TIPS-TIPS MEMILIH INVERTER YG BAIK

Inverter yg baik itu seperti apa?

Inverter yg mahalkah?mungkin, tapi belum tentu juga..
Well, setelah kita kemaren membahas tentang solar cell, solar controller kini saatnya kita bahas tentang inverter.

Inverter yg bagus tentu harganya mahal, kalo statement seperti ini kita mungkin bisa terima, tapi tenang ada alternatif untuk yg modalnya pas-pasan cukup 300rbuan bisa dapat inverter/ups puresine 500watt – 1000watt yg bandel, merk ternama dan teruji, meski kondisinya tidak baru sih. Dimana belinya… sini aku bisikin… Hahaha

Lalu bagaimana cara memilih inverter yg baik itu :
Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan.

  1. Komponen, inverter yang menggunakan Komponen Trafo+IC memiliki ketahanan panas yang baik sehingga tidak mudah rusak dan biasanya umur alat bisa mencapai 10 tahun lebih bila dioperasikan dengan beban yang tepat. Sedangkan Inverter yang menggunakan komponen IC saja walau relatif murah umumnya perangkat inverter jenis ini mudah rusak, terutama pada beban yang menarik arus besar saat start-up serta tidak tahan terhadap hubung singkat/korslet pada outputnya..
  2. Efisiensi Daya yang keluar. inverter yang memiliki efisiensi lebih dari 90% akan sangat baik misalnya dengan type 1000watt, maka daya yang bisa dihasilkan adalah 900watt pilih efisiensi diatas 80% itu sudah cukup.

  3. Fleksibel untuk dikonfigurasi dalam sistem fasa tunggal atau tiga fasa dan mudah diperluas dengan konfigurasi multi-klaster. Minimal harus mampu menggunakan dua inverter baterai untuk meningkatkan redundansi dalam sistem satu fasa dan tiga inverter dalam sistem tiga fasa, ini untuk skala besar untuk beban besar.

  4. Ukuran inverter baterai harus sesuai dengan beban rata-rata dan beban puncak yang beroperasi selama lebih dari 30 menit. Perkiraan atau profil beban yang diukur harus ditetapkan untuk mengidentifikasi beban kontinyu dan beban puncak. Kapasitas (rating) inverter baterai tidak boleh lebih tinggi dari kapasitas modul fotovoltaik. Idealnya begitu.

  5. Frequency. Frequency jaringan listrik yang cocok yaitu frequency 50 -60Hz, kalau diatas itu jebol semua peralatan listrikmu, kalau kemaren ada yg berdiskusi tentang high frequency ac lalu alat listrik apa yg tahan frequency itu hihiji

  6. Gelombang (Sine Wave) Ada 3 tipe gelombang sinus yang dihasilkan power inverter:

a. Gelombang Square/kotak, dapat merusak peralatan listrik yang tidak tahan terhadap induksi balik dari inverter dan tidak cocok dipakai untuk peralatan elektronika karena menghasilkan cacat distrosi yang besar.

b. Gelombang modified sine wave, baik untuk peralatan listrik/elektronik dan banyak digunakan karena relatif lebih murah dari gelombang sinus murni (Pure Sine Wave), namun tidak cocok untuk komponen induksi seperti motor/dinamo atau transformer.

c. Gelombang sinus murni atau pure sine wave, menghasilkan output terbaik setara jaringan listrik PLN, namun memiliki harga yang relatif mahal.

  1. Diuji dan disertifikasi sesuai dengan standar IEC 61000, IEC 62109, dan IEC 61683. Standar ini menjelaskan gangguan kompatibilitas elektromagnetik (electromagnetic compatibility, EMC), keselamatan unit konversi daya, dan panduan mengenai cara mengukur efisiensi
    inverter yang digunakan dalam sistem yang berdiri sendiri (stand-alone).
  • Dilengkapi berbagai macam proteksi. Anti islanding, Proteksi arus lebih dan arus hubung pendek di sisi tegangan AC, Proteksi tegangan tinggi baterai, Proteksi tegangan rendah baterai, Pengisian baterai dengan kompensasi temperatur. Dann lainnya

  • Harga dan merk. Ini ditentukan dari kualitas komponen. Ada harga ada kualitas, makin mahal makin bagus yang penting standard harga pasar dan bukan murahan.

  • Garansi Service. Seluruh alat listrik berkualitas bergaransi service setidaknya 1 tahun, makin lama Garansi makin baik. Garansi (Purna Jual) service membuktikan penjual bertanggung jawab atas produk yang dijual.

  • Ketersediaan komponen. Ada beberapa merk inverter yang tipe komponen (Parts Number) dihapus oleh pabriknya sehingga akan menyulitkan ketika diservice bilamana terjadi kerusakan. Pilihlah penjual yang terpercaya.

  • Itu diatas kiat-kiat dalam memilih Inverter terbaik, tentu ada harga ada rupa ada juga kualitas nya . Jangan hanya mengejar versi murahnya hingga akhirnya menyesal dikemudian hari..hihihi…

    Ya kan paklek Slamet Sutrisna Suyitno Ledeng Djoe Amura Mdjms Budi Rusmanto Bima’mbe Mbe Roe Khann Too Rizky Rio Vian George Frans Nur Harjanto Af Afroni Moh Anas Mera Tania Daniatun

    Sebutkan Inverter yg kamu gunakan…hihi

    Salammm jossss