kamu hebatbismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah. berjalan terus berjalan tak terasa satu juta hits lebih blog ini dikunjungi para pembaca, tak terasa tak disangka semua mengalir apa adanya. blog ini bukan blog yang hebat, blog sederhana yang jauh dari kata sempurna, moga Allah meridhoi apa-apa yang kita lakukan.

sahabatku, dunia ini hebat, maka jika tak ingin dikalahkan oleh dunia, maka jadikan diri kita hebat, karena Kita takkan pernah jadi singa, si raja rimba, bila takut pada panasnya gurun pasir. Kita takkan pernah jadi elang, si raja langit, bila gentar pada gamangnya ketinggian. Jika kita takut apa-apa, maka takkan jadi apa-apa. Tak heran berani itu ajaib.

al-’ilmu qablal qauli wal ‘amal.  ilmu dahulu sebelum ucapan dan amalan. Karena itu, seseorang tidak dianggap menunaikan amalan dengan benar dan di atas petunjuk/syariat yang benar apabila dia mengamalkan sebuah amalan tanpa mengetahui ilmunya terlebih dahulu.

sungguh benar adanya, Ilmu harus dikawal HIDAYAH. Tanpa hidayah, seseorang yang berilmu menjadi SOMBONG dan semakin JAUH dari Allah. maka jangan heran jika banyak profesor, doktor yang kehilangan keberkahan ilmunya, karena “sesungguhnya semakin tinggi ilmu seseorang, seharusnya semakin takut pula ia pada dzat yang menghadirkan ilmu itu dadanya yaitu Allah SWT…

sebuah kisah menarik ambillah  pelajaran darinya.,

Pada masa kanak-kanaknya Imam Al Husain RA. seringkali ke masjid dan duduk dibawah mimbar Rasul SAW serta menghafalkan segala yang Nabi SAW Khutbahkan, kemudian Al Hussain kecil pulang dan menceritakan kepada Ibundanya Sayyidah Fathimah Az Zahra …..
Suatu kali Ibundanya menyiapkan satu kursi dan mendudukkan Al Hussain dikursi itu seraya berkata :


” BAIKLAH ANAKKU SAYANG…BERCERAMAHLAH SEPERTI KAKEKMU “

Al Hussain kecilpun menjelaskan apa yang dikatakan kakeknya Muhammad SAW di masjid dengan gaya bahasa yang sama.. Sayyidah Zahra pun bersyair tentangnya ”

ENGKAU SERUPA DENGAN AYAHKU……

ENGKAU TAK MIRIP DENGAN ALI…..

Imam Ali KW yang mendengar syair istri tercintanya pun tersenyum..

Suatu ketika Sayyidah Fatimah bercerita kepada Ayahandanya perihal keindahan tutur kata Al Hussain hingga Nabi SAW pun ingin menyaksikan dan mendengar langsung ceramah cucunya tersebut namun beliau berkata kepada putrinya :

“BARANGKALI DIA AKAN MALU JIKA MELIHATKU”

Karena nya Nabi SAW berencana bersembunyi dibalik tirai untuk menyaksikan dan mendengarkan Ceramah cucunya…

Nabi SAW pun bersembunyi dibalik tirai dan sayyidah Fathimah mempersiapkan Al Hussain untuk berceramah…..

Namun sungguh tak seperti biasanya hingga Az Zahra pun heran ketika menyaksikan putra kecilnya Al Hussain hanya berdiam diri tanpa sepatah kata yang keluar dari lisan mungilnya….

Lidah Al Hussain seolah kaku dan tak mampu berucap apapun hingga Az Zahra sgt Heran dan menanyakan keadaan putra nya tsb :

“Apa yg terjadi wahai anakku sayang? ”

Al Hussain menjawab keheranan ibunya :

“JANGANLAH HERAN WAHAI IBUKU…..LIDAHKU TAK MAMPU BERGERAK KARENA ADA PRIBADI AGUNG YANG BERADA DIBALIK TIRAI….JIKA SELURUH AHLI DAN PEMBICARA DI SELURUH DUNIA BERKUMPULPUN NISCAYA MULUT2 MEREKA AKAN TERKUNCI DIHADAPAN BELIAU ”

Mendengar ini Rasulullah SAW yg berada di balik tirai keluar dan memeluk cucunya Al Hussain ..
الحسن ثم الحسين # جدهم صلوا عليه
صلى الله عليه

sahabatku semua yang dirahmatu Allah.

Suatu ketika Imam Syafi’i pernah ditanya oleh seseorang, “Mana yang lebih hebat bagi seseorang, antara dikokohkan (dimenangkan) atau diberi ujian.” Lalu Imam Syafi’i menjawab, “Ia tidak dikokohkan sebelum diberi ujian” (لَا يُمَكَّنَ حَتَّى يُبْتَلَى(Ibnu Al-Qayyim: 283).

sahabatku, kita ber-Tuhan Allah SWT  Yang Maha Pemungkin, mengapa kita tidak mengupayakan diri menjadi pantas tentang pemungkinan itu, sehingga kata-kata apapun mungin (Anything is possible) menjadi menu harian kita, yang dari hari ke hari membuktikan bahwa, kalau kita bersyukur kita ikhlas melakukan yang kita lakukan dengan penuh kesungguhan. maka apapun mungkin. betul tidak kawan,.

sebuah Rumus sederhana akan berbunyiKalau kita melakukan hal-hal yang sama, kita akan dapat hal yang sama”
apa artinya : ? ya, jika takut apa-apa maka ya takkan pernah jadi apa-apa, simple kan..

padahal,
Pribadi-Pribadi  yang paling hebat adalah Pribadi-Pribadi yang selalu memiliki dan memegang pemahaman bahwa dia hebat bukan karena dirinya sendiri…
Pribadi-Pribadi ini selalu menyisihkan waktu untuk berbagi ilmu, berbagi pujian dan berbagi apa pun yang ia miliki untuk menghebatkan orang-orang di sekelilingnya…
Pribadi-Pribadi ini juga yang memiliki pemahaman, bahwa untuk menjadi besar cara terbaik dan satu-satunya adalah dengan membesarkan orang-orang di sekelilingnya…”

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan), sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” [QS. Al Baqarah: 214]

sahabatku, Kehidupan itu kurang atau lebih, kalau dihidupi dengan bahagia tidak terasa kurangnya. Banyak orang dalam hidupnya minta disetujui, padahal permintaannya ini negatif. Kenapa kita disuruh kembali ke fitrah ?, karena orang yang fitrahnya baik itu, rejekinya baik. Setiap orang itu ditunggu kepantasannya untuk berejeki baik. Maka perbaiki kepantasannya untuk dapat rejeki. Jika menua tidak sayang istri, kasar kepada anak, tidak amanah; maka rejekinya pun akan tertahan.

Kita sering mengeluhkan bahwa kita ingin menjadi seperti seseorang, tetapi tidak memiliki kekayaan / sarana / modal yang dimiliki oleh orang besar itu. Sadarilah bahwa semua orang besar itu adalah berasal dari orang kecil, tetapi mempunyai kesungguhan besar untuk melakukan, memulai apapun yang bisa dilakukannya. ya kan, teruslah berlari sampai kemalasan itu malas mengejarmu..

Orang-orang ini meyakini bahwa apapun mungkin bagi yang berupaya, lalu dalam perjalanannya ia menghasilkan, mencapai hal-hal yang kemudian membuat iri orang-orang yang hanya menginginkan kenikmatan.

Pastikanlah bahwa jika kita iri kepada seseorang, bukan iri atas kenikmatan yang sudah dicapainya; tapi iri tidak bisa menyamai kesungguhannya, tidak bisa menyamai keikhlasannya untuk memulai dari tempat dimana mereka berada, dengan kebesaran impian dan kesungguhan untuk mencapai dan membuktikan bahwa apapun mungkin, bagi orang yang ikhlas bekerja keras.

Jadi, janganlah menjadi orang yang malas, penunda, pengeluh, peragu dan malu mengatakan apapun mungkinKemungkinan baik adalah hadiah bagi yang mengupayakan. Marilah kita meyakini “apapun mungkin” adalah untuk orang-orang yang bersedia melakukan apapun untuk menjadikan dirinya berguna bagi dirinya, bagi keluarganya dan bagi sesama.

Jika ingin mendapatkan rezeki besar, maka pantaskan diri Anda untuk pantas berezeki besar. betul tidak kawan ?

sahabatku semua yang dirahmati Allah.

kadang banyak orang bertanya, Mengapa PERSOALAN yang SAMA bisa begitu berat bagi seseorang sementara bagi orang lain tidak? dan pertanyaan ini juga kadang saya tanyakan pada diri sendiri..

Jawabannya, pasti karena tiap-tiap orang MELIHAT dengan ALAT yang berbeda. Dan alat itu adalah HATI. Hati adalah CERMIN. Cermin yang JERNIH akan menampakkan gambar yang jernih. Tetapi manakala cermin kita dipenuhi KOTORAN, segala sesuatu akan tampak BURAM dan KUSAM. Demikianlah hati kita. Segala sesuatu akan tampak INDAH bagi kita manakala hati kita BERSIH. Tetapi manakala hati kita KOTOR segala persoalan akan menjadi RUWET. maka dari itu bertemanlah dengan diri sendiri, kenalilah dirimu, kenalilah hatimu, kenalilah kelebihanmu, kenalilah kekuranganmu kenalilah semua yang ada pada dirimu,

karena Teman terbaik adalah diri sendiri, jika orang merasa bahagia dan nyaman dengan diri sendiri, itu adalah orang yang lengkap. Teman itu disebut teman, kalau membantu kita jadi lebih baik; jika ada teman menghalangi kita untuk jadi baik, itu bukan teman. Orang baik itu baik kepada semua orang baik, termasuk kepada orang yang tidak baik sama kita, setuju kan ??

SAHABATmu yang SEJATI adalah orang yang JUJUR kepadamu, bukan orang yang selalu MEMBENARKANMU.

صديقك من صدقك لا من صدقك

lalu bagaimana cara bisa mengenali diri dan menjadi teman diri sendiri. ??

jawabnya ya tentu dengan ilmu. ilmu yang bagaimana ? ilmu yang berasal dari tuhannya Allah swt diturunkan lewat nabi Saw yang tersusun indah dalam quran dan hadistnya..

الجهل نار لدين مرء يحرقه ¤ والعلم ماء لتلك النار يطفيها

“KEBODOHAN ibarat API yang membakar agama seseorang ¤ ILMU ibarat AIR yang memadamkan api tersebut”

Orang yang mencintai ilmu Allah maka ia akan diistimewakan-Nya. sungguh Sulit bagi kita untuk menemukan kekuatan besar dalam semangat, dalam tenaga, pikiran dan bekerja; apabila yang kita lakukan terlalu sederhana, bahkan menurut orang lain tidak ada gunanya.

Tetapi kesungguhan menempel kepada sesuatu yang baik, terutama dalam pelestarian ilmu Tuhan. Kita berada dalam perlindungan khusus, karena Tuhan melindungi ilmunya, Tuhan melindungi budaya, keindahan yang menjadikan kebersamaan kita sebagai suku, ras atau bangsa, itu indah yang memuliakan.

“Ilmu itu yang PENTING bukan hanya pinternya membaca, bukan hanya pinternya pidato atau pinter macem-macem. Tapi bagaimana ilmu itu bisa MEWARNAI HATI. Sehingga hati tersebut bisa menuntun pada pemiliknya untuk menuju RIDLONYA ALLAH.” 

Kegigihan dalam mengupayakan tercapainya kebaikan, menyebarluaskan kebaikan untuk diterima sebanyak mungkin orang, sama dengan pemasaran produk secara global; sehingga orang yang ingin melestarikan budaya, harus mempelajari ilmu yang sama canggihnya dengan mereka yang berusaha menjual produk secara global.

Kita memang beriman dan itu indah, tetapi akan lebih indah lagi jika kita beriman dan berilmu, yang gigih melakukan yang kita lakukan, karena dengannya semoga semua yang kita inginkan dimungkinkan.Allah Maha Pemungkin, maka selalu kita yakini, “apapun mungkin”. betul tidak kawan…

ketahuilah kawan, Keraguan itu dibangun oleh kebaikan yang sudah ada ; tapi setan juga tahu kalau kita mau sukses, jadi dibuatlah ragu-ragu supaya kita tidak meneruskan. Maka belajarlah untuk tenang, untuk mengenali gejolak hati, jika kita galau karena apa?. Semua orang itu pernah galau dan akan tetap galau, itu wajar ; yang tidak boleh itu galau menaun. “galau kok dipelihara”

Maka jika kita ragu, tanyakan pada diri sendiri, apakah keraguan ini karena kita meinggalkan sesuatu yang baik, atau karena sedang menuju sesuatu yang lebih baik. Tidak setiap hal untuk setiap orang. Semakin sesuatu tidak pasti, semakin sesuatu itu mungkin.

Inginkanlah yang besar, tapi lakukan mulai dari yang sederhana; impikan yang besar, tapi ikhlash-kan mengawali dari yang sederhana. Allah kita Maha Pemungkin, tinggal kita membuat lebih pantas untuk yang dimungkinkan. Mintalah yang besar, ikhlash-lah mulai dari yang kecil.

Hidup dengan penuh keimanan sangat indah, tetapi hidup beriman dan berilmu adalah hal yang lebih baik.

sahabatku semua yang dirahmati Allah.

Mengapa kita merasa hidup kita ini selalu penuh kekurangan? Tidak lain karena kita selalu membanding-bandingkannya dengan hidup orang-orang di atas kita. Orang-orang penghuni rumah besar akan merasakan kesempitan jika mereka membandingkan rumahnya dengan rumah yang lebih besar. Para pemilik mobil mewah akan segera merasakan kekunoan mobilnya jika ia membandingkan mobilnya dengan mobil yang lebih lux. Bahkan, para suami yang beristri cantik juga akan kehilangan kecantikan istrinya jika ia selalu melirik wanita-wanita yang lebih cantik dari istrinya.

hidup itu “sawang sinawang” melihat dilihat, engkau melihat saya sukses, saya juga melihat engkau sukses, ukuran bahagia itu “syukur kawan” semakin banyak syukur semakin itu pula engkau bahagia. bukan karena kita bahagia kita syukur tapi karena syukur kita menjadi bahagia.

Kamu tidak mendapati dalam dirimu semua yang kamu inginkan

Mengapa kamu ingin semua orang menuruti keinginanmu? 

أنت لم تجد من نفسك كل ما تريد فكيف تريد من الناس كل ما تريد؟

(الحبيب عبد الرحمن بن مصطفى العيدروس)

ya Allah, karuniakanlah kami, ilmu yang sebanyak-banyaknya untuk persinggahan kami didunia ini menuju syurgamu amien..

disarikan dari berbagai sumber.
semoga bermanfaat.

Iklan