Langkah Merakit battery lithium 18650 menjadi Battery PowerWalls.

Setelah kemaren kita membahas tentang definisi serta kelebihan dan kekurangan battery 18650, kurang afdol sekiranya kita tidak mencoba merakit menjadi Waterfall battery untuk mensuplai kebutuhan solar home kita. Battery 18650 dengan harga bekas sekitar 5rb – 10rb memiliki magnet tersendiri untuk dirakit menjadi WaterFalls battery, selain ringan dan ringkas, power battery ini pun cukup baik.

Bagi yg ketinggalan membaca tentang battery 18650 bisa klik ini ;

https://www.facebook.com/groups/168319220513562/permalink/323499094995573/

——————————-++++++++++++++————–

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan :

  1. Lithium 18650 cells
  2. Pure Nickel Strip atau diganti kawat email tembaga
  3. Spot Welder (kalau ada lebih baik)
  4. Digital Volt Meter
  5. Solder
  6. Gunting
  7. BMS
  8. Kabel
  9. Sarung Tangan & Kacamata pelindung

Tips-tips dalam perakitan ini akan membantu mempercepat dalam merakit battery lithium 18650

A. Jika memakai Battery baru.

  1. Jika menggunakan baterai baru pastikan menggunakan kualitas yang bagus dan berkelas, jangan menggunakan cell kelas rendah seperti ULTRAFIRE, Trusfire, Surefire, Trusfire, silvergreen, evergreen, gogreen dan brand imitasi lainnya. Gunakanlah battery dengan brand berkualitas seperti LG, samsung, panasonic, dan beberapa cell battery yang berkelas.
  2. Warna baterai lithium memiliki jenis peruntukan yang berbeda beda. Misal Ungu untuk hi-drain, Pink untuk stabilitas arus kontinyu dalam rate 1C, Biru untuk power bank dan laptop kelas arus sedang, Kuning untuk arus kecil seperti lampu, dll. Jadi jangan asal pilih baterai apalagi susunan warna-warni macam pelangi ini jika memakai battery baru.

  3. Pahami ini tentukan berapa voltase yg ingin kamu buat serta kapasitas battery. Susunan seri baterai lithium 18650 akan membentuk membentuk voltase:
    4 Seri = 12V
    7 Seri = 24V
    10 Seri = 36V
    13 Seri = 48V
    16 Seri = 60V
    20 Seri = 72V
    Sedangkan besarnya kapasitas Ah yaitu tergantung jumlah pararelnya:
    1 pararel = 2,2Ah – 2,9Ah
    2 pararel = 4,2Ah – 5,8Ah
    3 pararel = 6,6Ah – 8,7Ah
    4 pararel = 8,8Ah – 11,6Ah
    5 pararel = 11Ah – 14,5Ah
    6 pararel = 13,2Ah – 17,4Ah
    7 pararel = 15,4Ah – 20,3Ah
    dan seterusnya

B. Jika memakai Battery Bekas

  1. Jika menggunakan baterai bekas laptop/ power bank, pastikan kualitas masih bagus, cek voltase dan Ah nya
  • Lakukan beberapa tahapan untuk testing baterai 18650 Seperti berikut ini ;
    Ø Lakukan reset baterai pada ujung baterai cell 18650
    Ø Lakukan single charging pada baterai
    Ø Diamkan selama 3 hari hari
    Ø Ukur berapa nilai penurunan Volt nya,
    Ø Jika volt dibawah 3,7V maka cell tersebut tidak layak pakai
    Ø Pilihlah cell yang layak pakai untuk dirakit

  • Jika tidak mau melakukan langkah nomer 2 diatas karena kelamaan. ada tips dari paklek Wilmar wilmar sebagai berikut yg bisa kita contoh

    Langkah Bagaimana menyortir Li Ion 18650 bekas dgn cepat.

    Hal yg aneh kalau 1000 baterai anda harus mengukur kapasitas 1/1 sampai 1000 baterai terukur semuanya, 1 baterai saja kalau dilakukan 2 kali pengukuran diwaktu berbeda, bisa menghasilkan jumlah kapasitas berbeda, Setelah melakukan pengukuran 50-100 baterai, saya kira cukup untuk mendapat tabel kapasitas dan penurunan tegangan dari waktu ke waktu. Kalau dipaksa 1000 baterai, maka anda akan menemukan kesamaan pada tabel dan itu membosankan. Jadi untuk kapasitas baterai lainnya tdk perlu berjam-jam melakukan pengukuran. 3-5 menit discharge dan melihat penurunan tegangan, bisa diperkirakan kapasitas akhirnya. Tidak perlu 100% presisi pengukuran, paling tidak angkanya tdk keluar dari range 90-95% ketepatan kapasitas.

    1. Warna seperti pelangi ya biarkan saja, toh namanya Re-use Battery bekas. Hitung-hitung memaximalkan penggunaan Battery (recycle-use) sampeyan sudah masuk dalam orang yg peduli lingkungan.

    Setelah sortir, charger dan pengelompokan good battery selesai tahapan selanjutnya adalah

    1. Siapkan BMS.
      BMS adalah Baterai Management Sistem adalah alat untuk mengontrol cell baterai lithium. Hal yang dikontrol oleh BMS adalah: arus maksimum, under voltage tiap cell, upper voltage tiap cell, pengontrol arus charging, dan pembalancing keseragaman tegangan antar cell. Pastikan BMS yang digunakan adalah kualitas yang terbaik dan sudah dilengkapi fitur balance charging, sesuaikan Tipe BMS sesuai battery yg akan kamu buat. Jangan salah beli.

    TAHAPAN PROSES PERAKITAN HINGGA PEMAKAIAN

    1. Tempatkan baterai ke dalam holder battery yg banyak dijual dipasaran atau isolasi saja lebih mudah,, Pahami juga bahwa penempatannya sesuai dengan berapa voltase akhir dan jumlah AH yg akan kita buat – pahami skema susuan seri paralel diatas biar enak saat soldering nanti
  • Lakukan soldering atas susunan seri /paralel antar cell baterai 18650 dari battery yg telah tersusun diatas, jika pake spot welding lebih rapi dan cantik. Untuk soldering bisa menyatukan tiap cell battery dengan bantuan busbar nickel strip/kawat email tembaga ini bisa mempermudah koneksi semua battery

  • Lakukan Soldering kabel-kabel dari BMS ke tiap cell Battery dengan baik

  • Pembuatan port charge dan discharge, disarankan pakai kabel ukuran sedikit lebih besar untuk pemaksimalan arus yg nanti kita bebankan.

  • Lakukan charging by PV- Solar Controler atau charger khusus untuk battery lithium

  • Chek dan Ricek battery adakah bagian cell battery yg mengalami undercharge/overcharge, pastikan BMS bekerja dengan baik

  • Kemas battery PowerWalls mu dalam box biar eye catching, indah dan rapi

  • Setelah semua dilakukan, Battery PowerWalls lithium mu siap digunakan, jangan lupa siapkan secangkir kopi untuk kepuasan tersendiri berhasil dalam step ini.

  • Sampeyan panten ngeten josss😎
    Salam luarr biasaa

    Colek pengguna battery lithium waterfall Lek Sigit Roe Khann Too Af Afroni Deky Prasetyo George Frans FaqihPaki Muhammad Fudin Safudin Nur Harjanto Kriswanto Bin Warto Diharjo

    Colek yg kemungkinan akan memakai battery lithium Djoe Amura Mdjms. Slamet Sutrisna. Bima’mbe Mbe. Suyitno Ledeng Eh Akrie Andhika Chandra Wijaya Ali Mahmudi. Kelvin Arkan Anas Basori Alwi Murtadho Alby Athaya Putra Pratama Ade Yuswantoro Pri Aza Eko Setiaji Elkahfi Luthor Fie Fahrur Demak. Maz Gorro Chandra Hermawan Widibae Jokothole Onoy Pulsar Kenthirs Hermawan Riyadi Lutfi Chaerul Anis BA Murtadho Niko Sutan Rajo Mudo Mera Tania Daniatun Miftah Cfc Rio Vian Rizky Lukman Tam Yuliastono Indrawan.

    Note : merakit battery 18650 ada resiko bisa meledak batterynya maka pahami dengan baik, step-step yg kita jelaskan diatas

    Good luck.
    Berbagi inovasi, berbagi Solusi untuk kebaikan negeri ini..