🌿Marhaban Ya Syahro Sya’ban
Banyak manusia yang lengah di bulan Sya’ban karena sibuk dan merasa cukup dengan dua bulan mulia yang mengapit bulan Sya’ban, yaitu bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Melakukan ibadah pada waktu orang lain lalai, memiliki kelebihan tersendiri.
Nabi Muhammad shollallohu’alaihi wasallam bersabda: Barang siapa berpuasa 3 hari pada awal bulan Sya’ban, 3 hari pada pertengahannya dan 3 hari pada akhirnya maka Alloh akan mencatatnya pahala 70 nabi, bagaikan orang yang beribadah selama 70 tahun dan jika meninggal pada tahun itu maka ia mati syahid.

(Durrotun Nashihin 219)
•Amalan bulan Sya’ban dari Al-Habib Umar bin Hafidh:

لا اله الا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

La ilaha illa anta subhanaka inni Kuntu minaddholimin.

(paling sedikit 4000 kali)
اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاة نكون بها محبوبين لك ومحبوبين له فى عافية

Allohumma solli wasallim ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala Ali sayyidina Muhammadin sholatan nakunu biha mahbubina laka wamahbubina lahu fi ‘afiyah.

(Di baca sebanyak banyaknya)
Malam ini setelah adzan maghrib kita memasuki bulan sya’ban.

Sya’ban dalam bahasa arab terdiri dari lima huruf. Syin, ain, ba’, alif dan nun. Huruf syin mewakili kata syaraf yang bermakan kemuliaan. Huruf ain adalah singkatan dari ‘uuwwi yang berarti tingkat tinggi. Huruf ba’ dari kata birr yaitu kebaikan. Adapun alif dari kata ulfah yang mengandung makna kasih sayang. Sedangkan nun dari kata nur yang berarti cahaya. Inilah segala predikat yang melekat dalam bulan sy’ban yang disediakan oleh Allah swt. untuk hamba-hambanya.
Pada bulan Sya’ban inilah Allah swt. membuka pintu-pintu kebaikan dan menurunkan berkah-Nya dan pada bulan inilah Allah swt bershalawat kepada Rasulullah saw selaku khairul bariyyat (makhluk yang paling mulia).
وهو شهر الصلاة على النبى المختار, قال الله تعالى “ان الله وملائكته يصلون على النبى يايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما
Dalam sebuah pendapat sebagaimana dinuqil oleh Quthbur Rabbani Syaikh Abdul Qadir al-Jailani dalam kitabnya ‘al-Ghunyah’ di katakan:
صلاة الرب تبارك وتعالى على نبيه تعظيم الحرمة, وصلاة الملائكة عليه اظهار الكرامة, وصلاة الأمة عليه طلب الشفاعة.
Shalawat yang berikan Allah kepada Muhammad adalah sebuah penghormatan, shalawat atas nabi dari para malaikat merupakan pengejawantahan dari karamah, sedangkan shalawat atas nabi dari kita selaku ummat adalah permohonan syafaat dan pertolongan.
Yuk kita basahi lisan kita dengan sholawat agar kita dibangkitkan kelak bersama Sayyidina Muhammad SAW amin..
Semoga kita bisa mengamalkannya Aamiin…

Iklan