Tips memilih Battery yg baik

Well, begitu banyak postingan tentang battery namun belum ada yg merangkum bagaimana memilih Battery yg baik, tips-tips ini menarik untuk dibaca dalam memilih Battery yg baik, so untuk yg hoby Re-Use battery lead acid bekas harap perhatikan beberapa hal berikut ;

Dibaca ini saran bukan untuk memilih aki BARU, aki baru sudah tentu baik.ini untuk Re-use Aki lead acid BEKAS, saya tulis BEKAS BIAR GAK GAGAL PAHAM .

  1. Tegangan Baterai (voltase) kita tahu baterai dibangun dengan beberapa sel -sel nya yg disusun secara seri untuk menambah tegangan total baterai. Misal battery lithium berikut ;
    3.7V (1S), 7.4V (2S), 11.1V (3S), 14.8V (4S)
    Saat anda memilih Battery 12 V maka harus pastikan battery anda masih dalam range 12-14 voltase nya, hal ini untuk membuktikan bahwa battery masih dalam keadaan baik, dan tidak ada sel-sel yg rusak didalamnya.

  1. Kapasitas Battery. Dalam Memilih Baterai perhatikan Jumlah (Ah) karena hal ini memberi tahu berapa lama baterai akan bertahan. “Ah” adalah singkatan dari “Amp hours”, atau berapa banyak Amps yang dapat ditarik dari baterai sedemikian rupa sehingga mampu bertahan selama satu jam.
    Misal anda punya battery 12 v 100Ah.
    Maka 12 V x 100 = 1200 Wh (watt hour) Wh inilah yg dipakai dalam perhitungan berapa beban yg mampu dibebankan pada battery, misal dikasih beban 100watt maka battery akan mampu bertahan selama 1200 wh/100 = 12jam, tapi jika dipaksa 12 jam dg beban 100watt bisa dipastikan battery cepat rusak, hitungan ini harus memperhatikan c-rate dibawah ini.
    Jadi berapa banyak Ah yg anda butuhkan semestinya dikalkulasi dulu dg beban yg akan diterima battery.
  2. Rating Discharge atau “C” – peringkat yang disebut baterai ‘C rate’. Ini penting diberitahukan karena menyangkut seberapa besar arus baterai dapat terus menerus dibebani tanpa merusak dirinya sendiri. Namun dalam kenyataannya, angka-angka ini hampir selalu tidak realistis. Contoh battery 100Ah.
    Untuk C10 dari 100Ah = 100Ah/10 = 10A maximal, yang mampu dibebankan pada battery terus-menerus, Begitu pula untuk C5-C20-C100. Dan seterusnya.

  3. Internal Resistensi – Angka ini pasti tidak sering ditampilkan oleh penjual namun ada beberapa penjual yg menampilkan ini, itu sebuah kebaikan good. Ini adalah point penting yang mendasari menentukan peringkat “C rate” baterai, Hal ini ditentukan oleh formulasi kimia baterai serta kualitas keseluruhan pabrikan. Resistansi yang lebih rendah jauh, jauh lebih baik. Maka saat membeli battery pastikan IR nya serendah mungkin,

  4. Umur Battery, umur Battery jelas harus dichek, ada kode-kode tertentu dalam kemasan luar battery yg bisa kita lihat. Misal ;
    -BATTERY Delkor dengan kode 6ER25. Angka 6 yang berarti diproduksi pada tahun 2016. Huruf E adalah bulan aki tersebut diproduksi. Bulan ke-1 kodenya huruf A, bulan ke-2 huruf B, dan seterusnya. Jadi kalau huruf E berarti bulan ke-5. Sementara R25 yang berarti kode produksi dari merek Delkor.
    -Aki merek GS dengan kode 2195B7K1518. Angka 21 adalah tanggal produksi aki. Sementara 9 merupakan bulan produksi yang artinya diproduksi pada bulan 9. Kalau angka 5 menunjukan tahun produksi tahun aki, yaitu tahun 2015. B7K1518 Adalah seri kode GS

Dan banyak macam-macam kode yg bisa kita lihat pada kemasan luar aki, disarankan battery yg anda beli umurnya tidak lebih dari 2 tahun.

  1. Berat – Sederhananya, berapa berat baterai Anda. Ini adalah faktor penting, yang sering diabaikan untuk baterai. Banyak sekali baterai dengan kapasitas yang sama dan jauh lebih berat dari pada baterai yang sebanding kapasitas nya dari produsen lain. Battery yg berat pula menyusahkan jika akan dimoving kesuatu tempat, coba bayangkan mengangkat battery 60kg seorang diri, remukk paklekk..
  • Konektor – pastikan juga dalam membeli Battery konektor nya masih terlihat bagus, Konektor menghubungkan baterai ke Beban. Battery dengan konektor yg baik pertanda juga battery digunakan /dirawat dengan baik, dan akan sangat membantu ketika baterai mempunyai konektor yang sudah terpasang jadi kita tinggal plug dan play.

  • Harga – Harga adalah faktor utama dalam Memilih Baterai. Jika Anda akan membeli baterai hal yg pertama anda tanyakan biasanya harganya, battery sebaik apapun kalau budged tidak ada juga tidak akan dibeli. Maka Menemukan satu set baterai murah yang sesuai kepentingan itu suatu keberuntungan. Jika Anda berlangganan pada salah satu Sales yang menjual baterai dengan purna jual dan layanan yg baik itu juga sebuah keuntungan tersendiri. Maka pastikan point-point diatas masuk, lalu harga pass dikantong. Sikat dan bawa pulang untuk menghidupkan tenaga surya mu.

  • Gimana tertarik mencoba point-point diatas, jangan sampai salah pilih battery ya..

    Colek pengguna battery Djoe Amura Mdjms Wilmar Suyitno Ledeng Bima’mbe Mbe Slamet Sutrisna Eh Akrie Andhika Chandra Wijaya Ali Mahmudi Kelvin Arkan Af Afroni Anas Basori Alwi Murtadho Alby Athaya Putra Pratama Ade Yuswantoro Pri Aza Eko Setiaji Elkahfi Fudin Safudin Slamet Riyadi Deky Prasetyo
    Mera Tania Daniatun Vay Diaz Fahrur Demak Kriswanto Bin Warto Diharjo Luthor Fie Nur Harjanto Chandra Hermawan Roe Khann Too Onoy Pulsar Kenthirs Lutfi Chaerul Hermawan Riyadi George Frans Yuliastono Indrawan Niko Sutan Rajo Mudo
    Salam luarrr biasaaa….

    .

    .