APA ITU (IR) INTERNAL RESISTENSI BATTERY, KENAPA BEGITU PENTING?

Well, kita akan sedikit demi sedikit membahas hal-hal mendasar mengenai battery yg kita gunakan untuk mendukung solar home system kita. Ada banyak istilah-istilah yg tentunya tidak semua orang memahami akan hal itu, seperti Internal Resistensi, apa sebenarnya ini? Kenapa angka IR ini dapat mempengaruhi baik bagusnya battery yg kita gunakan?

Apa itu internal Resistensi, berapa range angka yg paling baik untuk battery kita?

Dalam baterai timbal asam type Flooded ada banyak indikator yang tersedia untuk menentukan keadaan
kondisi setiap sel seperti : tegangan, gravitasi spesifik, suhu, resistansi internal, visual penampilan pelat, tingkat endapan, warna pelat, dll.

Resistansi internal (IR) baterai didefinisikan sebagai “oposisi” terhadap aliran arus dalam baterai. Ada dua dasar komponen yang berdampak pada resistansi internal dari baterai; mereka adalah hambatan elektronik dan resistensi ionik. Hambatan elektronik plus
resistensi ion akan disebut sebagai resistensi total efektif.
Hambatan elektronik meliputi resistivitas bahan yang sebenarnya seperti penutup logam dan komponen internal; demikian juga seberapa baik bahan-bahan ini melakukan kontak dengan satu sama lain. Efek dari porsi ini resistensi efektif total terjadi sangat cepat dan
dapat dilihat dalam beberapa milidetik pertama
setelah baterai diletakkan di bawah beban.

Resistensi ion adalah resistensi terhadap aliran arus
dalam baterai karena berbagai elektrokimia faktor-faktor seperti, konduktivitas elektrolit, ion area permukaan mobilitas dan elektroda. Ini efek polarisasi terjadi lebih lambat daripada resistensi elektronik dengan kontribusi terhadap resistensi efektif total biasanya mulai beberapa
milidetik atau lebih setelah baterai diletakkan di bawah beban.

Seberapa penting internal Resistensi itu?

Baterai VRLA dipasang dalam wadah yang dirancang untuk mencegah keluarnya gas rekombinasi hingga disegel keluar ke atmosfer. Karena dilakukan hal itu menghilangkan banyak indikator yang dapat mengidentifikasi potensi masalah sel serta baterai.

Selama 30 tahun terakhir, pengujian resistansi internal telah menjadi standar untuk memantau karakteristik kinerja baterai VRLA. Perubahan tersembunyi dibaterai seperti buram dlm bahan kasing dapat diidentifikasi oleh pengaruh yang sesuai pada resistansi internal sel.
Seiring bertambahnya usia sel baterai dan memburuknya, nilai resistansi internal dalam sel meningkat, menunjukkan range angka dari pembacaan baterai yang sehat. Satu baterai berkinerja rendah dalam sebuah string dapat secara signifikan mengurangi masa pakai baterai lain, yang menyebabkan keseluruhan sistem gagal atau membutuhkan penggantian total

Seberapa nilai Internal Resistensi yg baik ?

Resistansi internal tergantung pada status pengisian baterai. Berlawanan dengan kepercayaan yang populer, kinerja baterai terbaik tidak dicapai segera setelah pengisian penuh tetapi setelah masa istirahat beberapa jam. Selama pengosongan, daya tahan baterai internal berkurang, mencapai titik terendah dengan setengah pengisian dan mulai merayap naik lagi. Resistansi internal lithium-ion cukup datar dari kosong hingga terisi penuh. Baterai berkurang secara asimtotik dari 270 mW pada 0% menjadi 250 mW pada 70% status pengisian daya. Perubahan terbesar terjadi antara 0% dan 30% SoC.

Ketahanan Lead Acid meningkat seiring dengan keluarnya cairan. Perubahan ini disebabkan oleh penurunan gravitasi spesifik, penipisan elektrolit karena menjadi lebih berair. Peningkatan resistensi hampir linier dengan penurunan gravitasi spesifik. Sisa beberapa jam sebagian akan memulihkan baterai karena ion sulfat dapat mengisi ulang sendiri. Perubahan resistansi antara muatan penuh dan pengosongan sekitar 40%. Suhu dingin meningkatkan resistansi internal pada semua baterai dan menambahkan sekitar 50% antara + 30 ° C dan -18 ° C untuk baterai lead acid.

Jadi berapa internal Resistensi yg baik itu jika masih berada di angka Range yg perusahaan keluarkan, Perusahaan battery selalu menyertakan datashett produknya. Paham ya. Semakin kecil semakin baik.

Apa penyebab Resistensi internal meningkat??

Lead Acid memiliki resistansi internal yang sangat rendah dan baterai merespons dengan baik terhadap ledakan arus tinggi yang berlangsung selama beberapa detik. Namun, karena kelambatan yang melekat, asam timbal tidak berkinerja baik pada arus tinggi yang berkelanjutan; baterai segera lelah dan perlu istirahat untuk bisa pulih. Beberapa kelemahan terlihat pada semua baterai pada tingkat yang berbeda, tetapi ini terutama terlihat pada lead acid. Ini mengisyaratkan bahwa pengiriman daya tidak hanya didasarkan pada resistansi internal, tetapi juga pada daya tanggap reaksi kimia, serta suhu. Dalam hal ini, teknologi battery berbasis nikel dan lithium lebih responsif daripada asam timbal.
Penyebab terbentuknya Internal Resistensi tinggi yaitu terjadinya Sulfasi dan korosi pada grid menjadi kontributor utama munculnya resistansi internal dengan lead acid. Suhu juga mempengaruhi resistansi; panas menurunkannya dan dingin meningkatkannya. Pemanasan baterai sebentar akan menurunkan resistansi internal untuk memberikan semacam runtime tambahan. Namun, ini tidak mengembalikan baterai normal justru akan menambah stres sesaat.

Hmmmm uda paham belum.

Sebagai gambaran cepat battery lead acid Resistensi nya yg baik itu sebagai berikut ini ;

25Ah. Resistensi kurangdari/sama dg < 8.3
50Ah. Resistensi kurangdari/sama dg < 6.1
100Ah. Resistensi kurangdari/sama dg < 5.1
150Ah. Resistensi kurangdari/sama dg < 4.1
200Ah. Resistensi kurangdari/sama dg < 3.3

Josss kan paklek, segera cek kondisi resistensi battery mu. Barangkali memang sudah waktunya minta ganti…
Wkkkkkkkkkkkbhahahagaga

Ojo nangiss…

Colek penghuni grup tercinta…
Chandra Hermawan Nur Harjanto Suyitno Ledeng Djoe Amura Mdjms Slamet Sutrisna

Salammm josss