Battery, komponen termahal dalam system PV.

Jika solar home kita ingin aktive 24 jam maka penggunaan battery tak anyal harus dilakukan. Namun Sedihnya jika kita ketahui komponen ini adalah yg paling mahal dalam system PV power. Why ??

Jika PV 100wp bisa sampai 25tahun dg harga 1jtan
Battery 200ah bisa sampai 5thn dg harga 2jtaan maka kebutuhan battery sendiri selama 25th mencapai 10jtaan, ini kalkulasi dg battery second bagaimana jika battery baru?? Tentu lebih mahal.

Maka sedikit tips agar menjaga keawetan battery dibawah ini.

  1. Menjaga voltase battery tetap baik, nah pada pengaplikasian battery sytem seri wajib harus dipastikan voltase battery seimbang antara satu dg lainnya. Maka saran untuk memakai Battery equalizer sangat perlu dilakukan. Jika tidak? Ya tanggung sendiri…
  2. Battery lead acid perlu dilakukan maintenance berkala, pemasangan battery rejuvenator /desulfator pun menjadi pilihan joss. Karena Proses reaksi kimia pada saat pengisian dan pengosongan baterai tidaklah berjalan sempurna. Karena satu dan lain hal proses tersebut membentuk kristal asam timbal pada element/plat di dalam baterai. Bhkan seblum kamu beli itu sudah dimulai…ngeriii bingiitt kan ya..
  3. Menjaga battery pada suhu 33 C akan bertahan 5than usianya, jika pada suhu 25 C bisa mencapai 10thn, penempatan lokasi yg salah, lembab,panas, terkena matahari langsung justru akan memperpendek umur battery. Kadang kita mengabaikan ini.
  4. Charge dan discharge yg tidak tepat bisa mempercepat usia battery, bahkan memaksakan DOd 100% ya tinggal hitung usianya berapa. Maka pada baterai litium dan sejenisnya diperlukan BMS battery management system.
  5. Hadirnya supercapasitor mnjadi solusi tersendiri dikarenakan mampu meningkatkan performa, mnjaga voltase bahkan mampu menjadi storage tambahan bagi battery itu, josss kan..
  6. Memilih battery dg lifetime tinggi adalah solusi bijak, lahirnya LTO dg lifetime sampai 30thn menjadi alasan kuat, meski harga 140ah saja mncapai 12 jt akan terbayar dg performa dan lifetime yg begitu lama, dibanding dg 2jtaan yg tiap tahun menurun performa nya. Betul tidak paklekk..

So mau bagaimana battery kamu rawat, menentukan budget yg akan kamu keluarkan.

So pripun paklek Wilmar Slamet Sutrisna Suyitno Ledeng Eh Akrie Hermawan Riyadi George Frans Nur Harjanto Budi Rusmanto Af Afroni Djoe Amura Mdjms beli battery mahal lho. Jangan sampai perawatan yg murah tidak dilakukan.

Salam josssss