Mata kuliah Metodologi Penelitianmetode penelitian Oleh H. Ahsan ST,.MT

Metodologi penelitian merupakan cara berfikir dan berbuat yang dipersiapkan secara matang dalam rangka untuk mencapai tujuan penelitian, yaitu menemukan, mengembangkan atau mengkaji kebenaran suatu pengetahuan secara ilmiah atau untuk pengujian hipotesis suatu penelitian.

[wikipedia] Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode.

Salah satu unsur terpenting dalam metodologi penelitian adalah penggunaan metode ilmiah tertentu yang digunakan sebagai sarana yang bertujuan untuk mengidentifikasi besar kecilnya objek atau gejala dan mencari pemecahan masalah yang sedang diteliti, sehingga hasil yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah. Pada dasarnya fakta-fakta tidak tergeletak disekitar begitu saja tetapi butuh suatu metode untuk mengetahui dan mengambil masalah tersebut.

Manfaat belajar Metodologi Penelitian : mampu memahami konsep, jenis dan metode penelitian, memahami dan mampu melakukan seluruh proses pada metode penelitian, mampu melakukan analisis terhadap data hasil penelitian,  mampu melakukan penulisan paper hasil penelitian, mampu melakukan presentasi hasil penelitian yang telah dilakukan

Referensi yang bisa di Download

1. Metodologi Penelitian
2. Metodologi Penelitian oleh Prof. Daud malamassam
3. Metodologi Penelitian Prof. Dr Suryana. M.si
4. Pengertian Research Metodologi

Research Metodologi about Computer ditulis oleh Prof. Romi Satria Wahono

Slide:

  1. Pengantar Penelitian
  2. Tahapan Penelitian
  3. Masalah Penelitian
  4. Literature Review
  5. Struktur Penulisan Tesis
  6. Kesalahan Penulisan Tesis
  7. Metode Eksperimen
  8. Pengujian Tesis
  9. Publikasi Penelitian

semoga bermanfaat.

Iklan