengan kesulitan yang Kamu temui.

Tanpa kesulitan, kita tidak akan mengenal kenikmatan, apalagi menikmatinya. Kesulitan dalam hidup, hanyalah demi Kamu lebih mengenali kenikmatan hidup. Setiap rintangan yang berhasil diatasi, akan membuat Kamu menjadi lebih kuat. Setiap tantangan yang Kamu lewati, menghasilkan kegembiraan yang lebih sempurna.

sebuah kisah menarik

Konon di satu saat yang telah lama berlalu, Elang dan Kalkun adalah burung yang menjadi teman yang baik. Dimanapun mereka berada, kedua teman selalu pergi bersama-sama. Tidak aneh bagi manusia untuk melihat Elang dan Kalkun terbang bersebelahan
melintasi udara bebas.

baca kisah selengkapnyaa..

cinta yang sebenarnya,

3 Komentar


bismillahirahmanirahim,

kawanku semua yang dirahmati Allah, jika bicara tentang cinta pasti tak akan pernah habis kata-kata ini mengungkapkannya.. cinta, wanita, bahagia, seakan-akan ketiga kata itu sudah melekat dari bibir setiap pria. ya to tidak kawan,?

kita ini diciptakan berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada panas ada dingin ada laki-laki ada perempuan dan semua itu guna untuk melengkapi satu dengan lainnya..

sebuah kisah, istri yang penyabar

Seorang wanita di hadapanku memang tak secantik Cinderela dengan sepasang sepatu kacanya ataupun semempesona Nirmala dengan tongkat ajaibnya. Tapi dia adalah orang yang paling aku cintai. ISTRIKU.

baca kisah selengkapnya..

coba melompatlah lebih tinggi ?

1 Komentar


bismilllahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, lihatlah negara kita tercinta indonesia negara yang gemah ripah loh jinawe bermacam-macam budaya diadalamnya namun penuh problematika yang tak habis-habisnya, dimulai dari penguasanya bnyak yang korupsi, politik yang tidak sehat, bahkan sampai pada krisis social yang tinggi dimana-mana banyak rakyat menderita kelaparan. busung lapar, kemiskinanan didepan mata hingga memicu kejahatan dimana-mana? siapa yang salah?

kita warganya? pemerintahannya? atau system yang mengaturnya?

apa yang harus kita berbuat? berdiam diri? to berjuang meraih perubahan?

sebuah kisah pembangkit semangat..

Seekor belalang telah lama terkukung dalam sebuah kotak. Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya. Di perjalanan dia bertemu dengan seekor belalang lain. Namun dia keheranan mengapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.

baca kisah selengkapnya…

oh ayah, maafkan aku

1 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, ayah apa arti ayah buatmu kawan? ayah, papa, bapak entah apa panggilan tersayang kamu untuk ayahmu tercinta. Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, ibumulah-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng. Tapi tahukah kamu kawan, bahwa sepulang ayah bekerja dan dengan wajah lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat kamu menangis merengek meminta  mainan yang baru, Mama menatapmu iba.Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang” Tahukah kamu, Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

sebuah kisah menarik

Seorang pemuda sebentar lagi akan di-wisuda, sebentar lagi dia akan menjadi seorang sarjana, akhir dari jerih payah-nya selama beberapa tahun di bangku pendidikan.

Beberapa bulan yang lalu dia melewati sebuah showroom, dan saat itu dia jatuh cinta kepada sebuah mobilsport, Selama beberapa bulan dia selalu membayangkan, nanti pada saat wisuda ayahnya pasti akan membelikan mobil itu kepadanya.

Dia yakin, karena dia anak satu-satunya dan ayahnya sangat sayang padanya, sehingga dia yakin banget nanti dia pasti akan mendapatkan mobil itu. Dia pun berangan-angan mengendarai mobil itu, bersenang-senang dengan teman-temannya. Bahkan semua mimpinya itu dia ceritakan ke teman-temannya.

baca kisah selengkapnya…

setangkai mawar buat ibu

2 Komentar


Bismillaihairahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati, sudah ingat kan sewaktu masa kecil kamu, yang selalu dipeluk dan dimanja oleh orang tuamu, terlebih lebih oleh ibumu. ibu lah yang selalu memberikan kasih sayang berlebih kepadamu, ibulah yang mengajarkanmu banyak hal, ibupum yang menunjukkan padamu  kebaikan, lantas bagaimana jika ibu yang kita sayangi terlebih dahulu meninggalkan kita? masihkah engkau menyanyangi beliau sebagiaman ia menyanyangimu saat ia  masih hidup? kawan.. ada yang mau jawab….????

sebuah kisah…..

Seorang Pria memasuki sebuah toko bunga. Dia memesan seikat bunga yang dapat dikatakan sangat indah, untuk dikirimkan kepada ibundanya yang tinggal sejauh 300 km di kota lain sebagai ucapan ulang tahun untuknya. Setelah selesai dan mencatatkan alamat ibunya, dia pun keluar.

Ketika akan memasuki mobilnya, dia melihat seorang gadis kecil di ujung jalan sedang menangis tersedu-sedu. Dia pun menemui gadis kecil itu dan bertanya, “Kenapa sayang?”

baca kisah selengkapnya…

ingatlah saat engkau kecil

9 Komentar


bismillahirahmanirahim
kawanku semua yang dirahmati Allah, masa kecil adalah masa yang paling indah, masa dimana tercurahkan semua kasih sayang orang tua kepada kita, masa dimana kita dimanja-maja, apalagi bagi orang tua yang baru punya anak yang pertama, semua kasih sayang pasti tercurahkan kepadanya, namun yang menjadi pertanyaan saya ? apakah kita mampu setelah dewasa memanjakan orang tua dengan kasih sayang yang tulus? apakah engkau mampu kawan?
sebuah kisah menarik….renungan setelah engkau dewasa…
Sang anak asyik membaca koran, sedang sang ayah tampak hanya diam terpekur memandangi tanaman. Ketika tiba-tiba seekor burung pipit hinggap di dedaunan tanaman yang berada didekat sang ayah, ia bertanya kepada anaknya,
“Nak, Apakah itu?”.
Setelah melihat sejenak kearah tanaman sang anak menjawab ringan,

“Itu burung pipit yah”, kemudian ia melanjutkan membaca koran.

baca kisah selengkapnya…

Duhai ibu, hati-hatilah mendoakan anakmu

7 Komentar


bismillahirahmanirahim. sahabtku semua yang dirahmati Allah, setelah engkau tadi membaca betapa mulianya seorang ibu, yang tak bisa digantikan apapun, allah pun mengistimewakan ibu dengan doa yang cepat diijabahi, bahkan seribu ulama jika dikumpulkan terus berdoa bersama takkan mampu menyaningi doa seorang ibu yang tulus, betapa mulianya ibu bukan? lantas jika engkau berbuat salah kepada ibu terus mereka mendoaakan yang buruk padamu? apakah juga langsung dikabulkan Allah ? seperti cerita malin kundang? kasihan kan anaknya? nah doa semacam inilah yang seharusnya dihindari untuk diucapkan… sebuah kisah doa ibu kepada anak yang durhaka Dahulu kala ada seorang pemuda di negri Arab yang dihormati orang sekitarnya karena kebaikannya dan amalnya. Ilmunya pun tinggi, ibunya sangat bangga padanya. Suatu hari, anaknya meminta izin untuk peergi ke Mekah, ia ingin menimba ilmu di sana. Namun sang ibu merasa keberatan. Ibu nya takut kesepian, ditambah anaknya yang akan tinggal di mekah dalam beberapa tahun. baca kisah selengkapnya…

mulianya engkau ibu

8 Komentar


bismillahirahnirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, pernah dengar dibalik kesuksesan seorang anak terdapat sesosok ibu yang hebat, saya rasa pernahlah wong kata ini begitu populer, ibu memang tak ada dua-nya didunia ini, smua kasih dan perhatiannya diberikan dengan tulus kepada anak-anaknya… namun sayang kita sebagai anak, kadang berlaku yang tidak mengenakkan sehingga seringkali ibu menjadi terluka hatinya…

sebuah kisah menarik..

Kisah ini adalah kisah nyata sebuah keluarga yang sangat miskin, yang memiliki seorang anak laki-laki. Ayahnya sudah meninggal dunia, hanya tinggal ibunya yang sudah tua dan anak laki-lakinya saja yang saling menopang.sbacabuku, anaknya tersebut hanya diterangi sinar lampu minyak, sedangkan ibunya dengan penuh kasih sayang menunggui anaknya sambil menjahitkan baju untuk sang anak.

baca kisah selengkapnya…

putri sholehah itu seperti apa sih?

2 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, Anak-anak adalah anugerah dari Allah swt yang tentunya sangat berharga bagi orangtuanya. Anak-anak juga merupakan amanah yang dipercayakan Allah swt kepada orangtua, yang harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar mereka bisa mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat. saya tahu dari semua orang tua yang ada didunia terlebih dia islam pasti menginginkan putra putrinya menjadi yang sholeh dan sholehah, namun menbentuk menjadi sholeh dan sholehah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan dan kerja keras juga diiringini niat tulus dan doa yang tak henti-henti.. lalu bagaimana sih sing disebut sholehah itu?

ada yang tahu..?

sebuah kisah bacalah dengan seksama…

Aku akan meriwayatkan kepada anda kisah yang sangat berkesan ini, seakan-akan anda mendengarnya langsung dari lisan ibunya.
Berkatalah ibu gadis kecil tersebut:

Saat aku mengandung putriku, Afnan, ayahku melihat sebuah mimpi di dalam tidurnya. Ia melihat banyak burung pipit yang terbang di angkasa. Di antara burung-burung tersebut terdapat seekor merpati putih yang sangat cantik, terbang jauh meninggi ke langit. Maka aku bertanya kepada ayah tentang tafsir dari mimpi tersebut. Maka ia mengabarkan kepadaku bahwa burung-burung pipit tersebut adalah anak-anakku, dan sesungguhnya aku akan melahirkan seorang gadis yang bertakwa. Ia tidak menyempurnakan tafsirnya, sementara akupun tidak meminta tafsir tentang takwil mimpi tersebut.

baca kisah selengkapnya…

setiap proses pasti tidak enak

2 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, hidup itu berjalan sesuai garis yang di tetapkan, ya memang benar adanya. saat kita kecil menjadi remaja dan sekarang dewasa adalah bagian dari garis yang telah ditetapkan, kita pun tidak bisa menghilangkan satu saja bagian tersebut karena adanya hubungan keterkaikan, dosenku bpak wahyu hidayat ST, pernah berkata; “sesuatu, jika baru dibentuk pasti tidak enak”, kawan adakah yang tahu dengan statemen yang dikeluarkan beliau, ???? ya sesuatu jika baru dibentuk sungguh tidak enak, roti misalnya, dari awal bahanya adalah tepung kemudian dikasih air, dimixer, di kasih gula dan terakhir di open, nah proses pembentukan roti tersebut sungguh tidak enak, namun setelah menjadi roti yang enak maka akan tahu,  proses yang baik akan menghasilkan output yang baik pula…

sebuah kisah menarik

Sepasang kakek dan nenek pergi belanja di sebuah toko suvenir untuk mencari hadiah buat cucu mereka. Kemudian mata mereka tertuju kepada sebuah cangkir yang cantik. “Lihat cangkir itu,” kata si nenek kepada suaminya. “Kau benar, inilah cangkir tercantik yang pernah aku lihat,” ujar si kakek.
Saat mereka mendekati cangkir itu, tiba-tiba cangkir yang dimaksud berbicara “Terima kasih untuk perhatiannya, perlu diketahui bahwa aku dulunya tidak cantik. Sebelum menjadi cangkir yang dikagumi, aku hanyalah seonggok tanah liat yang tidak berguna. Namun suatu hari ada seorang pengrajin dengan tangan kotor melempar aku ke sebuah roda berputar.

baca kisah selengkapnya…..

kenapa harus takut menikah?

8 Komentar


Bismillahirahmanirahim

Kawanku semua yang dirahmati, seorang sahabat bertanya kepada saya:

Ni pertanyaanya….

mumpung keingetan,tadi siang ada sedikit debat ma temen kantor
kawan, di Islam apakah tidak menikah berdosa? Trs dahulu juga ada ulama2 yang semasa hidupnya tidak menikah, itu gimana?
Trus ada hadits yg bilang jika menikah adalah sunnah rasul, n yang tidak menaatinya bukan golongannya diakhirat nanti, dihubungkan ke pertanyaan diatas i2 gimana?
Mnta pnjelasan ya, coz ne topik yg tadi siang temen ane debatin! Afwan kalo agak panjang. Intinya c ga nikah…dosa ga?

Dari pertanyaan diatas, saya garis besarkan, hukum bagi yang tidak menikah dosa atau tidak, ulama yang tidak menikah kenapa, hadist rosul yang disebutkan diatas bagaiman konrteks hubunganya…

Kawanku semua yang baik, adakah yang tahu kira-kira apa jawabannya

Pelan-pelan kita jawab sama-sama…perhatikan kata yang aku cetak tebal sebagai bahan renungan bersama….

  1. 1.       Untuk menjawab pertanyaan pertama apakah tidak menikah itu dosa?

Penejelasan oleh DR. Amir Faishol Fath

Kita hidup di zaman yang mengajarkan pergaulan bebas, menonjolkan aurat, dan mempertontonkan perzinaan. Bila mereka berani kepada Allah dengan melakukan tindakan yang tidak hanya merusak diri, melainkan juga menghancurkan institusi rumah tangga, mengapa kita takut untuk mentaati Allah dengan membangun rumah tangga yang kokoh? Bila kita beralasan ada resiko yang harus dipikul setelah menikah, bukankah perzinaan juga punya segudang resiko? Bahkan resikonya lebih besar. Bukankankah melajang ada juga resikonya?

baca selengkapnya…

syair cinta ulama

Tinggalkan komentar


Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setetes embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.

Hamka

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.

baca selengkangnya disini…

haji dan umrah

Tinggalkan komentar


persentasi kelompok pertama, materi kuliah pendidikan agama islam oleh bapak Ismail Ibrahim Spd.I Mpd.I
Umrah (bahasa Arab: عمرة) adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Pada istilah teknis syari’ah, Umrah berarti melaksanakan Tawaf di Ka’bah dan Sa’i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari Miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.

Perbedaan umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.

Syarat ,Wajib, dan Rukun Umrah

Syarat untuk mengerjakan umrah sama dengan syarat untuk mengerjakan haji.Sedangkan rukun umrah adalah :

  1. Ihram
  2. Tawaf
  3. Sai
  4. Mencukur rambut kepala atau memotong sebagian(tahalul)
  5. Tertib

baca selengkapnya…

induksi elektromagnetik dan motor listrik

Tinggalkan komentar


bahan kuliah fisika dasar with ibu Fitri Wijayanti, S.Si, M.Eng

GGL Induksi

Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, membuat hipotesis (dugaan) bahwa medan magnet seharusnya dapat menimbulkan arus listrik. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis Faraday.
Berdasarkan percobaan, ditunjukkan bahwa gerakan magnet di dalam kumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan mendekati kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Jika magnet diam dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan menjauhi kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kiri. Penyimpangan jarum galvanometer tersebut menunjukkan bahwa pada kedua ujung kumparan terdapat arus listrik. Peristiwa timbulnya arus listrik seperti itulah yang disebut induksi elektromagnetik. Adapun beda potensial yang timbul pada ujung kumparan disebut gaya gerak listrik (GGL) induksi.
Terjadinya GGL induksi dapat dijelaskan seperti berikut. Jika kutub utara magnet didekatkan ke kumparan. Jumlah garis gaya yang masuk kumparan makin banyak. Perubahan jumlah garis gaya itulah yang menyebabkan terjadinya penyimpangan jarum galvanometer. Hal yang sama juga akan terjadi jika magnet digerakkan keluar dari kumparan. Akan tetapi, arah simpangan jarum galvanometer berlawanan dengan penyimpangan semula. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyebab timbulnya GGL induksi adalah perubahan garis gaya magnet yang dilingkupi oleh kumparan.
Menurut Faraday, besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan. Artinya, makin cepat terjadinya perubahan fluks magnetik, makin besar GGL induksi yang timbul. Adapun yang dimaksud fluks nmgnetik adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang.

baca selengkapnya disini…….

sabar itu seperti apa sih?

8 Komentar


Bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah,bicara dengan yang namanya sabar, apa itu sabar? kenapa harus bersabar? sebuah kata yang tak asing ditelinga kita, banyak orang yangtidak sabar saat musibah menimpanya, mereka bilang Sabar itu ada batasnya, ini adalah pemahaman yang sangat fatal. Dengan pemahaman seperti ini akan menyebabkan hati menjadi rapuh tidak akan tegar menerima segala ujian atau musibah dari Allah, yang akhirnya mengakibatkan batin menjadi “merana” banyak orang yang lepas kontrol dengan dalih “ sabar itu ada batasnya.”

Sesungguhnya sabar itu adalah perintah Allah swt, dengan demikian tidak akan ada batasnya. Ini sama saja halnya dengan shalat lima waktu, hanya bedannya, bila sholat dilakukan pada waktu-waktu tertentu sedangkan sabar dilakukan pada saat awal tertinpa musibah. Sedangkan musibah itu selama kita hidup tidak pernah akan berhenti
Seperti yang tertera dalam firman Allah berikut ini:

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan  bagi manusia, agar kamu menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya. (Al-Kahfi (18):7)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan : “ kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?(Al-Ankabuut (29):2)

sebuah kisah tentang memaknai kesbaran….

Prof. Dr. Khalid al-Jubair penasehat spesialis bedah jantung dan urat nadi di rumah sakit al-Malik Khalid di Riyadh mengisahkan sebuah kisah pada sebuah seminar dengan tajuk Asbab Mansiah (Sebab-Sebab Yang Terlupakan). Mari sejenak kita merenung bersama, karena dalam kisah tersebut ada nasihat dan pelajaran yang sangat berharga bagi kita.

Sang dokter berkata:
Pada suatu hari -hari Selasa- aku melakukan operasi pada seorang anak berusia 2,5 tahun. Pada hari Rabu, anak tersebut berada di ruang ICU dalam keadaan segar dan sehat.

baca kisah selengkapnya…

gagal itu hal yang biasa

1 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, setelah kemaren kita menfokuskan untuk menggali kekuatan terbesar yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan, nah ada pertanyaan, “bagaimana jika kita gagal, padahal semua kekuatan telah kita tampilkan,????.. kawan, siapa yang ingin gagal? hmmm, tanpa dijawabpun saya tahu tidak ada orang didunia ini yang pengen “gagal” dalam kehidupannya, entah itu masalah cinta, harta, maupun jabatan dan sebagainya…namun saya pertanyakan lagi, bagaimana jika kegagalan tidak bisa dielakkan dari kehidupan kita?   bagaimana kawan… hmmm tenang-tenang, sudah baca beranikah untuk gagal to belum,kawan? Setiap insan yang hidup di dunia ini tentu tak ingin mengalami kegagalan Namun sesungguhnya keberhasilan dan kegagalan adalah dua kata yang sangat berhubungan.Orang akan mengatakan berhasil manakala pernah mengalami kegagalan gagal itu biasa kawan, gak perlu diistemewakan.. yang terpenting adalah kekuatan tuk bangkit setelah kegagalan

bagaimana kawan mau bangkit to tidak….???

sebuah kisah singkat bacalah dengan seksama..

Alkisah, di tepi sebuah hutan, ada sekawanan monyet melihat pasukan berkuda melintas di depan mereka. Menyaksikan kegagahan para prajurit berkendara di atas pelana kuda, seekor monyet pun menyombongkan diri bahwa menunggang kuda itu masalah mudah!

Untuk membuktikan perkataannya, saat pasukan berkuda istirahat, si monyet mengendap-endap mendekati seekor kuda di sana. Hup! Dengan lincah, si monyet naik ke atas punggung kuda.

baca kisah selengkapnya..

coba lihat kekuatan dirimu?

7 Komentar


bismillahirahmamorahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, siapa diantara kalian yang tidak ingin sukses? coba angkat tangan terus kemukakan alasanya kenapa? saya yakin dengan seyakin yakinnya, semua orang ingin sukses, baik sukses didunianya maupun di akheratnya kelak, namun yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana caramu untuk mewujudkan kesuksesan itu, dengan secara instan kah, dengan berjuang keras to dengan meminta belas kasihan orang lain, lah ini lho yang kelak membedakan tingkat-tingkat kesuksesan itu sendiri. namun sayang kebanyakan dari kita, sukses selalu dipandang dengan kaca mata orang lain, bukan dipandang dari kemampuan kita untuk meraihnya, sehingga yang terjadi takut melangkah, takut gagal dan takut kecewa, padahal kita sebenarnya sama, semua orang berhak untuk sukses, bener ato tidak kawan…

sebuah kisah semoga menginspirasimu…..

Alkisah, di tengah samudra yang luas, saat air laut pasang, tampak ombak besar bergulung-gulung dengan gemuruh suaranya yang menggelegar, seakan ingin menyatakan keberadaan dirinya yang besar dan gagah perkasa.

Sementara itu, jauh di belakang gelombang ombak besar, terdengar gemericik suara ombak kecil bersusah payah mengikuti jejak si ombak besar. Tertatih-tatih, mengekor hempasan ombak besar. Si ombak kecil merasa dirinya begitu kecil, lemah, tidak berdaya, dan tersisih di belakang. Sungguh, terasa menyakitkan.

Dengan suaranya yang lemah, kurang percaya diri, ombak kecil bertanya kepada ombak besar. Maka sayup-sayup, terdengar serangkaian percakapan di antara mereka.

baca kisah selengkapnya…

please stop, berprasangka buruk

5 Komentar


bismillahirahmanirahim..

kawanku semua yang dirahmati Allah, masihkah kau ingat tulisan saya tentang kisah dibalik cerita stuart little, jika lupa baca disni lagi ya,  dalam cerita tersebut terdapatlah statement yang sangat berharga, ” engkau besar, sebesar perasaanmu…. hal yang sangat sulit dijumpai dalam kondisi seperti sekarang ini. dimana orang cenderung mudah putus asa daripada berusaha terus agar tercapai keberhasilan..

sebuah kisah menarik, bacalah dengan seksama…

Di dalam dunia ini sebenarnya tidak ada orang yang gagal atau tidak berhasil. Yang ada sebenarnya orang yang menyerah atau berhenti di tengah jalan dalam pencapaian tujuannya. Untuk lebih memahami maksud tersebut, marilah kita menyimak kisah seekor katak dan gajah di bawah ini.
Kisah ini menceritakan seseorang yang hampir putus asa dan menyerah dalam mencari jalan keluar untuk masalah-masalah yang dihadapinya. Orang tersebut telah berkali-kali mencoba berbagai cara agar usaha yang dia tekuni bisa mencapai tingkat kejayaan. Tetapi usahanya gagal.
Dalam keadaan putus asa saat itulah orang tersebut berusaha menenangkan pikirannya agar dapat berpikir lebih jernih dalam mencari jalan keluarnya. Maka orang tersebut pergi ke suatu desa yang tenang dan duduk di pinggiran anak sungai. Orang tersebut berkata dalam hatinya: “Apakah ini yang selalu dikatakan oleh orang-orang yaitu takdir? Apakah saya ditakdirkan untuk selalu gagal? Apakah saya ditakdirkan untuk menjadi orang yang tidak bisa berhasil?”

baca kisah selengkapnya…

keadilan itu seperti apa sih?

4 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang berbahagia, Allah SWT menetapkan bahwa setiap manusia masing-masing bertanggung jawab atas perbuatannya. Seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain dan tidak memperoleh pahala selain apa yang telah diusahakannya sendiri. Terhadap semua hasil usaha seseorang, Allah SWT akan membalasnya dengan balasan yang adil dan yang setimpal. tapi karena ketidaktahuan manusia seringnya manusia protes atas apa yang dipilhkan Allah baginya. apalagi jika yang ditentukan baginya itu tidak baik menurutnya…. tapi kawan, adil itu seperti apa sich, tahukah kamu???


beberapa kisah bacalah dengan seksama…

kisah 1 pertama

datanglah Seorang penunggang kuda yang masih muda Belia tampak begitu kelelahan dan kehausan. Karena itu, tatkala di suatu wadi yang bening airnya dengan tanaman rindang disekelilingnya, penunggang kuda itu menghentikan kudanya dan turun di tempat tersebut.

Ia berbaring, lalu meletakkan sebuah bungkusan disampingnya. Matahari sangat terik, namun di situ amat teduh, sehingga ia jatuh terpulas tanpa di sengaja. Ia tidur lelap setelah memuaskan dahaganya dengan meminum air bening di wadi tersebut.

baca kisah selengkapnya…

ketulusan cinta yang indah

4 Komentar


bismilahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, teringat sebuah puisi cinta anna alfathunisa dalam film ketika cinta bertasbih..

Sekalipun cinta telah kuuraikan dan kujelaskan panjang lebar.

Namun jika cinta kudatangi aku jadi malu pada keteranganku sendiri.

Meskipun lidahku telah mampu menguraikan dengan terang.

Namun tanpa lidah, cinta ternyata lebih terang

Sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya.

Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai kepada cinta.

Dalam menguraikan cinta, akal terbaring tak berdaya.

Bagaikan keledai terbaring dalam lumpur,

Cita sendirilah yang menerangkan cinta dan percintaan.

sebuah kisah menarik bacalah dengan seksama…

Ketika sedang merenovasi sebuah rumah ,seseorang mencoba merontokkan tembok. Rumah di Jepang biasanya memiliki ruang kosong diantara tembok yang terbuat dari kayu. Ketika tembok mulai rontok, dia menemukan seekor kadal terperangkap diantara ruang kosong itu karena kakinya melekat pada sebuah paku. Dia merasa kasihan sekaligus penasaran. Lalu ketika dia mengecek paku itu, ternyata paku tersebut telah ada di situ 10 tahun lalu ketika rumah itu pertama kali dibangun.

baca kisah selengkapnya…

induksi elektromagnetik

4 Komentar


GENERATOR

bahan kuliah fisika dasar with ibu Fitri Wijayanti, S.Si, M.Eng

Pada pembahasan sebelumnya tentang Medan Magnetik telah dijelaskan bahwa kuat dan arah medan magnetik dinyatakan oleh garis-garis gaya magnetik. Tahukah kamu… bahwa sesungguhnya Medan magnet tidak kasat mata namun bisa dibuktikan dengan mengamati penyimpangan jarum kompas atau serbuk halus besi di sekitar kawat berarus listrik.

Silahkan lihat video tautan di bawah ini:

Hal ini menyatakan bahwa:

  • Arus listrik dapat menghasilkan medan magnetik atau
  • Medan magnetik mengerjakan gaya pada kawat berarus listrik atau pada muatan bergerak.

Akibat dari pernyataan tersebut memunculkan pertanyaan :

“ Jika arus listrik dapat menghasilkan medan magnetik apakah medan magnetik juga dapat menghasilkan arus listrik ? ”.

Melalui berbagai percobaan, Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan jenius dari inggris akhirnya berhasil membuktikan bahwa arus listrik memang dapat dihasilkan dari perubahan medan magnetik. Peristiwa dihasilkannya arus listrik akibat adanya perubahan medan magnetik dinamakan induksi elektromagnetik, sedangkan arus yang dihasilkan dari induksi elektromagnetik dinamakan arus induksi. Penemuan ini dikenal dengan “Hukum Faraday”. Penemuan ini dianggap sebagai penemuan monumental. Mengapa? Pertama, “Hukum Faraday” memiliki arti penting dalam hubungan dengan pengertian teoretis tentang elektromagnetik. Kedua, elektromagnetik dapat dipergunakan sebagai penggerak secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang digunakan oleh Faraday dalam pembuatan dinamo listrik pertama.

download materi kuliah pertemuan ke 8 disini

Percobaan Faraday

Faraday Law

  • Ketika magnet digerakkan ( keluar- masuk ) dalam kumparan, jarum pada galvanometer akan menyimpang.
  • Ketika magnet tidak digerakkan (berhenti) dalam kumparan, jarum pada galvanometer tidak menyimpang (menunjukkan angka nol).
  • Penyimpangan jarum galvanometer ini menunjukkan bahwa di dalam kumparan mengalir arus listrik. Arus listrik seperti ini disebut arus induksi.
  • Arus listrik timbul karena adanya perubahan jumlah garis gaya magnet, yang mengakibatkan pada ujung-ujung kumparan timbul beda potensial. Beda potensial ini disebut gaya gerak listrik induksi (ggl induksi)

baca selengkapnya…

dan akupun tertipu

12 Komentar


bismilillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, kadang kita merasa kasihan melihat orang yang sedang kesusahan, ingin sekali menolong mereka, dengan memberinya kerja dan akhirnya dia bisa dapat uang untuk kebutuhan hidupnya, namun kadang niat baik, tidak selamanya dibalas dengan baik pula..

dan hari ini setelah menulis artikelku yang pertama tadi… aku mengalaminya..

seperti biasanya, sepulang dari kerja. MAKLUM saya kerja malem jadi pulangnya pagi, sampilah saya didepan rumah, masuk terus istirahat sebentar dikamar sambil membuat sebuah artikel yang sudah saya posting tadi, dari jendela tampak ada motor yang berhenti didepan rumah, tampak pemuda menghampiri pintu rumah saya..saya pun beranjak bangkit untuk menghampirinya..

permisi mas, mau nawarin rumput buat taman rumah mas ” maklum rumah saya masih baru belum ada rumputnya” dia keluarin sample rumput gajah mini..

berapa ? tanya saya. 25rb mas permeter jawabnya singkat, asumsi taman saya yang mau aku kasih rumput 3 x 3 meter, aku tawar 15rb kalau mau,kalau saya hitung, harga segitu adalah yang paling murah…

baca kisah selengkapnya…

Kenapa harus berbakti kepada orang tua?

11 Komentar


bismillahirahmanirahim.

kawanku semua yang dirahmati Allah, kenapa kita harus berbakti kepada orang tua? pertanyaan konyol sebenarnya… lah kok bisa, kan sudah jelas tentu sudah tahu jawabnya, orang tua yang merawat, mendidik dan mengasuh kita, orang tua yang menyekolahkan kita, yang memberi yang terbaik buat kita dan lainnya yang tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata. Seorang anak, meskipun telah berkeluarga, tetap wajib berbakti kepada kedua orang tuanya. Kewajiban ini tidaklah gugur bila seseorang telah berkeluarga. Namun sangat disayangkan, betapa banyak orang yang sudah berkeluarga lalu mereka meninggalkan kewajiban ini. Mengingat pentingnya masalah berbakti kepada kedua orang tua, maka masalah ini perlu dikaji secara khusus.

Jalan yang haq dalam menggapai ridha Allah ‘Azza wa Jalla melalui orang tua adalah birrul walidain. Birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) merupakan salah satu masalah penting dalam Islam. Di dalam Al-Qur’an, setelah memerintahkan manusia untuk bertauhid, Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan untuk berbakti kepada orang tuanya.

sebuah kisah….

Ini cerita dari Jepang kuno. Mudah2an bisa diambil hikmahnya…

Konon pada jaman dahulu, di Jepang ada semacam kebiasaan untuk membuang orang lanjut usia ke hutan. Mereka yang sudah lemah tak berdaya dibawa ke tengah hutan yang lebat, dan selanjutnya tidak diketahui lagi nasibnya.

Alkisah ada seorang anak yang membawa orang tuanya (seorang wanita tua) ke hutan untuk dibuang. Ibu ini sudah sangat tua, dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Si anak laki-laki ini menggendong ibu ini sampai ke tengah hutan. Selama dalam perjalanan, si ibu mematahkan ranting-ranting kecil. Setelah sampai di tengah hutan, si anak menurunkan ibu ini.

baca kisah selengkapnya…

%d blogger menyukai ini: