defleksiMata kuliah Fenomena dasar mesin oleh bapak  A. Muhazir ST MT.

Pengujian defleksi penting dilakukan pada balok/ benda yang akan diuji, untuk mengetahui defleksi yang menjadi salah satu faktor bagi perancang konstruksi mesin maupun bangunan dalam mendapatkan konstruksi yang kokoh atau mampu menerima beban sesuai rancangan.

Bagi mahasiswa Teknik Mesin yang mempelajari mekanika teknik, dan mengikuti pratikum fenomena dasar, penentuan defleksi menjadi pengetahuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat merancang suatu konstruksi mesin.

Dalam perencanaan sangat penting diperhatikan dalam adalah perhitungan defleksi/lendutan dan tegangan pada elemen-elemen ketika mengalami suatu pembebanan. Hal ini sangat penting terutama dari segi kekakuan (stiffness) dan kekuatan (strength), dimana pada batang horizontal yang diberi beban secara lateral akan mengalami defleksi.

DOWNLOAD HASIL LAPORAN

Defleksi dan tegangan yang terjadi pada elemen-elemen yang mengalami pembebanan harus pada suatu batas yang diijinkan, karena jika melewati batas yang diijinkan, maka akan terjadi kerusakan pada elemen-elemen tersebut ataupun pada elemen-elemen lainnya.

Tujuan Praktikum

Beberapa tujuan praktikum ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Mengetahui fenomena defleksi pada batang prismatik.
  2. Membuktikan kebenaran rumus-rumus defleksi teoritis dengan hasil percobaan.Manfaat Paktikum

Adapun manfaat dari partikum pengujian defleksi sebagai berikut :

  1. Dapat mengetahui fenomena yang terjadi akibat adanya defleksi.
  2. Dapat dijadikan acuan untuk pengukuran nilai defleksi suatu balok.
  3. Membantu mahasiswa dan perancang untuk menentukan defleksi suatu balok.

semoga bermanfaat.

Iklan