Beranda

Indahnya, mencium bau syurga

2 Komentar


bismillahirahmanirahim.

kawanku semua yang dirahmati Allah,Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah (air) di dalamnya hingga puas.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?”  Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Majelis-majelis taklim.”

sebuah kisah menarik bacalah dengan seksama…

Dalam sebuah hadits yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullahsaw bersabda, “Ada tujug golongan orang yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari tiada naungan seleain dari naunganNya… di antaranya, seorang pemuda yang tumbuh dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah.”

Dalam sebuah hadits shahih dari Anas bin an-Nadhir ra, ketika perang Uhud ia berkata, “Wah… angin Surga, sungguh aku mencium bau Surga yang berasal dari balik gunung Uhud.”

Seorang Dokter bercerita kepadaku, Pihak rumah sakit menghubungiku dan memberitahukan bahwa ada seorang pasien dalam keadaan kritis sedang dirawat. Ketika aku sampai, ternyata seorang pemuda yang sudah meninggal -semoga Allah merahmatinya. Lantas bagaimana detail kisah wafatnya. Setiap hari puluhan bahkan ribuan orang meninggal. Namun bagaimana keadaan mereka ketika wafat? Dan bagaimana pula dengan akhir hidupnya?

baca kisah selengkapnya..

siapa itu Ainul Mardiyah ?

5 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, syurga dengan segala kenikmatannya adalah idaman bagi orang-orang yang beriman, ya to tidak kawan? siapa diantara kalian yang tidak ingin pergi kesyurga, coba jawab?… siapa yang tak ingin dirindu syurga? emmm ada kata ainul mardiyah, siapakah ainul mardiyah itu kawan? adakah diantara kamu yang mengenalnya? jika ia coba kemukakan kepadaku, jika tidak bacalah….

sebuah kisah menarik dibawah ini….

Dalam suatu kisah yang dipaparkan Al Yafi’i dari Syeikh Abdul Wahid bin Zahid, dikatakan: Suatu hari ketika kami sedang bersiap-siap hendak berangkat perang, aku meminta beberapa teman untuk membaca sebuah ayat. Salah seorang lelaki tampil sambil membaca ayat Surah At Taubah ayat 111, yang artinya sebagai berikut :

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan sorga untuk mereka”

Selesai ayat itu dibaca, seorang anak muda yang berusia 15 tahun atau lebih bangkit dari tempat duduknya. Ia mendapat harta warisan cukup besar dari ayahnya yang telah meninggal. Ia berkata:”Wahai Abdul Wahid, benarkah Allah membeli dari orang-orang mu’min diri dan harta mereka dengan sorga untuk mereka?” “Ya, benar, anak muda” kata Abdul Wahid. Anak muda itu melanjutkan:”Kalau begitu saksikanlah, bahwa diriku dan hartaku mulai sekarang aku jual dengan sorga.”

baca kisah selengkapnya..

kyai para pelacur

10 Komentar


Bismillahirahmaniranim

kawanku semua yang dirahmati Allah, kiayi apa arti kiyai buatmu kawan? Tugas kyai sehari-hari yang dianggap penting  adalah berdakwah, mengajarkan dan memberi tauladan tentang hidup  yang seharusnya dijalankan menurut ajaran Islam yang dipahjaminya. Amanah itu tidak mudah ditunaikan. Mengajak kebaikan, dan sebaliknya melarang kemungkaran, ternyata  tidak selalu mudah ditunaikan. Semua orang tahu, bahwa berjudi, meminum minuman keras, dan lain-lain  itu, adalah  merugikan dan bahkan menurut aturan pemerintah maupun agama dilarang atau tidak boleh dilakukan.

sebuah kisah tentang kiayi yg nyentrik…

KYAINYA PARA PELACUR

Kyai Khoiron, sudah populer sebagai kiainya para pelacur di Surabaya.Sehari-hari ia menjadi guru ngaji, konsultasn psikhologi dan bapak, kakak, sahabat yang sangat akrab dengan gemuruh jiwa para pelacur yang bergolak. Dua puluh tahun silam, diam-diam ia dirikan sebuah pesantren di komplek pelacuran terbesar di Surabaya. Dan saat ini ada tujuh ratus anak-anak pelacur itu nyantri di pesantrennya.Jika senja mulai tiba, gincu-gincu mengoles bibir para pelacur itu,

baca kisah selengkapnya..

karomah para habaib

5 Komentar


gurumulia habib munzir almusyawwabismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, keistemewaan berupa mukjizat maupun karomah pasti diberikan kepada manusia yang dicintai Allah, yang dekat dengan Allah, para nabi dan rasul pasti kita sudah pernah membaca mukjizat mereka. nabi ibrahim yang tidak apa-apa saat dibakar, nambi musa, nabi isya dan semua nabi… memliki mukjizat, bahkan para wali pun tidak luput Allah anugerahkan kemulyaan2 kepadanya…

berikut ini kisah-kisah kemulyaan yang diberikan Allah kepada para habaib semoga menambah iman kita kepada Allah..

bcalah dengan bismillah terlebih dahulu semoga bermanfaat

Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas

Karomahnya sudah tampak sejak dalam kandungan ibundanya. Meski kehilangan penglihatan sejak kecil, ia giat menuntut  ilmu. Dialah salah seorang ulama besar Hadramaut.

Di Hadramaut ada seorang ulama besar, seorang wali yang sangat termasyhur karena karomah-karomahnya. Dialah Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas. Lahir pada 992 H / 1572 M di Desa Lisk, dekat Kota Inat, Hadramaut. Dia juga yang mula-mula mendapat gelar Al-Aththas, “orang yang bersin”. Disebut demikian karena, konon, ketika masih berada dalam kandungan ibundanya, Syarifah Muznah binti Muhammad Al-Jufri, ia sering bersin. Janin yang masih dalam kandungan bisa bersin, tentu hal ini merupakan hal yang luar biasa.

baca kisah selengkapnya…

Kenapa harus baca Alquran?

2 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, alquran.. siapa yang tidak tahu tentang alquran, tuntunannya dari sejak lahir hingga mati termuat didalamnya? siapa yang tidak kenal alquran? kenapa harus mempelajari Alquran? mengapa pula harus membaca alquran? dalam sholat kenapa harus baca surat2 alquran? Mungkin diantara kita ada yang bertanya, “Mengapa sih harus baca Al Qur’an?, toh kita juga gak tau artinya.” kan bisa juga baca buku-buku yang kita sudah tahu artinya malah mudah dipelajrai dan dihayati? kawanku semua yang dirahmati Allah, ada yang bisa jawab..?

coba jawab semua pertaanyaanku diatas.. jika tidak bacalah kisah dibawah ini semoga bisa menjawab apa yang aku tanyaakan itu..

sebuah kisah, bacalah dengan seksama…

SEORANG Muslim tua Amerika bertahan hidup di suatu perkebunan di suatu pegunungan sebelah timur Negara bagian Kentucky dengan cucu lelakinya yg masih muda.

Setiap pagi Kakek bangun lebih awal dan membaca Quran di meja makan di dapurnya. Cucu lelaki nya ingin sekali menjadi seperti kakeknya dan mencoba untuk menirunya dalam cara apapun semampunya.

baca kisah selengkapnya…

Berbuat baiklah pada musuhmu

8 Komentar


bismillahirahmanirahim.

sahabatku semua yang dirahmati Allah, hidup sering kali perbedaan sehingga menjadi kita benci kepada seseorang, bahkan marah, adu fisik dan sebagainya. Hidup di dunia ini kita harus berhati-hati dalam bertindak atau berbuat sesuatu, karena jika kita melakukan kesalahan sedikit saja , pasti hasil yang kita dapat tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan , kawan siapakah musuh kita? sesama muslim kita tidak boleh bermusuhan karena sejatinya kita ini bersaudara.. namun kepada orang yang mencoba menghancurkan islam itulah musuh kita yang sebenarnya? bagaimana cara kita menanggapi musuh kita? kawan adakah yang tahu…

sebuah kisah menarik bacalah dengan seksama..

Seorang ayah dengan tiga anak suatu saat mengumpulkan anak-anaknya, “wahai anak-anakku, berkumpullah”. “Aku memiliki mutiara berharga dan mulia, dan akan aku berikan kepada salah satu diantara kalian yang pernah mengerjakan perbuatan paling mulia”. Baik, siapa diantara ananda yang pernah melakukan perbuatan mulia?

baca kisah selengkapnya…

kenapa masih saja membid’ahkan sesat maulid ?

20 Komentar


bismillahirahmanirahim,

kawanku smua yang dirahmati Allah. kemaren malem, sebenrnya malam yang istimewa, karena kemaren ada acara maulidan oleh habieb munzir almusyawa di masjid baitul mustafa di kawasan MM2100 persis di depan PT Astra Honda Motor, sungguh maksud hati ingin datang namun kewajiban yang lebih utama mengurungku tuk datang, malam itu saya masih kuliah.. pulang kuliah jam 10 mlm, saya sudah sampai didaerah situ tapi rombongan jamaah dah pada pulang, sedihnya…

singkat cerita menjelang akhir pulang kerja saya ngobrol-ngobrol ringan dengan teman-teman saya, nah disinilah awal permasalahan terjadi… saya bertanya kepada salah satu teman saya, semalem ikut maulidan habieb munzir almusyawa di masjid baitul mustafa gak?

ngapain ikut, jawabnya.. acara seperti itu percuma, bikin badan capek saja, lho kok bisa… timpaku, dya bilang acara tersebut karena pengaruh sesosok habieb… Habieb itu apa? dya malah tanya seperti itu..kenapa bisa disebut habieb, toh putranya nabi yang lelekai sdah meninggal. dya malah mengkaitkan dengan fathimah. opininya fathimah itu kan istrinya ali jadi anaknya adalah keturunan ali tidak bisa dihubungkan dengan rasul, karena bin…bin…. gak nyampai pada rasul, dya tanya lagi bidah itu apa? … temenku mempersalahkan Habieb itu bagaimana? acara maulidan itu bidah, wong nabi gak pernah mencotohkan, sahabt jga tidak?…

dan banyak lagi… hal- hal yang tidak setuju dia lontarkan pada saya…

saya kadang senyum sendiri jika ada orang yang ngomong tapi dasarnya gak jelas. hanya menurut yang dia tahu, dia tidak mengkaji mana kebenaran yang paling hakiki, mana pendapat yang paling banyak diterina, dan mana saja yang diperbolehkan untuk diamalkan..

terjadilah diskusi ringan antara pro dan kontra… perdebatan lagi panas-panasnya… eh pimpinan saya datang, ini ada apa kok belum pada pulang? membicarakan masalah apa? kok serius amat? … karena kami merasa gak enak, jadi kami membicarakan maslah yang  lain terus beranggsur meninggalkan lokasi, scan out pulang…

terlepas ketidak puasan jawaban yang aqu tuturkan, dan diskusi yang nanggung jga ada pertanyaan dari sejumlah pengunjung tentang hukum maulid nabi, maka disni kita akan membahasnya lagi….. KAWANKU YANG BAIK, PERHATIKAN KATA-KATA YANG BERCETAK TEBAL….

KENAPA KITA MENYAMBUT MAULID NABI??? INILAH HUJJAH-HUJJAHNYA. KENAPA KITA MENYAMBUT MAULID NABI??? INILAH HUJJAH-HUJJAHNYA…

oleh Al-Asyairah Al-Syafii

SEJARAH PERINGATAN MAULID NABI

Siapakah orang yang pertama menyambut maulid Nabi???

Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh raja Irbil (wilayah Iraq sekarang), bernama Muzhaffaruddin al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata:

baca penjelasan selengkapnya…

ingat, kun fayakun

2 Komentar


bismilillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, kun fayakun Kalimat ini begitu sering terdengar oleh telinga kita, pa lagi yang setiap malam jumat baca surat yasin…jika kita sudah menthok semua kemampuan dan keterbatasan kita, maka kata kun fayakun selalu menjadi pengisi semangat agar tetap semangat kembali…

ada apa dengan kata kun fayakun seberapa hebatkah pengaruhnya? kawanku apakah engkau tahu…

manusia itu lemah, manusia tanpa punya daya apa-apa, Allah lah yang maha hebat, yang maha kuasa, yang bisa menentukan apapun, dan manusia sungguh tak punya daya untuk menyamainya…

 

sebuah kisah, semoga kita selalu tetap berharap pada Allah

 

Saya berkunjung ke negara Maroko untuk mengadakan pengobatan -operasi jantung- secara cuma-cuma khusus untuk kalangan fakir miskin dengan dana sukarela dari seseorang di Saudi Arabia.

Kunjungan itu saya awali dengan melakukan inspeksi (pemeriksaan dengan teliti yang dilakukan oleh pihak terkait) untuk mengetahui gambaran umum kondisi kesehatan di negara itu. Dalam acara ini saya ditemani oleh dr. Muhsin Ubaidillah yang bertindak sebagai asisten dan penterjemah, karena beliau adalah penduduk asli negara ini. Beliau juga melakukan banyak tugas dan pekerjaan dalam rangka menyukseskan acara saya ini. Semoga Allah membalas semua kebaikannya.

baca kisah selengkapnya,…

perjuangan butuh pengorbanan

1 Komentar


Bismillahirahmanirahim

Wahai Sahabatku yang terhebat, yang dirahmati Allah, tahukah Kamu..
Kekuatan itu tidak didapat dari bersantai-santai dan pekerjaan gampangan. Kamu bisa menanyakannya kepada para olahragawan, atlet binaraga misalnya. Segalanya datang dari kesulitan dan tantangan. Para atlet binaraga tahu bahwa mereka harus menempa semua otot mereka agar bertumbuh. Dan sama dengan hal itu, karakter Kamu akan ditempa dengan kesulitan yang Kamu temui.

Tanpa kesulitan, kita tidak akan mengenal kenikmatan, apalagi menikmatinya. Kesulitan dalam hidup, hanyalah demi Kamu lebih mengenali kenikmatan hidup. Setiap rintangan yang berhasil diatasi, akan membuat Kamu menjadi lebih kuat. Setiap tantangan yang Kamu lewati, menghasilkan kegembiraan yang lebih sempurna.

sebuah kisah menarik

Konon di satu saat yang telah lama berlalu, Elang dan Kalkun adalah burung yang menjadi teman yang baik. Dimanapun mereka berada, kedua teman selalu pergi bersama-sama. Tidak aneh bagi manusia untuk melihat Elang dan Kalkun terbang bersebelahan
melintasi udara bebas.

baca kisah selengkapnyaa..

cinta yang sebenarnya,

3 Komentar


bismillahirahmanirahim,

kawanku semua yang dirahmati Allah, jika bicara tentang cinta pasti tak akan pernah habis kata-kata ini mengungkapkannya.. cinta, wanita, bahagia, seakan-akan ketiga kata itu sudah melekat dari bibir setiap pria. ya to tidak kawan,?

kita ini diciptakan berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada panas ada dingin ada laki-laki ada perempuan dan semua itu guna untuk melengkapi satu dengan lainnya..

sebuah kisah, istri yang penyabar

Seorang wanita di hadapanku memang tak secantik Cinderela dengan sepasang sepatu kacanya ataupun semempesona Nirmala dengan tongkat ajaibnya. Tapi dia adalah orang yang paling aku cintai. ISTRIKU.

baca kisah selengkapnya..

coba melompatlah lebih tinggi ?

1 Komentar


bismilllahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, lihatlah negara kita tercinta indonesia negara yang gemah ripah loh jinawe bermacam-macam budaya diadalamnya namun penuh problematika yang tak habis-habisnya, dimulai dari penguasanya bnyak yang korupsi, politik yang tidak sehat, bahkan sampai pada krisis social yang tinggi dimana-mana banyak rakyat menderita kelaparan. busung lapar, kemiskinanan didepan mata hingga memicu kejahatan dimana-mana? siapa yang salah?

kita warganya? pemerintahannya? atau system yang mengaturnya?

apa yang harus kita berbuat? berdiam diri? to berjuang meraih perubahan?

sebuah kisah pembangkit semangat..

Seekor belalang telah lama terkukung dalam sebuah kotak. Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya. Di perjalanan dia bertemu dengan seekor belalang lain. Namun dia keheranan mengapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.

baca kisah selengkapnya…

oh ayah, maafkan aku

1 Komentar


bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, ayah apa arti ayah buatmu kawan? ayah, papa, bapak entah apa panggilan tersayang kamu untuk ayahmu tercinta. Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, ibumulah-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng. Tapi tahukah kamu kawan, bahwa sepulang ayah bekerja dan dengan wajah lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat kamu menangis merengek meminta  mainan yang baru, Mama menatapmu iba.Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang” Tahukah kamu, Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

sebuah kisah menarik

Seorang pemuda sebentar lagi akan di-wisuda, sebentar lagi dia akan menjadi seorang sarjana, akhir dari jerih payah-nya selama beberapa tahun di bangku pendidikan.

Beberapa bulan yang lalu dia melewati sebuah showroom, dan saat itu dia jatuh cinta kepada sebuah mobilsport, Selama beberapa bulan dia selalu membayangkan, nanti pada saat wisuda ayahnya pasti akan membelikan mobil itu kepadanya.

Dia yakin, karena dia anak satu-satunya dan ayahnya sangat sayang padanya, sehingga dia yakin banget nanti dia pasti akan mendapatkan mobil itu. Dia pun berangan-angan mengendarai mobil itu, bersenang-senang dengan teman-temannya. Bahkan semua mimpinya itu dia ceritakan ke teman-temannya.

baca kisah selengkapnya…

setangkai mawar buat ibu

2 Komentar


Bismillaihairahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati, sudah ingat kan sewaktu masa kecil kamu, yang selalu dipeluk dan dimanja oleh orang tuamu, terlebih lebih oleh ibumu. ibu lah yang selalu memberikan kasih sayang berlebih kepadamu, ibulah yang mengajarkanmu banyak hal, ibupum yang menunjukkan padamu  kebaikan, lantas bagaimana jika ibu yang kita sayangi terlebih dahulu meninggalkan kita? masihkah engkau menyanyangi beliau sebagiaman ia menyanyangimu saat ia  masih hidup? kawan.. ada yang mau jawab….????

sebuah kisah…..

Seorang Pria memasuki sebuah toko bunga. Dia memesan seikat bunga yang dapat dikatakan sangat indah, untuk dikirimkan kepada ibundanya yang tinggal sejauh 300 km di kota lain sebagai ucapan ulang tahun untuknya. Setelah selesai dan mencatatkan alamat ibunya, dia pun keluar.

Ketika akan memasuki mobilnya, dia melihat seorang gadis kecil di ujung jalan sedang menangis tersedu-sedu. Dia pun menemui gadis kecil itu dan bertanya, “Kenapa sayang?”

baca kisah selengkapnya…

ingatlah saat engkau kecil

9 Komentar


bismillahirahmanirahim
kawanku semua yang dirahmati Allah, masa kecil adalah masa yang paling indah, masa dimana tercurahkan semua kasih sayang orang tua kepada kita, masa dimana kita dimanja-maja, apalagi bagi orang tua yang baru punya anak yang pertama, semua kasih sayang pasti tercurahkan kepadanya, namun yang menjadi pertanyaan saya ? apakah kita mampu setelah dewasa memanjakan orang tua dengan kasih sayang yang tulus? apakah engkau mampu kawan?
sebuah kisah menarik….renungan setelah engkau dewasa…
Sang anak asyik membaca koran, sedang sang ayah tampak hanya diam terpekur memandangi tanaman. Ketika tiba-tiba seekor burung pipit hinggap di dedaunan tanaman yang berada didekat sang ayah, ia bertanya kepada anaknya,
“Nak, Apakah itu?”.
Setelah melihat sejenak kearah tanaman sang anak menjawab ringan,

“Itu burung pipit yah”, kemudian ia melanjutkan membaca koran.

baca kisah selengkapnya…

Duhai ibu, hati-hatilah mendoakan anakmu

7 Komentar


bismillahirahmanirahim. sahabtku semua yang dirahmati Allah, setelah engkau tadi membaca betapa mulianya seorang ibu, yang tak bisa digantikan apapun, allah pun mengistimewakan ibu dengan doa yang cepat diijabahi, bahkan seribu ulama jika dikumpulkan terus berdoa bersama takkan mampu menyaningi doa seorang ibu yang tulus, betapa mulianya ibu bukan? lantas jika engkau berbuat salah kepada ibu terus mereka mendoaakan yang buruk padamu? apakah juga langsung dikabulkan Allah ? seperti cerita malin kundang? kasihan kan anaknya? nah doa semacam inilah yang seharusnya dihindari untuk diucapkan… sebuah kisah doa ibu kepada anak yang durhaka Dahulu kala ada seorang pemuda di negri Arab yang dihormati orang sekitarnya karena kebaikannya dan amalnya. Ilmunya pun tinggi, ibunya sangat bangga padanya. Suatu hari, anaknya meminta izin untuk peergi ke Mekah, ia ingin menimba ilmu di sana. Namun sang ibu merasa keberatan. Ibu nya takut kesepian, ditambah anaknya yang akan tinggal di mekah dalam beberapa tahun. baca kisah selengkapnya…

Older Entries

%d blogger menyukai ini: