Share: Skema Pengaman Battery

Oleh. fajar hamidy.

Kebanyakan inverter yang ada di pasaran tidak ada fasilitas untuk setting batas voltage minimal input, dia akan menguras battery hingga titik penghabisan, pokoknya ON terus sampai habis!. Voltage cutoff malah ada yang sampai 9v (low battery shutdown). Siap-siap daya tahan battery berkurang dg cepat.

Buat yang pas2san seperti saya mikir: bagaimana aki yg baru saya beli bisa bertahan lama dengan mengatur cutoff di nilai yang kita tentukan?, misalkan di 12v (DOD 50%) inverter harus mati. Apa harus pakai program komputer dan microcontroller? terlalu jauh mikirnya, ketemulah dengan alat berkode XH-M601/XH-M602. Kalau kita cari di toko2 bernama “Battery Charger Controller”.

Skema perkabelan bisa dilihat di gambar, prinsip kerjanya saat voltage aki lebih tinggi dari batas bawah maka relay (NO) akan menjadi Close dan inverter-pun akan ON, saat voltage dibawah 12v relay Open dan inverter OFF. Jadi alat ini kita gunakan bukan buat nge-cass namun untuk meng-OFF kan Inverter efeknya battery tidak terkuras dan harga-nyapun murah meriah (40rb-100rb).

Untuk XH-M602 sudah ada layar indikator dan tombol kiri/kanan untuk mengatur titik terendah dan tertinggi voltage, terendah bisa kita set ke 12V sedangkan tertinggi kasih maksimal. Untuk XH-M601 tidak ada layar dan tombol jadi perlu voltmeter dan obeng minus buat mengatur batas bawah dan atasnya.

Salam