mata kuliah Proses Produksi with Bapak H Ahsan. Spd.,ST.,MT

Wire cut merupakan mesin sejenis EDM yang memanfaatkan sifat erosi akibat loncatan bunga api listrik dari kutub positif dan kutub negatif atau proses permesinan dengan menggunakan proses erosi yang  dihasilkan dari perbedaan potensial lewat sebuah  kawat. Elektrodanya  adalah sebuah kawat gulungan yang  terus berputar dan berganti  selama proses permesinan berlangsung. Selama  proses erosi, kawat selalu  berganti  dan berputar agar pada setiap erosi kawat yabg digunakan selalu baru dan tidak putus. Kawat yang digunakan bisa terbuat dari tembaga , brass, zink  dan lain-lain.

bahan yang bisa didownload :

– Laporan pratikum wire cutting
-Advanced Manufacturing Choices
-Wire EDM the fundamental
-What is the Wire EDM
-Review on Wire Cut EDM
Advanced Material Removal Prosessses

definisi lain mesin Wire cut adalah mesin yang dapat memotong suatu benda kerja berjenis metal ( dapat menghantar arus listrik ), dengan cara  kerjanya memanfaatkan kutub positif dan kutub negatif dengan jarak tertentu ( 0.050 ~ 0.150 mm ) sehingga menghasilkan lompatan bunga api ( discharge ) dan dijaga dengan mendorong maju sehingga terjadi pemotongan oleh kawat berjenis kuningan ( brass wire ).  Suhu lompatan bunga api tersebut dapat mencapai 10.000 s/d 40.000 derajat celcius, sehingga diperluka air sebagai media pendinginan yang disemprotkan dengan tekanan tinggi bersamaan dengan berputarnya terus kawat agar tingkat keakuratan dalam memotong suatu produk dapat terjaga.

Perbedaan antara wire cut dan EDM adalah terletak pada electrode dan media pendingin yang digunakan. Wire cut menggunakan electrode berupa kawat tembaga yang tipis untuk memotong.

1.Electrode
Electrode yang digunakan pada wire cut berupa kawat tembaga panjang yang digulung dan pada saat proses pemotongan kawat juga ikut bergerak ke bawah dan dibuang karena hanya sekali pakai. Diameter kawat yang digunakan sekitar 0,25 mm.

2.Media pendingin
Media pendingin yang digunakan adalah air aquadesh atau paling tidak air yang tidak mengandung kaporit.

Terdapat 5 fungsi gerakan pada mesin wire cut, yaitu :

1. Fungsi central control
Fungsi ini mengatur komunikasi antara operator dengan mesin serta berbagai macam elemen pada mesin/cabinet. Fungsi ini terdiri dari :
*Central unit
*Central memori
*Disk drive
*Keyboard dan screen
*Pilihan komunikasi
*Power supplay mesin
*Remote penggerak axis
2. Fungsi dielektrikum
Yaitu sebagai media terjadinya proses lompatan listrik akibat perbedaan potensial.
3. Fungsi posisi
Fungsi ini mengatur pergerakan mesin baik secara manual maupun otomatis. Terdapat 5 axis, yaitu : X, Y, Z, U, dan V.
4. Fungsi pergerakan kawat
Fungsi ini berhubungan dengan gerakan kawat pada saat proses machining.
5. Fungsi erosi
Fungsi erosi adalah fungsi primer dari mesin Wire Cut. Fungsi ini memberikan lompatan bunga api yang diperlukan proses machining. Secara visual terdiri dari :
*Panel yang mengontrol generator
*Kabel pensuplai arus pada kawat
*Kabel head yang terletak pada kabinet
*Kabel ground
*Upper and Lower Contact

Iklan