Mata Kuliah Teknik Pengaturan oleh Bapak Yopi handoyo ST,.MT
Buku rujukan Katsuhito OGATA, Teknik Kontrol Automatik, Erlangga, 1991 (jilid 1)

teknik pengaturan
Teknik pengaturan, memegang peranan penting dalam era teknologi masa kini dan akan bertambah besar dan keterkaitannya hampir dalam setiap kegiatan manusia di masa yang datang, dari dalam rumah sampai ke antariksa. Pengaturan ototmatik bukan saja memudahkan dan meningkatkan prestasi kerja instalasi, tetapi membantu manusia atau menggantikan sebagian dari tugasnya

Teknik Pengaturan, merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang perkembangannya begitu pesat terutama dengan dikembangkannya penggunaan komputer digital sebagai suatu sarana pengaturan. Memang, di perguruan tinggi teknik, mata kuliah ini di kenal sebagai Kontrol Otomatik, Sistem Pengaturan, Teknik Pengaturan, Sistem Kendali ataupun Sistem Servo. Istilah-istilah ini pada dasarnya disesuaikan dengan bidang penerapannya yaitu apakah di industri, mesin-mesin, rangkaian listrik, peralatan listrik, dalam penerbangan, pengintrolan jarak jauh, ataupun pemakaian lainnya.

download teknik pengaturan–tranformasi laplace
download teknik pengaturan
Automatic Control System


Pengertian pengaturan otomatik
, berhubungan dengan cara-cara mengontrol nilai parameter dari suatu sistem fisis atau kimia

secara otomatis. Cara tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan-peralatan mesin yang dirancang bekerja secara otomatis, sehingga interfensi manusia akan sekecil mungkin. Diharapkan peralatan tersebut dirancang cukup sederhana atau rumit sangat tergantung pada jenis pemakaian dan tingkat kualitas pengaturan yang diinginkan.

Masalah pokok dalam suatu sistem pengaturan adalah stabilitas, dan ini akan terjadi pada sistem pengaturan yang diakibatkan oleh pemakaian suatu sistem umpan-balik dalam setiap pengaturan tersebut. Dengan demikian, tujuan utama dalam sebuah sistem pengaturan otomatik adalah untuk mendapat kestabilan melalui pemilihan komponen, elemen dan bentuk yang lebih sesuai.

Daftar Rujukan :

 

  1. Katsuhito OGATA, Teknik Kontrol Automatik, Erlangga, 1991
  2. Pakpahan.S, Kontrol Otomatik, Erlangga, 1994
  3. Richard C. Dorf, Modern Control Systems, Addision-Wesley, 1980
  4. John Van de Vegte, Feedback Control Systems, 1986
  5. Pirnadi, Modul, hand out, Teknik Pengaturan, 2007

 

Iklan