Reflektor system sederhana tapi hasil lebih baik dari tracker, kok bisa?

Bisa….
Ternyata selain masalah peripheral pendukung PV yg mampu menyaingi produksi dg tracker, ternyata ada system sederhana yg juga mampu menyalipnya. Bahkan ini bukan asumsi semata, jurnal penelitian sudah membuktikan akan kebenaran system ini.

Namanya reflektor. Saat kita menghidupkan cermin lalu mengenai kaca, kaca tersebut memantul cahaya cermin ke titip tertentu, prinsip reflektor seperti itu yaitu memantulkan sinar matahari kesudut PV tertentu sehingga memungkinkan terjadi peningkatan produksi.

Apakah berhasil?

Dalam percobaan nya ternyata berhasil yaitu memasang cermin lebih besar dari ukuran Pv dengan sudut 70°c

Bagaimana peningkatan powernya?

Dari grafik penelitian, kita tahu dari voltase, amper, watt mengalami kenaikan signifikan. Atau kalau kita tarik kesimpulan hasilnya ada 11:12, 11 untuk tracker 12 untuk reflektor jika tracker mampu menghasilkan 110watt dengan reflektor mampu produksi 120watt, cukup menarik bukan. Namu itu berlaku hanya pukul 10 sampai pukul 14. Selebihnya reflektor kalah dg tracker.

Kelemahan system ini.

  1. PV harus dipasang sejajar 180° reflektor dipasang di kanan kirinya, jika PV sudutnya digeser lbih besar maja cermin reflektor bisa menimbulkan effect shading.
  2. Ukuran cermin harus lbih besar dari PV, jika cermin reflektor lebih kecil maka cahaya yg dipantulkan tidak akan mengenai semua bagian PV

  3. Sudut reflektor harus tepat, cahaya yg masuk akan sama dengan cahaya yg dipantulkan, jika sudut reflektor tidak merata maka akan terjadi peningkatan suhu di area tertentu PV hal ini justru bisa menimbulkan hostpot area.

  4. System ini hanya cocok untuk PV kecil, coba kita bayangkan berapa besar cermin yg harus kita gunakan untuk PV 1000wp.

  5. Rawan terkena angin, dg pemasangan reflektor yg tidak sejajar dg PV sangat dimungkinkan terkena hempasan angin cukup kuat.
  6. Cost yg tidak sedikit, dengan memperhatikan hasil yg 11 : 12 dengan tracker, penggunaan tracker akan dirasa lebih ideal daripada ini terutama untuk PV skala besar.

Bagaimana menurut mu???
Tetap inovasi ini adalah langkah luar biasa, meski ada kekurangannya jika kita bisa mengamati dengan seksama dapat kita ambil pelajaran bahkan menyempurnakan nya …josss tenan

Pripun paklek tertarik Suyitno Ledeng Wilmar Slamet Sutrisna Nur Harjanto George Frans Rizky Hermawan Riyadi Moh Anas Rio Vian Af Afroni Roe Khann Too

Untuk mencoba inovasi ini.. inovasi mengagumkan kadang dimulai dari inovasi yg sederhana.

Salamm josssss