As-Sayyid-Muhammad-Bin-Alawi-Al-Maliki-Al-HasaniAbuya Sayyid Muhammad Ketika Di Dalam Majlis Menerangkan Bahwa Sayyidina Umar Bin Khottob Radliyallohu Anhu, Merupakan Salah Satu Shabat Nabi Shollaohu Alaihi Wasallam Yang Terkenal Akan Firasatnya Yang Tajam Dan Tepat, Abuya Mengisahkan Bahwa Suatu Hari Ketika Sayyiduna Umar Bin Khottob Rodliyallohu Anhu, Dibaiat Menjadi Khalifah, Beliau Banyak Didatangi Oleh Kaumnya Baik Dari Dalam Maupun Dari Luar Kota. Termasuk Juga Oleh Seorang Badui, Ketika Sang Khalifah Menyapanya Dan Menanyakan Prihal Namanya, Lalu Sang Badui Menjawab :

“Nama Saya Saqor Bin Khutomah Al-Lahabi” [Yang Maknanya Adalah Saqor Bin Neraka Hutomah Bin Api Yang Melahap] Sepontan Sang Khalifah Kaget Mendengar Nama Sang Badui Tersebut, Dalam Kekagetanannya Tersebut Kemudian Sayyiduna Umar Rodliyallohu Anhu, Berkata Kepada Badui :

“Pulanglah Kamu Sekarang Juga, Karena Saat Ini Rumahmu Kebakaran”.

Tanpa Pikir Panjang Maka Badui Tersebut Bergegas Pulang, Dan Ketika Sesampai Dirumah Ternyata Apa Yang Disampaikan Oleh Sayyiduna Umar Rodliyallohu Anhu, Benar Adanya.

Setelah Menuturkan Kisah Tersebut Kemudian Abuya Sayyid Muhammad Berpesan Kepada Para Hadirin Untuk Supaya Memberikan Nama Yang Baik Kepada Anak-Anaknya, Keluarganya. Sebisa Mungkin Ambilah Nama Dari Keluarga Rosul, Para Sahabat, Ulama Dan Jangan Mengambil Nama Dari Artis Yang Tidak Jelas Artinya, Sebab Nama Itu Adalah Doa Dan Harapan.

Kakek Nabi Shollallohu Alaihi Wasallam Yakni Sayyiduna Abdul Munttholib Ketika Ditanya Oleh Orang-Orang Quraisy Mengenai Alasan Memberi Nama Cucunya Dengan Nama “MUHAMMAD” Padahal Nama Itu Tidak Ada Pada Leluhur-Leluhur Sebelumnya Dan Tidak Dikenal Dikalangan Kaumnya, Maka Beliau Menjawab : “Saya Memberi Nama ‘MUHAMMAD Agar Senantiasa Mendapatkan Pujian Dari Langit Dan Bumi” Dan Ternyata Benar Adanya Apa Yang Diharapkan Oleh Kakek Nabi Shollallohu Ailaihi Wasallam Tersebut.

SEMOGGA BERMANFAAT

Alfatihah ilaa Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Semogga Alloh Meratakan Rahmat-Nya Kepada Beliau, Dan Menempatkan Beliau Disurga Yang Tinggi Bersama Datuk Beliau, Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wasallam, Beserta Para Syuhada Dan Sholihin, Dan Semogga Kita Semua Mendapatkan Keberkahannya. Aamiin

Iklan