visual basic 6.0mata Kuliah pemrograman Komputer with Bapak R. Hengki Rahmanto, ST.,M.Eng
bahasa pemrograman pasti mengenal yang namanya Microsoft Visual Basic 6.0 memang sangat menarik untuk di pelajari sebagai permulaan belajar bahasa pemrograman.

Komputer tak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Komputer hanyalah berupa alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan serangkaian tugas yang dibebankan kepadanya. Pembuat program disebut sebagai programmer.

Download handout pemrograman komputer materi disini dalam bentuk ppt. (password Protected)

Download VB 6.0 disini password funhacker

Download Microsoft Visual Basic 6.0

in ziddu ukuran 130 mb

Download visual studio 12 Express for windows 8 disini

BAHASA PEMOGRAMAN BEDASARKAN PERKEMBANGAN

A. MACHINE LANGUAGE
Bahasa pemrograman yg hanya dapat dimengerti oleh mesin yg didalamnya terdapat CPU yg hanya mengenal 2 keadaan yg berlawanan yaitu:
– Bila terjadi kontak (ada arus) bernilai 1;
– Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0.

B. LOW LEVEL LANGUAGE
Karena susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yg mudah diingat yg disebut dengan “Mnemonics” (pembantu untuk mengingat). Contohnya:
a: untuk kata Add (menambahkan);
b: untuk kata Substract (mengurangi);
Mov: untuk kata Move (memindahkan).
Bahasa pemrograman yg menerjemahkan Mnemonics disebutAssembler.

C. MIDDLE LEVEL LANGUAGE
Bahasa pemrograman yg menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memiliki instruksi-instruksi tertentu yg dapat langsung diakses oleh komputer. Contohnya adalah bahasa C.

D. HIGH LEVEL LANGUAGE

Bahasa pemrograman yg dalam penulisan pernyataannya mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman ini terbagi menjadi 2 yaitu:

Procedure Oriented Language

Scientific: digunakan untuk memcahkan persoalan Matematis/perhitungan. Contoh: Algol, Fortran, Pascal, Basic;

Business: digunakan untuk memcahkan persoalan dalam bidang bisnis. Contoh: Cobol, PL/1;

Problem Oriented Language
Misal: RPG (Report Program Generator).

E. OBJECT ORIENTED LANGUAGE
Bahasa pemrograman yg berorientasi pada obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsi-fungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yg dikehendaki saja. Contoh: Visual dBase, Visual Fox Pro, Delphi, Visual C, dll.

belajar visual basic :

Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. Visual Basic mudah dipahami terutama untuk programmer pemula karena visual basic merupakan bahasa pemograman dengan bahasa level tinggi, yang dimaksud level tinggi disini ialah hampir menyerupai bahasa manusia sehingga semakin tinggi bahasa pemerograman maka akan semakin mudah dipelajari demikian pula sebaliknya semakin rendah level bahasa pemrograman maka akan semakin sulitlah untuk dipelajari contohnya: Bahasa C dan yang lebih rendah lagi Bahasa Assembler dan yang terendah adalah bahasa mesin 101010110101.

kalau ditanya soal sejarah Ms Visual Basic saya tau nih dari Perjalanan VB 1 sampai VB 10 atau dikenal sekarang dengan VBx. Tapi untuk konsep pemograman masih kurang,….. jadi saya tidak bisa menulis contoh pemograman di blog ini.

fasilitas di visual basic 6.0

  1. Menu merupakan daftar perintah yang dikelompokkan dalam kriteria tertentu yang berfungsi melaksanakan sebuah perintah. Visual Basic 6 terdapat 13 menu utama yaitu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-In, Windows dan Help.
  2. Toolbar merupakan kumpulan tombol yang dapat melakukan sebuah perintah dengan cepat. Fungsi toolbar hampir sama dengan menu hanya toolbar berbentuk tombol-tombol yang susunannya tidak secara bertingkat. Contoh toolbar tersebut antara lain Add Form, Menu Editor, Save, Cut, Copy dan lain sebagainya.
  3. Form adalah tempat untuk meletakkan objek-objek yang digunakan untuk melaksanakan perintah yang diberikan. Pada bagian kanan atas form terdapat tombol Minimize, Maximize/Restore dan Close yang digunakan untuk mengatur tampilan jendela form.
  4. Window Code adalah jendela tempat menuliskan kode program. Semua kode perintah ditulis pada jendela ini. Pada bagian Window Code terdapat fasilitas kode editing yang cukup lengkap
  5. Toolbox adalah kumpulan objek yang digunakan untuk kontrol pada sebuah program. Toolbox terdiri atas beberapa tool yang kemudian ditempatkan pada sebuah form. Toolbox terdiri dari Pointer, Label, Image, Frame dan lain sebagainya.
  6. Project Explorer digunakan untuk melihat bagian-bagian proyek pembuatan aplikasi. Bagian-bagian tersebut dapat berupa project, form, data environment dan data report. Project Explorer ini berbentuk menu tree sehingga mempermudah dalam pengaksesannya. Pada jendela explorer terdapat tiga tombol kontrol tampilan antara lain Window Code untuk menampilkan kode, Window Project untuk menampilkan dalam bentuk visual dan Toggle Folder untuk pengelompokan jenis objek.
  7. Window Properties menampilkan semua properti dari obyek yang digunakan. Kita dapat mengubah setiap properti dari objek yang ada melalui jendela ini.
  8. Windows Form Layout utk mengatur letak form layar monitor.

Beberapa jenis teknik pemrograman yang telah pernah ada :

  1.       unstructured programming
  2.       procedural programming
  3.       modular programming
  4.       object-oriented programming

Sebetulnya visual basic sangatlah baik apabila digunakan untuk pembuatan aplikasi yang tepat serta menuntut kecepatan dalam pembuatannya,

Belajar pemrograman itu seperti belajar bela diri. Sering latihan, jadi lancar saat pakai jurus2nya. referensi belajar Langsung dari masternya:

*www.masinosinaga.com
*www.planet-source-code.com
*www.vb-bego.com
*www.a1vbcode.com
*www.vbcode.com
*www.freevbcode.com
*www.wolfebyte.com
*www.vbaccelerator.com
*www.vbcodesource.com
*www.arcatapet.net/vb.cfm
*www.vbexplorer.com
*www.codeitbetter.com
*www.fullycoded.com
*www.codeproject.com
*www.codeguru.com
*www.programmersheaven.com
*www.vbtt.com
*www.vbapi.com
*www.abstractvb.com
*www.vb-world.net
*www.vb-matrix.de
*www.vb.oreilly.com
*www.vbfreeware.com
*www.vbsquare.com
*www.vbinformation.com

alternatif lain :

Kunjungi dan explore website ini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/default.aspx
Ini adalah website dari Microsoft Visual Studio Express. Versi Visual Studio yang gratis, yang bisa anda download dan install di komputer anda. Visual Studio adalah tool/software yang akan anda pakai dalam membuat program.
Dengan Visual Studio Express ini anda sudah bisa belajar untuk membuat berbagai jenis program/aplikasi:
– Desktop/Windows, atau program yang running di PC anda seperti halnya Word, Excel, Internet Explorer, dsb.
– Web, program yang anda akses via browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, dll. Misalnya: myspace.com, friendster, klikbca.com, dll
– Game, ya anda bisa membuat program game.
– Hardware/Robot, jika anda suka robot. Anda juga bisa bikin program untuk robot.
– Database, membuat program untuk menyimpan data.
Kalau mau langsung download Visual Studio Express, silahkan langsung ke sini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/aa975050.aspx

Download visual basic 2010 express :
http://www.microsoft.com/visualstudio/en-us/products/2010-editions/express

mohon gunakan serial number di bawah ini :
2KQT8-HV27P-GTTV9-2WBVV-M7X96
Atau:
YCFHQ-9DWCY-DKV88-T2TMH-G7BHP

Beberapa jenis teknik pemrograman yang telah pernah ada :

  1.        unstructured programming
  2.       procedural programming
  3.       modular programming
  4.       object-oriented programming

download handout pemrograman komputer materi disini

Download VB 6.0 disini password funhacker

Download Microsoft Visual Basic 6.0

in ziddu ukuran 130 mb

Download visual studio 12 Express for windows 8 disini

semoga bermanfaat.

Iklan