TIPE-TIPE SOLAR PANEL

Seberapa banyak tipe solar panel yg kamu ketahui ???

banyak diantara kita yg hanya tahu solar panel tipe mono dan poly saja, sebenarnya banyak tipe-tipe solar panel yg berpotensi lebih baik dari mono dan poly berikut ini beberapa diantaranya

Gen I
1. Monocrystalline (Mono-Si) ini sudah banyak di bahas di group efisiensi paling tinggi dibandingkan type solar panel lainnya, umur (lifespan) panjang, namun relatif mahal, catatan tambahan saat mendung efisensi blum cukup baik.

Jenis ini terbuat dari batangan kristal silikon murni yang diiris tipis-tipis. kristal silikon murni yang membutuhkan teknologi khusus untuk mengirisnya menjadi kepingan-kepingan kristal silikon yang tipis.
Dengan teknologi seperti ini, akan dihasilkan kepingan sel surya yang identik satu sama lain dan berkinerja tinggi. Sehingga menjadi sel surya yang paling efisien dibandingkan jenis sel surya lainnya, sekitar 15% – 20%.
Mahalnya harga kristal silikon murni dan teknologi yang digunakan, menyebabkan mahalnya harga jenis sel surya ini dibandingkan jenis sel surya yang lain di pasaran
Kelemahannya, sel surya jenis ini jika disusun membentuk solar modul (panel surya) akan menyisakan banyak ruangan yang kosong karena sel surya seperti ini umumnya berbentuk segi enam atau bulat, tergantung dari bentuk batangan kristal silikonnya,

  1. Polycrystalline (Poly-Si) sama, ini juga sudah banyak di bahas, lebih murah, namun butuh ruang lebih besar dibandingkan Mono-Si, lifespan sedikit lebih rendah dari Mono-Si dan peka terhadap suhu yang tinggi, maka perlu dibuatkan watercooling system. Pv jenis poly banyak dipakai oleh kawan-kawan disini.

Jenis ini terbuat dari beberapa batang kristal silikon yang dilebur / dicairkan kemudian dituangkan dalam cetakan yang berbentuk persegi. Kemurnian kristal silikonnya tidak semurni pada sel surya monocrystalline, karenanya sel surya yang dihasilkan tidak identik satu sama lain dan efisiensinya lebih rendah, sekitar 13% – 16% .
Tampilannya nampak seperti ada motif pecahan kaca di dalamnya. Bentuknya yang persegi, jika disusun membentuk panel surya, akan rapat dan tidak akan ada ruangan kosong yang sia-sia seperti susunan pada panel surya monocrystalline di atas. Proses pembuatannya lebih mudah dibanding monocrystalline, karenanya harganya lebih murah. Jenis ini paling banyak dipakai saat ini.

Gen 2
3. Thin-Film (TFSC) banyak di gunakan untuk bangunan dengan arsitektur moderen karena mudah di lekukan. Pemasangannya sangat memungkinkan dengan metode BIPV, sedangkan tipe lain metode BAPV pada bangunan.
lifespan pendek, efisiensi penangkapan energi rendah dibawah 10%.

  1. Amorphous Silicon (A-Si) pengembangan TFSC, efisiensi rendah tapi tetap menerima energi matahari walaupun tidak berhadapan langsung dengan matahari, banyak kita gunakan di Kalkulator
    walaupn dalam ruangan, kalkulator tetap berfungsi. itulah kelebihannya. namun kekurangan sama seperti TFSC, selain efisiensi energi adalah lifespan-nya pendek
  2. Cadmium Telluride (CdTe) Solar Cells.
    Sel surya jenis ini mengandung bahan Cadmium Telluride yang memiliki efisiensi lebih tinggi dari sel surya Amorphous Silicon, yaitu sekitar: 9% – 11%.

  3. Copper Indium Gallium Selenide (CIGS) Solar Cells.
    Dibandingkan kedua jenis sel surya thin film di atas, CIGS sel surya memiliki efisiensi paling tinggi yaitu sekitar 10% – 12%. Selalin itu jenis ini tidak mengandung bahan berbahaya Cadmium seperti pada sel surya CdTe.

Gen 3
beberapa model sementara di kembangkan, yang paling ditunggu Concentrated PV Cell (CVP), karena efisiensinya paling tinggi sampai 40an persen (bandingkan dengan Mono-Si yang hanya sampai 20%)

Mungkin next akan ada tipe model solar cell yg paling efisien, ringan, lebih kecil dan harganya lebih murah, bahkan sudah dikembangkan PV yg terkoneksi saat hujan mampu mengeluarkan listrik.

“Sebuah perangkat panel surya baru, sedang dicoba di China, dimana 2 lapisan berpolimer transparan ditaruh diatas sel panel surya. Saat air hujan datang mengaliri lapisan transparan tersebut hingga turun ke bawah, gesekan antara lapisan polimer dan air dapat menghasilkan listrik statis.”

—-++++——–++++++++++—–+++

Teknologi produksi sel surya thin film ini masih baru, masih banyak kemungkinan di masa mendatang. Ongkos produksi yang murah serta bentuknya yang tipis, ringan dan fleksibel sehingga dapat dilekatkan pada berbagai bentuk permukaan, seperti kaca, dinding gedung dan genteng rumah dan bahkan tidak menutup kemungkinan kelak dapat dilekatkan pada bahan seperti baju kaos.

Apakah anda siap dengan perubahan PV dimasa depan.??
Sudah berapa WP yg kamu pasang dirumahmu, 10 tahun kedepan PV mu mungkin sudah ketinggalan teknologi.

Salam josssss.

Colek penghuni grup… Djoe Amura Mdjms Wilmar Suyitno Ledeng Bima’mbe Mbe Slamet Sutrisna Deky Prasetyo Eko Setiaji Elkahfi Fudin Safudin Andhika Chandra Wijaya Lutfi Chaerul Chandra Hermawan Rio Vian Kriswanto Bin Warto Diharjo Nur Harjanto Niko Sutan Rajo Mudo Ali Mahmudi Mera Tania Daniatun Eh Akrie Af Afroni Kelvin Arkan Fahrur Demak Luthor Fie Maz Gorro Widibae Jokothole Roe Khann Too Yuliastono Indrawan Ade Yuswantoro Onoy Pulsar Kenthirs Alby Athaya Putra Pratama Pri Aza George Frans

Salam jossss..