bismillahirahmanirahim

kawanku semua yang dirahmati Allah, setelah kemaren kita menfokuskan untuk menggali kekuatan terbesar yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan, nah ada pertanyaan, “bagaimana jika kita gagal, padahal semua kekuatan telah kita tampilkan,????.. kawan, siapa yang ingin gagal? hmmm, tanpa dijawabpun saya tahu tidak ada orang didunia ini yang pengen “gagal” dalam kehidupannya, entah itu masalah cinta, harta, maupun jabatan dan sebagainya…namun saya pertanyakan lagi, bagaimana jika kegagalan tidak bisa dielakkan dari kehidupan kita?   bagaimana kawan… hmmm tenang-tenang, sudah baca beranikah untuk gagal to belum,kawan? Setiap insan yang hidup di dunia ini tentu tak ingin mengalami kegagalan Namun sesungguhnya keberhasilan dan kegagalan adalah dua kata yang sangat berhubungan.Orang akan mengatakan berhasil manakala pernah mengalami kegagalan gagal itu biasa kawan, gak perlu diistemewakan.. yang terpenting adalah kekuatan tuk bangkit setelah kegagalan

bagaimana kawan mau bangkit to tidak….???

sebuah kisah singkat bacalah dengan seksama..

Alkisah, di tepi sebuah hutan, ada sekawanan monyet melihat pasukan berkuda melintas di depan mereka. Menyaksikan kegagahan para prajurit berkendara di atas pelana kuda, seekor monyet pun menyombongkan diri bahwa menunggang kuda itu masalah mudah!

Untuk membuktikan perkataannya, saat pasukan berkuda istirahat, si monyet mengendap-endap mendekati seekor kuda di sana. Hup! Dengan lincah, si monyet naik ke atas punggung kuda.

Kuda yang merasakan hentakan berat di atas punggungnya, terkejut. Ia juga merasa kesakitan karena tarikan erat pada surainya. Maka, ia pun segera meringkik, berlari kencang, sambil menggoyangkan liar badannya ke kiri dan ke kanan. Monyet yang tidak bisa mempertahankan keseimbangan badannya, terpelanting dan jatuh ke tanah dengan keras.

Hewan-hewan lain di hutan, ramai menertawakan kebodohan si monyet. Monyet pun tertunduk malu sambil menahan rasa sakit yang menjalari tubuhnya. Ternyata menunggang kuda tidak semudah yang ia kira!

Katanya, “Kapok deh. Cukup sekali saja aku menunggang kuda! Ternyata tidak sehebat dan seenak yang aku bayangkan. Memang sudah menjadi nasibku, aku tidak akan menunggang kuda lagi seumur hidupku. Aku tidak mau mengulangi lagi kesalahan yang sama.”

Saat itu, monyet yang tertua di kelompoknya menjawab, “Jatuh memang menyakitkan, tetapi bukan berarti di kemudian hari kamu tidak akan jatuh lagi, entah dari pohon dan darimana pun. Yang perlu ketahui dan dipelajari adalah mengapa kamu jatuh? Jika kita mau belajar untuk tahu kenapa bisa jatuh, maka kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.”

kawanku semua yang baik, Manusia semasa kecil dan mulai belajar berjalan, tidak peduli berapa kali kita terjatuh, mungkin sakit dan menangis, tetapi secara alami pasti akan bangkit lagi. Melalui proses jatuh bangun, akhirnya manusia bisa berjalan dan berlari seperti sekarang.

dulu saya juga begitu kawan, waktu kecil saya tidak bisa naik sepeda. padahal ibu saya sudah membelikan sepeda yang baru buat saya. temen saya yang sudah bisa naik sepeda datang menghampiri saya tuk mengajak ngaji bareng, maklum tempat ngaji kita lumayan jauh.. saya malu karena diejek temen-temen saya dikatain gak bisa naik sepeda, dulu logika saya gak masuk, masak sepeda dua roda tanpa peyangga dinaikin orang yang berat. kok gak jatuh… itu yang menghalangi saya tak mau naik sepeda, karena takut jauh.. namun setelah melihat temen yang senangnya bisa naik sepeda juga ejekan terhadp diri saya dari sanalah saya termotivasi belajar naik sepeda, awalnya saya kesusahan, sempat juga putus asa. karena jatuh berkali-kali. dengkul pada lecet,berdarah…  kejebur selokan bahkan nabrak orang yang jalanpun pernah… wong namanya belajar, namun darisanalah saya tahu trik-trik bersepeda yang benar, mulai dari mengendalikan setang, menjaga kecepatan, waktunya harus mengerem juga mengatur keseimbangan semua saya tahu karena berkali-kali jatuh naik sepeda, menggalahkan logika dan ego itu yang terpenting kawan dalam bangkit dari kegagalan… giman berani gak kawan??

Menurut Napoleon Hills dalam bukunya Think and Grow Rich, sikap takut gagal itu sangat keliru. “Tidak ada orang sukses yang tidak mengalami kegagalan terlebih dulu,”ucapnya. Contohnya, Thomas Alva Edison, penemu terbesar dalam sejarah dengan 1.000 penemuannya. Ia gagal 10.000 kali membuat bola lampu sebelum akhirnya menemukan formula yang tepat.

Einstein pun pernah tinggal kelas dan tidak lulus ujian sekolah sebelum menjadi ahli fisika ternama. Begitu juga Abraham Lincoln yang sering disebut-sebut sebagai “jawara gagal”. Ia gagal berbisnis dalam usia 21 tahun. Kegagalannya berlanjut saat pemilihan wakil presiden dan senat. Toh akhirnya Lincoln terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat dalam usia 52 tahun. Ia termasuk Presiden Amerika yang paling dihormati karena jasa-jasanya.

Kesimpulannya, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Oleh sebab itu jangan pernah takut dengan kegagalan atau kekalahan. Semuanya itu harus menjadi cambuk bagi Anda untuk bekerja dan berusaha lebih baik lagi

Sayangnya justru setelah dewasa, manusia yang sudah jauh lebih pandai, saat mengalami jatuh/ gagal walaupun tanpa rasa sakit, begitu takut untuk bangkit kembali.

Selagi masih muda kita perlu belajar mengenal lebih dekat sifat kegagalan. Bagi saya sendiri, kegagalan adalah vitamin kesuksesan, tidak ada orang besar di dunia ini yang bisa sukses tanpa mengalami kegagalan! Orang-orang sukses mampu mengetahui mengapa mereka gagal, sekaligus siap memperbaiki dan berani berjuang lagi demi mensukseskan apa yang menjadi cita-cita besar mereka.

Mari, jangan takut gagal! Pelajari dan ketahui mengapa kita gagal. Dapatkan jawabannya dan tetapkan target cari cara yang paling efektif, siap menjadi pemenang sejati.

kawanku semua yang baik…

jika kita ingin sukses maka jangan terlebih dahulu takut akan gagal… dan bila kita gagal sebaiknya kita berani bangkit dari kegagalan tersebut pelajari dan cari tahu mengapa kita gagal dengan begitu nantinya kita bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kita mengalami kegagalan.

Sadarkah kawan bila setiap kejadian, apapun itu apabila dimaknakan sebagai sesuatu, yang membuat Anda lebih berdaya maka akan menjadi suatu hal yang berguna untuk masa depan Anda. Tentu kita harus jujur bahwa itu adalah bentuk kegagalan, tapi arti yang kita berikanlah yang menentukan hidup kita.

Rasanya tidak ada orang-orang yang sukses baik di politik, bisnis atau bidang apapun yang tidak pernah gagal. Pasti pernah mengalami kegagalan. Hanya saja ada perbedaan, antara orang yang gagal dan orang yang sukses. Orang-orang yang gagal di luar sana ketika gagal memilih untuk berhenti. Keluar. Out !. Sementara orang-orang sukses, seperti Anda tahu justru menggunakan kejadian itu untuk membuatnya semakin gigih belajar dan terus melangkah.

Jadi gagal itu adalah pondasi kedua yang memang harus dinaiki. Bila memulai itu adalah pondasi pertama, maka Anda gagal itu artinya bagus karena tangga ketiga dan seterusnya menjadi tanda bahwa sukses semakin dekat ditangan Anda!

gimana kawan, beranikah mencoba untuk gagal?

poin-poin terpenting jika engkau tengah gagal kawan….

  1. Harus menyadari bahwa setiap usaha pasti mengandung resiko berhasil atau gagal.
  2. Allah hendak menguji daya tahan kita dengankegagalan agar kita semakin matang dalam menghadapi kehidupan.
  3. Selalu bersabar atas segala kegagalan namun jangan lupa bersyukur karena siapa tahu apa yang kita inginkan bukan yang terbaik untuk kita sehingga Allah tidak mengabulkan.
  4. yakin bahwa rencana Allah jauh lebih baik dari apa yang kita rencanakan.
  5. Menyadari bahwa yang pernah mengalami kegagalan bukan hanya kita maka jangan menganggap kit a sendiri yang mengalami kekecewaan. Kegagalan dan keberhasilan adalah hal yang wajar dalam setiap perjuangan.
  6. Menyadari bahwa setiap orang yang berhasil pasti terlebih dahulu diuji dengan berbagai hambatan ,rintangan dan berbagai kesulitan. Namun dengan keyakinan dan kesabaran kegagalan Insya Allah berbuah keberhasilan.Jika tidak hari ini semoga di masa depan.

perlu dicatat kawan…

kegagalan seseorang
adalah ketika dia selalu  
berfikir negatif tentang dirinya
tapi kesuksesan seseorang adalah

ketika dia selalu berfikir fositif tentang dirinya.

Byk kegaglan dlm hdup ini dikrnakan org2 tidak mnydari betpa dktnya mreka dgn kbrhasilan saat mreka mnyerah,
ingat kawan. jangan pernah menyerah walaupun gagal. karena kegagalan hanya waktu yang tertunda…. dan kamu adalah orang yang berhak untuk sukses….

kegagalan adalah memulai kembali sesuatu dengan cara yang lebih cerdas….

sebagai bahan motivasi buatmu

semoga bermanfaat

Iklan